Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Musamus Merauke 2016

PMB Unimmer 2016- SNMPTN Unimmer 2016- SBMPTN Unimmer 2016-  Bidik Misi Unimmer 2016- Jalur Mandiri Unimmer 2016-  Kali ini admin akan membahas tentang salah satu uiveritas negeri di ujung timur pulau Indonesia. Universitas tersebut adalah Universitas Musamus Merauke (Unimmer). Penasaran tentang Unimmer? Simak profilnya dibawah ini.
Universitas Musamus Merauke atau dikenal dengan nama Unimmer terletak di Jl. Kamizaun Mopah Lama, Papua. Unnimar berdiri tangal 16 Agustus 2006. Universitas ini merupakan peralihan status dari Sekolah Tinggi Teknik (STT) Merauke menjadi Universitas Musamus Merauke.
Ada beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh untuk masuk ke sekolah ini, yaitu:
Logo Unimmer (source:
1. Jalur Masuk SNMPTN Unimmer 2016
SNMPTN merupakan sistem penyaringan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai sekolah yang diperoleh oleh siswa selama berada di SMA/SMK/MA dan sederajat. Sistem ini harus melakukan pendaftaran di situs www.snmptn.ac.id. SNMPTN ini mirip dengan jalur undangan, hanya siswa yang memenuhi kualifikasi nilai yang ditentukan oleh Unimmer yang bisa masuk. Proses pendaftaran dimulai dengan mendafarkan nilai akademik siswa di PDSS dan diverifikasi kembali oleh siswa. Setelah itu siswa melakukan pendaftran dengan menggunakan NISN dan password yang telah didapatkan ketika mengisi PDSS.
2. Jalur Masuk SBMPTN Unimmer 2016
Meskipun berskala nasional seperti SNMPTN, namun SBMPTN menggunakan sistem tes tertulis. Untuk mendaftarkan diri menjadi peserta ujian, peserta biasanya harus membayar biaya registrasi dan melakukan pendaftaran di situs www.sbmptn.or.id. Lokasi ujian ditentukan di daerah yang biasanya berdekatan dengan lokasi tempat tinggal peserta SBMPTN. Banyak yang menilai bahwa bobot Soal SBMPTN berkali-kali lipat lebih sulit dibandingkan dengan Ujian Nasional.
3. Jalur Masuk Bidik Misi Unimmer 2016
Bidik Misi merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk mahasiswa kurang mampu namun memiliki kemampuan cemerlang dalam akademik. Beasiswa ini akan menjamin biaya kuliah  selama 8 semester dan memberikan biaya hidup untuk mahasiswa penerimanya. Mahasiswa bidik misi dituntut untuk mempertahankan nilai yang dimiliki dengan IPK minimal yang ditentukan selama berkuliah. Calon mahasiswa bidik misi harus melakukan proses pendaftaran untuk kemudian diseleksi lolos atau tidaknya oleh pemerintah di situs http://bidikmisi.dikti.go.id .
4. Jalur Seleksi Mandiri Unimmer 2016
Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang memiliki cakupan tes secara nasional, jalur Seleksi Mandiri (SM) ini hanya meliputi satu universitas saja. Soal dan sistem penilaian menjadi kewenangan Unimmer sepenuhnya. Tujuan diadakannya tes ini adalah  untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin masuk ke unimmer, namun masih gagal menembus SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi diadakan langsung di kampus Unimmer. Para peserta dapat melihat rangkaian proses dan persyaratan seleksi di http://www.unmus.ac.id
Demikian informasi mengenai profil dan jalur masuk Unimer. Info selengkapnya dapat dilihat di http://www.unmus.ac.id
Back To Top