Fadli Zon: Pendidikan bukan untuk Jadi Kelinci Percobaan, Setuju?

Pendidikan bukan kelinci percobaan - "Pendidikan bukan lahan untuk jadi kelinci percobaan!", begitulah kata Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. Pernyataan tersebut berkaitan dengan rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, yang mengeluarkan gagasan full day school (FDS). 

Fadli Zon Bicara Pendidikan
Menurutnya, rencana memperpanjang jam belajar di sekolah pendidikan dasar harus dikaji mendalam dari semua aspek, termasuk kesiapan murid, guru, serta infrastruktur sekolah. Full Day School dari sudut pandang Fadli Zon bukan hanya menjadi persoalan kurikulum, tapi juga dapat mengubah gaya hidup masyarakat.  


"Perlu dikaji dulu secara mendalam, karena ini mengubah gaya hidup juga. Dalam persoalan antarjemput misalnya," ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).
Jika Mendikbud tetap akan menerapkan kebijakan ini, bukan hanya perlu sosialisasi tetapi harus disertai dengan simulasi.
"Jadi, ide ini harus dikaji secara mendalam, cermat, dampaknya seperti apa kemudian baru disimulasikan. Jangan nanti ada ide, diterapkan kemudian dikoreksi lagi. Namanya tidak ada perencanaan matang," tutur Fadli.

Baca Juga:  Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Wajib Kamu Hindari!

Fadli juga mengingatkan bahwa saat ini bukan waktunya lagi menerapkan kebijakan yang main-main. Siswa dan sekolah bukan hal yang bisa dijadikan percobaan, tetapi membutuhkan program pasti yang membawa pendidikan ke arah yang lebih baik.
Kebijakan full day school harus dikaji dengan matang. Bahkan seharusnya ada percontohan terlebih dahulu.
Back To Top