GORESAN TINTA TENTANG PENDIDIKAN

Pendidikan - penting gak sih pendidikan itu? Yap pasti orang orang yang begitu memperhatiakan dengan pendidikan pendidikan itu sangat penting sekali, tapi orang yang menyepelekannya bilang “apasih pendidikan hanya menguras pikiran saja, dengan bekerja seadanya kita juga bisa hidup enak kok” itu adalah fikiran orang orang yang mementingkan hari ini saja apa iya saat kita tua nanti masih tetap harus bekerja untuk hidup, bukankah hidup itu harus dinikmati, saat kita tua nanti kita tidak perlu bersusah payah bekerja lagi tinggal dirumah dengan anak cucu kita karena kita hidup mendapatkan uang pensiunan dari hasil kerja kita yang melalui pendidkan yang tinggi. Bila kita bekerja paruh waktu tidak berpendidikan itu hidupnya tidaak pasti karena kita pontang panting mencari uang hanya untuk makan bahkan saat tua dengan tenaga yang sudah tidak vit lagi masih mau kerja keras cari uang itukan hal yang tidak logis lagi. Maka dari itu pendidikan sangat penting sekali, lebih dari apapun.
Foto Sarjana Kecil (source: carapedia.com)

Bicara hal pendidikan itu tidak main main bagiku. Aku jadi teringat dengan seseorang yang begitu mengutamakan dengan pendidikan, dengan kata yang begitu dalam untuk menggertakan dirinya agar menjadi sukses bahwa “satu satunya jalan paling ampuh untuk mengangkat derajat dan martabat keluarga adalah pendidikan” dengan pendidikan kita tidak akan diremehkan kembali, dengan pendidikan  kita bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, dengan pendidikan kita bisa mendidik anak anak kita dengan baik agar tidak terjerumus dengan pergaulan bebas, dan masih banyak lagi manfaat tentang pendidikan. Tetapi melihat situasi dan kondisi negaraku aku tidak yakin sistem pendidikannya berjalan dengan baik, apa iya anak anak pedalaman begitu sulitnya untuk mengakses tempat belajar, dengan  berangkat pagi sekitar jam 3 an melewati hutan, pegunungan dan sungai betapa sulitnya itu dan perjuangan itu tidak sebanding, sekolah saja tidak memakai seragam, tidak memakai sepatu, tidak pakai tas yang brended hanya untuk memperoleh pendidikan yang layak sesuai dengan negara ini tapi lihatlah anak anak kota yang sudah begitu maju sekolah memakai seragam, memakai sepatu dan tas yang bermerk tapi apa yang dilakukan disekolah hanya untuk mengobrol, berdandan ,pacaran , nonton film, tidak mengerjakan tugas, kalau ada ulangan ya mencotek itukan juga tidak sebanding. Anak anak yang begitu ingin memperoleh  pendidikan saja dibantu dengan berangkat pagi pagi sekali dengan segala tantangan hanya saja ada kendalanya adalah fasilitas pendidikan desa yang tidak begitu memadai, sedangkan anak anak kota yang diberi fasilitas memadai saja tidak dimanfaatkan dengan baik malah menyepelekannya seandainya ada kesadaran dari seorang siswa sistem pendidikan ini akan berjalan dengan baik karena itu adalah tokoh utama dalam permainan ini.
aku berharap adanay kesadaran bagi siswa, pemerintah juga lebih memperhatikan daerah pedalaman, dan adanya kerstasi lain agar sisitem ini berjalan dengan baik.
Pendidikan di indonesia juga sudah baik karena bagi orang orang yang kurang mampu jangan risau lagi atau jangan minder lagi karena pemerintah memberikan peluang bagi orang orang yang ingin suskses  yaitu dengan adanya beasisiwa. Dengan beasiswa kita bisa memperoleh pendidikan dengan baik, beasiswa juga membantu kita meringankan beban orangtua dan juga menjadi acuan untuk belajar lebih baik lagi, tetapi jika ingin berpendidikan itu harus berusaha keras dan berdoa tidak seenaknya saja dengan adanya pemalsuan ijazah tanpa usaha apapun, kita ini punya modal dengan otak kita untuk diasah tidak untuk bermain licik, dengan otak kita dituntut untuk berfikir yang lebih efesien hanya saja terkadang tidak adanya tingkat kesadaran karena malas berfikir mereka lebih memilih untuk putus sekolah itukan tidak baik. Dan juga aku merasa kecewa pemerintah kan sudah mengadakan beasiswa keluar negeri begitu mahasiswa mahasiswa yang disekolahkan diluar negeri yang sudah sukses bahkan sudah ada yang  menjadi ilmuwan, pengusaha yang begitu mendunia tidak mampu kembali lagi ke negara asalnya jika sudah menjadi sukses kembalilah knegara asal seperti indonesia ini karena negeri ini sangat membutuhkan orang orang yang bertalenta, membutuhkan tenaga tenaga pengajar yang baik dalam bidang teori maupun praktik agar bisa mampu menciptakan penemuan baru, agar negara ini menjadi maju dan mampu bersaing dengan negara negara lain didunia. Negara ini begitu banyak diremehkan oleh negara negara lain dengan kita berpendidikan kita bisa membangun negara kita dan bisa menunujukkan kalau kita bisa. Berharap adanya kesadaran masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik lagi untuk membangun negara in yang masih carut marut.
Dengan geresan goresan tinta memberikan ketengan dengan jiwa karena semua yang kita fikirkan sudah teralih, tidak harus menjadi seorang pemenang yang hebat dengan menjadi orang yang bernilai saja kita sudah melebihi uang terhebat.
Terimakasih jika ada yang mau membaca itu hanya pendapat saya tidak lebih.Dan jangan dimaksukkan dalam hati jika menyinggung perasaan. Itu hanya opini saja kerena setiap orang opininya berbeda beda. | Penulis: Amanda Dinda
Back To Top