10 Fakta Unik Mahasiswa Komunikasi yang Tidak Boleh Dianggap Remeh!

Fakta Unik Mahasiswa Komunikasi - Di zaman yang serba canggih dan instan ini, dunia komunikasi akan semakin canggih dan beragam. Oleh sebab itulah, Jurusan Komunikasi semakin banyak diminati oleh para kaum muda Indonesia. Hal ini juga didorong oleh banyaknya kampus yang menawarkan program studi komunikasi beserta fasilitasnya yang komplit untuk kebutuhandan kelancaran progra studi tersebut.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNPAD (Source: fikom.unpad.ac.id)

Menjadi mahasiswa epartemen komunikasi itu serasa muda terus tahu, gak tahu kenapa, tapi itu yang saya rasakan sebagai mahasiswa ilmu komunikasi di salah satu PTN ternama di Jawa barat.
Tahu gak guys menjadi mahasiswa jurusan komunikasi itu banyak suka dukanya loh, mau tahu apa saja? Yuk kita selami 10 Fakta Mahasiswa Komunikasi yang wajib kamu ketahui!

1. Sebagian besar ingin kerja di media dan bidang kreatif

Kebanyakan para calon mahasiswa mendaftar jurusan komunikasi lantaran ingin bekerja di media, baik cetak, elektronik, maupun online. Mereka menganggap pekerjaan-pekerjaan tersebut seru dan menyenangkan. Selain itu, beberapa di antaranya juga ingin mendalami industri kreatif, seperti periklanan.

2. Banyak hafalan

Ketika awal masuk kuliah, biasanya para mahasiswa komunikasi tidak sabar ingin belajar cara menulis naskah, berita, mengambil gambar, dan sebagainya. Namun, kenyataannya mereka akan mendapatkan berbagai mata kuliah dasar yang justru banyak teori dan hafalan.

3. Banyak tugas proyek

Memasuki tingkat selanjutnya, mahasiswa komunikasi mulai mendapatkan mata kuliah yang banyak mengandung praktik, seperti menulis berita, membuat film, produksi siaran, iklan, dan masih banyak lagi. Bahkan, tugas-tugas proyek tersebut sering berada di semester yang sama sehingga memaksamu untuk sering begadang.

4. Dituntut berpikir kreatif

Tugas-tugas, seperti membuat berita, film, dan iklan menuntut setiap mahasiswa komunikasi untuk berpikir kreatif. Enggak heran, saat ada acara-acara tertentu di luar jurusan, biasanya anak komunikasi didaulat untuk merancang acara dan mengerjakan hal-hal yang berbau kreativitas.

5. Dianggap mudah bergaul dan jago ngomong

Sebagai anak komunikasi sudah seharusnya kamu dianggap mahir berbicara di depan umum. Karena pandai berbicara itulah, mereka juga dikenal sebagai pribadi yang supel dan pandai bergaul.

6. Pemikiran lebih terbuka

Dibandingkan dengan mahasiswa dari jurusan lain, mahasiswa komunikasi terkenal lebih fleksibel dan mudah bersosialisasi. Hal tersebut membuat mereka lebih berpikiran terbuka dalam menerima perbedaan.

7. Dianggap jurusan paling santai

Mahasiswa komunikasi sering dianggap paling santai lantaran tidak praktikum di laboratorium atau membuat laporan. Padahal, sebenarnya di jurusan komunikasi juga ada praktikum, yakni berupa membuat proyek. Tugas-tugas, seperti makalah atau jurnal juga sering membuat mereka keteteran untuk menyelesaikannya secara bersamaan.

8. Kemungkinan cepat lulus

Salah satu keuntungan mahasiswa komunikasi adalah punya kesempatan lulus lebih cepat. Jika kamu rajin memaksimalkan kredit di setiap semester, maka kemungkinan cepat lulus akan terbuka. Apalagi skripsi atau tugas mahasiswa komunikasi tidak seberat mahasiswa di jurusan ilmu-ilmu alam atau teknik.

9. Senang mendebatkan banyak hal

Mahasiswa komunikasi terkenal banyak bicara. Akibatnya, saat berkumpul mereka bisa membicarakan sesuatu secara seru dengan teman-temannya. Tak heran, mahasiswa komunikasi kerap mendebatkan hal-hal yang sebenarnya tak perlu dipermasalahkan.

10. Dosen bisa menjadi teman

Meski ada dosen killer, beberapa dosen di jurusan komunikasi justru bisa berperan sebagai teman bagi para mahasiswanya. Beberapa mata kuliah bahkan dikemas secara asyik sehingga mahasiswa tidak merasa bosan.

Baca juga:

Fakta Unik Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang Gak Boleh Dilewatkan

Fakta Unik dan Lucu Mahasiswa

Fakta Unik Mahasiswa UNHAS yang Wajib Anda Ketahui

39 Fakta Unik Mahasiswa UPI yang harus anda ketahui

5 Fakta Unik Mahasiswa yang Suka Begadang

Bagaimana, serukan menjadi mahasiswa komunikasi? Yuk bagi adik-adik yang ingin kuliah silakan masuk Departemen Komunikasi! Kami tunggu di dunia komunikasi! Source: Okezone.com
Back To Top