5 Alasan Mengapa Kuliah bukan Sekedar Masuk Kelas!

kuliah bukan hanya masuk kelas - Ketika kita masih menjadi siswa SMA, waktu belajar utama adaah di ruang kelas. ya, kelas adalah tempat utama para siswa SMA untuk belajar, dan saking seringnya belajar di dalam kelas, seolah-olah kelas sudah menjadi tempat tinggal yang sangat dikangenin sampai sekarang.

Foto mahasiswa ngantuk di kelas (source: www.sedangtren.com)
Berbeda dengan kuliah, selain belajar di dalam kelas, bahwa kuliah itu bukan sekedar masuk kelas.
KETIKA menjadi murid di sekolah menengah, waktu belajar kita yang utama adalah di ruang kelas. Prinsipnya tidak jauh berbeda ketika sudah duduk di bangku kuliah. Meski begitu, perlu diingat bahwa kuliah bukan sekadar masuk kelas.
Supaya empat hahunmu menjadi maksimal dan tidak sia-sia, maka keluarlah ari kelas dan buka pikiranmu sekarang juga!

Berikut 5 alasan mengapa kuliah bukan sekedar masuk kelas, Yuk langsung simak!

1. Perluas wawasan

Ambil mata kuliah dengan variasi bidang kekhususan agar kamu memiliki beragam pengetahuan. Jangan lupa untuk menempatkan berbagai teori keilmuan pada konteks yang tepat agar mendapatkan gambaran besar yang logis. Dengan begitu, kamu pun dapat memahami relevansi bidang yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
Variasi mata kuliah juga akan mempertemukanmu dengan berbagai tipe dosen. Dari mereka, kamu pun akan belajar mengenai beragam sudut pandang.

2. Jangan sekadar kuliah

Kelas usai, saatnya pulang. Eits, jangan buru-buru! Bergabunglah dengan unit-unit kegiatan mahasiswa atau organisasi di kampus. Aktivitas ini bisa mengasah soft skill dan mengembangkan kemampuanmu dalam bidang tertentu. Pengalaman berorganisasi ini juga bisa mempercantik CV, lho!

3. Bicara ke orang lain

Maksudnya adalah membangun jaringan dan tidak hanya fokus meraih nilai bagus. Terlibatlah dalam berbagai kegiatan sesuai minatmu, seperti seminar, kuliah umum, bahkan konser. Di sini kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama dan mulai membangun jaringan profesional. Jaringan ini akan sangat berguna ketika kamu akan merintis karier atau menjalani profesi usai lulus nanti.

4. Tantang diri sendiri

Jangan terjebak di zona nyaman saat kuliah. Ketimbang hanya duduk manis dan aktif di kelas, mengapa tidak mencoba bergabung dengan proyek penelitian yang sedang dilakukan dosen? Cara ini memberimu kesempatan belajar lebih banyak, sekaligus membuatmu lebih mengenal dan dikenal dosen.
Selain itu, keluarlah dan tantang diri sendiri untuk melakukan berbagai hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Misalnya, bergabung dengan UKM pada bidang yang sama sekali asing untukmu.

5. Cicipi dunia kerja

Bukan berarti kamu harus bekerja sambil kuliah. Kamu bisa mencicipi dunia kerja melalui program magang. Jika tidak diwajibkan kampus, mengapa tidak mencari kesempatan magang ini sendiri? Magang di perusahaan yang sesuai bidang kuliah dan arah karier bisa memberimu gambaran tentang profesi yang akan kamu jalani.
Jadi, memaksimalkan waktu kuliah bukan sekadar sibuk mengejar nilai IPK sempurna. Lebih dari itu, hal ini adalah tentang keluar dari kotak dan memanfaatkan berbagai kesempatan. Semoga berhasil! | Source: Okezone.com
Back To Top