Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016

Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016 - Beasiswa S2 Bank Dunia JJ/WBGSP merupakan salah satu yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Bank Dunia bagi putra-putri terbaik negara-negara berkembang, termasuk negara Indonesia. Beasiswa ini dikhususkan bagi kamu yang ingin kuliah S2 di negara-negara maju, seperti Jepang, negara di Eropa, Amerika, dan negara maju di kawasan Asia. Banyak sekali universitas terkemuka di dunia yang sudah bekerjasama dengan JJ/WBGSP.
Beasiswa bank Dunia
Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016 didanai oleh Pemerintah Jepang bekerjasama dengan Bank Dunia yang mencakup kebutuhan selama studi S2. Adapaun fasilitas yang ditawarkan oleh Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016, diantaranya biaya kuliah full gratis, tunjangan bulanan termasuk biaya buku, tiket PP ke negara tujuan, serta tunjangan perjalanan sebesar $ 500.
Daftar Pilihan universitas yang bekerjasama dengan $ Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016:
AgroParisTech-ENGREF,  Asian Institute of Technology, Australian National University, Brandeis University, CATIE Centro Agronómico Tropical de Investigación y Enseñanza, CERDI Universite d'Auvergne, Columbia University, Cornell University, Duke University, Harvard University, Hiroshima University, IHS-Institute for Housing and Urban Development Studies, Institute of Social Studies, International University of Japan, Intstitute of Tropical Medicine, Johns Hopkins University, Keio University, Ritsumeikan University, Sciences Po, UNESCO-IHE, Universidad de Chile, Université de Montreal, University of Bradford, University of Chicago, University of London, University of Sussex, dan sejumlah universitas terkemuka lainnya.

Persyaratan Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016

1. Merupakan warganegara dari anggota Bank Dunia (salah satunya Indonesia)
2. Tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan salah satu negara berkembang
3. Berusia di bawah 45 tahun pada saat tanggal deadline aplikasi
4. Memegang gelar sarjana (atau setara) yang diperoleh setidaknya dalam tiga (3) tahun terakhir sebelum deadline aplikasi
5. Memiliki pengalaman kerja 3 tahun atau lebih yang terkait dengan pembangunan setelah meraih gelar sarjana (atau setara)
6. Bukan anggota staf (termasuk konsultan) atau kerabat dari anggota staf Grup Bank Dunia
7. Memiliki kesehatan yang baik
8. Diterima sepenuhnya (unconditionally) di salah satu program master universitas pilihan JJ/WBGSP pada tahun akademik yang ditetapkan.
9. Mengirimkan aplikasi lengkap JJ/WBGSP hingga tanggal deadline aplikasi

Dokumen aplikasi Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016

1. Curriculum vitae terbaru tidak lebih dari dua halaman
2. Fotokopi bukti keterangan pekerjaan dari pimpinan/tempat kerja dalam lima tahun terakhir, termasuk tempat kerja saat ini.
3. Fotokopi ijazah sarjana
4. Fotokopi surat penerimaan (unconditional admission) dari universitas, jika ada     
*Dokumen aplikasi yang diminta di atas mengacu tahun lalu. Ada kemungkinan terjadi perubahan saat jadwal pendaftaran Beasiswa JJ/WBGSP 2016 resmi dimulai (10 Februari – 10 Maret 2016).

Waktu Pendaftaran Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016

Pendaftaran beasiswa S2 Bank Dunia JJ/WBGSP mulai dibuka 10 Februari – 10 Maret 2016. Ada dua cara pengajuan beasiswa S2 Bank Dunia 2016 dari JJ/WBGSP ini.
1) Pelamar mendaftar ke program master universitas partner. Sekurangnya memilih satu program master. Kemudian pihak universitas akan merekomendasikan nama calon ke Sekretariat JJ/WBGSP setelah melalui tahap pemeringkatan. Nantinya hanya pelamar yang direkomendasikan tersebut yang akan diundang JJ/WBGSP untuk mengajukan beasiswa.

2) Pelamar mendaftar ke program master pilihan, termasuk memenuhi persyaratan untuk diterima kemudian secara bersamaan juga mengajukan aplikasi beasiswa JJ/WBGSP secara online paling lambat 10 Maret 2016. Pada pilihan pertama, universitas yang ditawarkan lebih terbatas, sementara cara kedua pelamar memiliki lebih banyak pilihan universitas serta program studi yang disediakan.
Untuk cara kedua, berikut langkahnya: Lengkapi semua dokumen aplikasi yang dibutuhkan. Buat terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris jika dokumen yang dimiliki menggunakan bahasa Indonesia atau yang lain. Lalu unggah ke laman website Bank Dunia. Pelamar dapat membuat akun terlebih dahulu untuk memulai pendaftaran (hanya tersedia saat pendaftaran dibuka).
Demikianlah informasi mengenai Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang membutuhkan Beasiswa Bank Dunia JJ/WBGSP 2016 ini. Yuk bagikan informasi ini dengan cara share melalui akun media sosialmu. Salam Pendidikan Indonesia!
Back To Top