Beasiswa S1 Pemerintah Korea Selatan 2016

 Korean Government Scholarship Program (KGSP)- Di akhir tahun menuju tahun baru 2016 ini, pemerintah Korea Selatan menyediakan beberapa program beasiswa bagi pelajar Internasional yang ingin belajar di Korea Selatan. Program beasiswa pemerintah Korea Selatan ini disebut  Korean Government Scholarship Program atau biasa disingkat dengan (KGSP).
Korean Government Scholarship Program  menyediakan untuk S1 saja, so buat kamu yang masih SMA silakan daftarkan dirimu segera. Adapaun lama studi di korea 4 tahun, ditambah pembekalan bahasa korea dsebelum pemberangkatan selama 1 tahun.

 Korean Government Scholarship Program

Dalam satu periodenya disediakan 840 beasiswa untuk total 156 negara termasuk Indonesia. Dari jumlah tersebut, 20 diantaranya adalah beasiswa riset sedangkan sisanya adalah untuk kuliah. Pengelola beasiswa ini adalah lembaga korea yang bernama NIIED (National Institue for International Education) dengan total 66 universitas di Korea Selatan yang berpartisipasi dalam memberikan beasiswa ini bagi para pelajar internasional. Sangat menarik bukan?

#Fasilitas Beasiswa KGSP

1. Biayakuliah penuh bahkan hingga 5 tahun,
2. Tunjangan hidup bulanan 800.000 won, tunjangan kedatangan 200.000 won, tunjangan pemulangan 100.000 won,
3. Biaya kursus bahasa Korea, tiket pesawat berangkat ke Korea dan pulang ke negara asal, dan juga biaya asuransi kesehatan. Selain itu ada lagi tunjangan sebesar 100.000 won jika mampu meraih level 5 dalam TOPIK (Test of Proficiency in Korean) setelah terdaftar menjadi mahasiswa di Korea Selatan.

#Persyaratan Beasiswa KGSP

a. Merupakan warna negara dari negara-negara yang ditawarkan program beasiswa KGSP
b. Berusia dibawah 25 tahun pada bulan Maret (di tahun atau periode pendaftarannya)
c. Sehat jasmani dan rohani
d. Telah lulus SMA/sederajat pada bulan Maret (di tahun atau periode pendaftarannya)
e. Memiliki nilai rata-rata komulatif di atas 80% dari 100% atau berada dalam peringkat 20% dari 100% selama di SMA/sederajat
f. Belum pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan
g. Belum pernah terdaftar dalam program studi manapun di Korea Selatan
h. Tidak memiliki hambatan dan keterbatasan dalam bepergian ke luar negeri
i. Ada kemungkinan seleksi khusus bagi pemohon yang fasih dalam menggunakan bahasa Korea maupun bahasa Inggris

#Dokumen-Dokumen Pendaftaran Beasiswa KGSP

a. Formulir permohonan
b. Janji NIIED
c. Personal statement
d. Rencana studi
e. Dua surat rekomendasi yang bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing
f. Penilaian kesehatan pribadi
g. Salinan ijazah SMA/sederajat
h. Salinan transkrip nilai
i. Bukti kewarganegaraan pemohon dan orang tua (bisa berupa akte kelahiran, kartu keluarga, paspor orang tua)
j. Salinan sertifikat kemampuan dalam menggunakan bahasa Korea atau bahasa Inggris
k. Hasil pemeriksaan kesehatan oleh dokter untuk yang sudah lolos seleksi tahap kedual. Salinan paspor pemohon untuk yang sudah lolos seleksi tahap kedua

#Prosedur Pendaftaran Beasiswa KGSP

Dokumen-dokumen yang sudah disebutkan diatas wajib disiapkan kemudian dikirimkan via POS ke alamat Kedutaan Besar Korea di Jalan Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950. Untuk tahap awal seleksi hanya dokumen pada poin a sampai j saja yang harus dikirimkan. Dokumen dibuat rangkap 4 (1 salinan asli, 3 fotokopi) dengan yang fotokopi dimasukkan dalam amplop tersendiri. Surat rekomendasi juga dimasukkan dalam amplop terpisah oleh pembuat rekomendasi tersebut. Dokumen-dokumen harus diterjemahkan dalam bahasa Korea atau bahasa Inggris dan disahkan oleh notaris dengan format ukuran kertas A4. Dalam mengirimkan berkas melalui POS, harus dituliskan KGSP pada amplop. Batas waktu penerimaan berkas via POS biasanya pada awal bulan Oktober setiap tahunnya. Info lebih lanjut, Klik Disini!
Back To Top