Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bangka Belitung 2016

PMB UBB 2016- SNMPTN UBB 2016- SBMPTN UBB 2016- PMB MANDIRI UBB 2016- BIDIKMISI UBB 2016- Berbicara tentang Bangka Belitung pasti kita akan teringat dengan novel karya Andrea Hirata yang luar biasa. Agar lahir Andrea Hirata yang lainnya, tentu Bangka harus memiliki lembaga pendidikan agar dapat mengasah potensi pemuda-pemudi disana. Nah, salah satu lembaga pendidikan di Bangka Belitung akan admin bahas di postingan kali ini, yaitu mengenai Universitas Bangka Belitung. Penasaran bagaimana kondisi universitas disana? Yuk simak profilnya berikut ini:
Logo UBB (source: news.okezone.com)

UBB atau Universitas Bangka Belitung terletak di Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung. UBB resmi berdiri tanggal 12 April 2006 dan menjadi universitas negeri tanggal 21 November 2010. UBB merupakan hasil penyatuan dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Bangka, dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). Menurut hasil survei versi 4 International Colleges and Universities pada Januari 2011, UBB masuk kedalam 50 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. 4 International Colleges and Universities  adalah sebuah web yang sering mengupdate tentang peringkat-peringkat web rangking  universitas di seluruh belahan dunia.
Jika kamu ingin masuk ke UBB, ada beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh, yaitu:
1. Jalur Masuk SNMPTN UBB 2016
Sebagai salah satu universitas negeri, jalur masuk ini tentu saja menjadi pilihan masuk pertama yang harus kamu coba untuk masuk ke UBB. Seleksi ini tidak menggunakan tes tertulis, hanya menggunakan nilai akademik yang kamu raih selama duduk di bangku sekolah SMS/SMK/MA dan sederajat. Jadi, dapat dipastikan jika kamu ingin lolos seleksi ini, maka pertahankanlah prestasi akademik yang kamu miliki agar bisa memenuhi standar nilai yang ditentukan. Info lebih lanjut mengenai SNMPTN ini dapat kamu lihat di www.snmptn.ac.id.
2. Jalur Masuk SBMPTN UBB 2016
Jalur masuk ini sama dengan SNMPTN karena berskala Nasional. Namun, perbedaan SBMPTN dengan SNMPTN ini terletak pada cara penyeleleksiannya. Kamu harus belajar ekstra lagi untuk menghadapi SBMPTN, karena penilaiannya berdasarkan tes tertulis. Persaingan SBMPTN ini dapat dibilang ketat, karena bukan hanya ketepatan jawaban yang diperhitungkan, kamu juga harus pandai mengatur waktu dan cermat menjawab soal. Pengurangan poin minus menjadi tantangan tersendiri bagi peserta SBMPTN. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin dan segera cari tahu lebih lanjut tentang SBMPTN di situs www.sbmptn.or.id
3. Jalur Masuk PMB Mandiri UBB 2016
UBB merupakan salah satu PTN di Indonesia yang menyediakan jalur masuk mandiri. Jalur masuk ini hanya meliputi cakupan universitas tersebut. Jadi, saingan kamu hanya mereka yang benar-benar ingin masuk ke UBB saja, tidak meliputi cakupan Nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN. Keputusan hasil seleski tergantung kepada penilaian dari universitas. Info lebih lanjut dapat dilihat di situs resmi UBB, yaitu pmb.ubb.ac.id
4. Jalur Masuk Bidik Misi UBB 2016
Beasisiwa bidik misi merupakan bantuan dari pemerintah kepada para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki presatsi luar biasa. Pelamar bidikmisi harus dapat melewati seleksi SNMPTN atau SBMPTN terlebih dahulu sebelum diseleksi sebagai penerima beasiswa bidik misi di kampus UBBKetentuan persyaratan calon mahasiswa bidik misi dan info lain lainnya dapat dilihat di bidikmisi.dikti.go.id.
Sekian info mengenai UBB dan jalur masuk yang dapat kamu tempuh untuk masuk kedaalmnya. Info lebih lengkap mengenai UBB dapat kamu lihat di website resmi UBB yaitu http://www.ubb.ac.id. Semoga informasi yang kamu dapat dapat mempersiapkan diri kamu lebih matang lagi untuk memasuki universitas yang kamu inginkan.
Back To Top