Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Andalas 2016

Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND 2016- PMB UNAND 2016 - SNMPTN UNAND 2016- SBMPTN UNAND 2016- Bidik Misi UNAND 2016- Seleksi Mandiri UNAND 2016-  Halo Sumatera Barat! Kali ini admin punya info menarik seputar salah satu universitas yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kamu tahu universitas mana yang admin maksud? Ya, kali ini kita akan membahas mengenai Universitas Andalas. Pastinya udah ga asing kan dengan nama universitas tersebut. Yuk kita bahas profilnya lebih dalam berikut ini:
Foto Logo UNAND (source: cardiologyupdateunand.com)

Universitas Andalas atau yang lebih pendeknya disebut Unand adalah universitas yang terletak di Kampus Limau Manis, Pauh, Padang, Sumatera Barat. Unnad adalah universitas tertua yang ada di luar pulau Jawa, karena mulai berdiri sejak 23 Desember 1955. Nama Andalas sendiri diambil dari nama Pulau Sumatera yang juga dikenal dengan nama Pulau Andalas. Pendirian Unnand adalah hasil dari keinginan masyarakat Sumatera Barat untuk mendirikan perguruan tinggi. Banyak golongan cendekiawan dan intelektual yang memikirkan bagaimana nasib pendidikan anak bangsa. Unnand memiliki julukan sebagai kampus hijau karena lingkungan kampus yang hijau dan peduli dengan lingkungan. Prestasi yang ditorehkan Unnand juga dapat diperhitungkan. Unnand mendapat akreditasi A dan masuk klaster perguruan tinggi mandiri dalam bidang penelitian. Selain itu, Unnand juga menerima penghargaan dari menteri kehutanan republik Indonesia pada tahun 2011 atas upaya penghijauan kampus.
Kamu ingin menjadi bagian keluarga Unnand? Berikut adalah jalur masuk yang dapat kamu coba untuk masuk kesana.

#Jalur Masuk SNMPTN Unand 2016
SNMPTN merupakan jalur seleksi tanpa tes tertulis dan tanpa pungutan biaya. Sistem ini sangat diminati oleh mayoritas anak sekolah yang ingin mendaftarkan diri ke universitas impian mereka. Meskipun tanpa tes tertulis, namun tidak semudah itu untuk lolos di penjaringan SNMPTN. Sistem ini tetap memakai sistem penilaian berdasarkan hasil rapor dan ada pembatasan kuota. Hanya siswa berprestasi dan pandai mencari peluang jurusan di universitas yang dapat lolos. SNMPTN ini mirip dengan sistem jalur undangan. Pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan di situs resmi SNMPTN, yaitu www.snmptn.ac.id.

#Jalur Masuk SBMPTN Unand 2016
Untuk kamu yang belum beruntung di jalur SNMPTN, kamu dapat mencoba masuk melalui jalur SBMPTN. Seleksi SBMPTN menggunakan seleksi tertulis. Tantangan di jalur ini bisa dibilang lebih memacu adrenalin dan kepercayaan dirimu. Karena selain harus benar menjawab, kamu juga harus tepat dan teliti. Jika tidak, maka nilai tes dapat dikurangi minus jika salah menjawab. Ada biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh peserta SBMPTN, kecuali jika kamu terdaftar sebagai pelamar bidik misi. Proses pendaftarn SBMPTN dapat dicek di www.sbmptn.or.id
#Jalur Seleksi Mandiri Unand 2016
Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang memiliki cakupan tes secara nasional, jalur Seleksi Mandiri (SM) ini hanya meliputi satu universitas saja. Soal dan penilaian hasil ujian peserta menjadi kewenangan Unnand sepenuhnya. Jenis seleksi yang diadakan adalah tes tertulis dan tes keterampilan (bagi mahasiswa jurusan seni atau olahraga). Seleksi ini langsung diadakan di lokasi kampus Unnnd. Para peserta SM Unnand dapat melihat rangkaian proses dan persyaratan seleksi di pmb.unand.ac.id.

#Jalur Masuk Bidik Misi Unand 2016

Unnand menerima mahasiswa kurang mampu namun memiliki prestasi akademik dan non akademik yang luar biasa, melalui jalur masuk Beasiswa Bidik Misi. Beasiswa ini  dibiayai oleh pemerintah selama 4 tahun.  Para peserta pelamar beasiswa bidikmisi tentu harus bisa melewati seleksi SNMPTN atau SBMPTN, sebelum akhirnya diseleksi layak atau tidaknya menerima beasiswa bidik misi. Informasi mengenai bidik misi dapat dilihat secara lebih lengakap di bidikmisi.dikti.go.id.
Demikianlah profil dan beberapa jalur masuk yang bisa kamu tempuh untuk masuk ke Universitas Andalas. Jika ingin mengenal lebih dekat universitas ini, kunjungi laman resminya di http://www.unand.ac.id.
Back To Top