Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang 2016

PMB UM 2016- SNMPTN UM 2016- SBMPTN UM 2016- Mandiri UM 2016- Bidik Misi UM 2016- Kali ini admin akan membahas tentang salah satu universitas negeri yang memounyai nama sama dengan kota Batu. Ya, universitas tersebut adalah Universitas Negeri Malang. Kamu mungkin udah tahu tentang universitas tersebut. Agar lebih kenal lagi dengan UM, simak profilnya dibawah ini.
Logo UM Malang (source: www.manajemen-feum.com)

Universitas Negeri Malang, disingkat UM, merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Jalan Gajayana No. 50 Malang, Jawa Timur. Ketika berdiri tanggal 18 Oktober 1954 diberi nama PTPG Malang, lalu berubah kembali menjadi IKIP Malang.  UM adalah termasuk 50 universitas unggulan DIKTI. Pada tahun 2010, UM berhasil meraih peringkat 6 universitas terbaik di Indonesia versi Webometric dan peringkat tersebut turun menjadi peringkat 16 pada tahun 2015. UM mendapatkan akreditasi universitas A pada tahun 2015 dengan nilai 372. Nilai ini hanya sedikit di bawah UGM (378) dan IPB (375).IKIP Malang merupakan salah satu IKIP tertua di Indonesia.
Jalur masuk yang disediakan untuk masuk ke UM adalah:
1. Jalur Masuk  SNMPTN UM 2016
Jalur ini menjadi jalur favorit yang pertama kali dicoba oleh mayoritas calon mahasiswa. Penilaian seleski jalur ini tidak menggunakan tes tertulis dan pendaftarannya difasilitasi oleh sekolah. SNMPTN merupakan sebutan untuk jalur undangan, karena melalui  undangan siswa akan diberikan tiket melalui sekolah untuk mendaftarkan diri. Namun, sayangnya jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa yang berprestasi saja. Siswa akan mendapatkan usename dan pasword agar dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi di www.snmptn.ac.id.
2. Jalur Masuk SBMPTN UM 2016
Melalui jalur ini, peserta  dapat mengikuti tes masuk Unri dengan penilaian menggunakan tes tertulis. Pelaksanaan tes dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Tentunya kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tes ini. Persaingannya tidak kalah ketat dengan SNMPTN, karena jalur ini juga menjadi jalur favorit untuk masuk ke PTN. Informasi mengenai tes dan persyaratan lainnya dapat dilihat di sbmptn.or.id.
3. Jalur Masuk Mandiri  UM 2016
Jalur mandiri ini merupakan seleski yang khusus diselenggarakan oleh pihak Unri untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang gagal di jalur masuk sebelumnya. Seleksi mandiri menggunakan tes tertulis. Cakupan tes ini hanya meliputi satu univesitas saja. Namun tetap saja tidak boleh lengah karena sistem kuota masih berlaku sehingga kamu harus bersaing untuk bisa masuk ke jumlah kuota yang ditentukan. Untuk pendaftaran dan informasi lainnya dapat diakses melalui situs https://seleksi.um.ac.id/smps
4 Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi UM 2016
Bidik misi adalah beasiswa yang diaharapkan dapat menghilangkan hambatan bagi mereka yang tidak mampu untuk melanjutkan kuliah. Dana Beasiswa bidik misi berasal dari bantuan pemerintah. Namun, pelamar beasiswa bidik misi harus lolos seleksi SNMPTN atau SBMPTN terlebih dahulu. Setelah lolos, akan ada seleksi kelayakan menerima beasiswa bidik misi. Informasi selengkapnya dapat diakses melaui situs beasiswa.dikti.go.id.
Demikian informasi mengenai UM ini admin sampaikan. Jika kamu masih penasaran, kunjungi situs resmi UM di https://um.ac.id
Back To Top