Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasanudin 2016

PMB UNHAS 2016- SNMPTN UNHAS 2016- SBMPTN UNHAS 2016- UM UNHAS 2016- Bidik Misi UNHAS 2016- Jalur Kerjasama UNHAS 2016- Ketika mendengar kata Hasanuddin pasti yang pertama kali terbersit adalah gambaran mengenai salah satu pahlawan nasional kita. Karena kehebatan beliau, namanya diabadikan menjadi nama universitas negeri disana. Wah pasti udah ketebak kan universitas mana yang admin maksud? Yuk simak profilnya dibawah ini:
Logo UNHAS (source: akhyar78.blogspot.com)

Universitas Hasanuddin atau disingkat menjadi Unhas terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10 Makassar, Sulawesi Selatan. Tanggal 11 Juni 1956 merupakan hari jadi universitas ini. Cikal bakal lahirnya Unhas berawal dari didirikannya Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Ada beberapa ilmu kajian unggul di kampus ini salah satunya adalah Ilmu Hukum. Unhas menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang mengembangkan ilmu kajian tersebut. Dalam perkembangan berbagai fakultas yang didirikan di Unhas, Unhas banyak bekerjasama dengan universitas lain dalam hal perintisan dan pengembangannya.
Beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh untuk masuk kesana adalah:
1. Jalur Masuk SNMPTN Unhas 2016
Buat kamu yang sudah berjuang kelas mencapai prestasi akademik di sekolah, perjuangan kamu tidak akan sia-sia. Penyebabnya adalah jalur SNMPTN ini diperuntukan untuk lulusan sekolah menengah atas sederajat yang memiliki prestasi yang baik selama sekolah, dibuktikan melalui undangan oleh sekolah. Nah untuk yang tidak mendapatkan undangan harap menahan diri karena anda tidak akan bisa mendaftar jalur ini. SNMPTN ini diharapkan dapat menyaring calon mahasiswa yang berprestasi. Tapi, meskipun tidak melalui tes tertulis, SNMPTN ini menguji keberuntungan kamu untuk berhasil lolos. Pasalnya, lingkupan SNMPTN meliputi wilayah seluruh Indonesia. Info lebih lengkap mengenai SNMPTN  dapat di akses melalui situs resminya di www.snmptn.ac.id.
2. Jalur Masuk SBMPTN Unhas 2016
Bagi kamu yang berhasil lolos SNMPTN, jangan terlalu lama berputus asa. Masih ada jalur lain yang bisa kamu tempuh. Salah satunya adalah mengikuti tes jalur ujian tulis melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sama seperti SNMPTN, jalur ini juga dilakukan secara serentak untuk satu wilayah Indonesia. Jadi, pastikan kamu untuk mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos melalui tes ini. Untuk info pendaftaran dan persyaratan lainnya bisa kamu akses di  www.sbmptn.or.id
3. Jalur Masuk UM Unhas 2016
Unhas merupakan salah satu universitas yang menerima mahasiswa baru melalui seleksi khusus jalur mandiri di tingkat universitas. Karena hanya meliputi tingkat universitas, seleksi ini hanya diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang benar-benar ingin masuk ke Unhas. Seleksi dilakukan dengan menggunakan jalur jalur tertulis yang terbagi dalam beberapa tahapan. Pendaftaran dan informasi lainnya dapat diakses melalui situs resmi di camaba.unhas.ac.id.
4. Jalur Masuk Bidik Misi Unhas 2016
Jalur beasiswa Bidik Misi merupakan program pemerintah dalam rangka memberikan dana pendidikan kepada mereka yang tidak mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang baik. Nantinya beasiswa ini akan diberikan berdasarakan ulusan dan pendaftaran, melalui seleksi Nasional. Jadi penerima beasiswa ini harus lolos tes terlebih dahulu, baik melalui SNMPTN atau SBMPTN. Info perlengakapan persyaratan dan pendafataran dapat dilihat di laman resmi bidik misi, yaitu bidikmisi.dikti.go.id
5. Jalur Masuk Kerjasama Unhas 2016
Jalur masuk ini diperuntukan untuk mereka yang masuk  melalui Perusahaan milik pemerintah atau BUMN dan perguruan tinggi terkait. Jalur masuk ini dilakukan oleh pihak kedua seperti perusahaan tertentu yang memiliki kerjasama dengan Unhas. Pendaftaran jalur ini dapat di akses melalui unhas.ac.id.
6. Jalur Masuk PM JNS Unhas 2016
PM-JNS adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial. Seleksi dilakukan melalui hasil ujian SBMPTN 2014. Skor hasil ujian SBMPTN diurutkan, lalu dialokasikan pada prodi pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta dengan nilai lebih baik diprioritaskan dialokasikan lebih dulu. Setiap pelamar hanya dapat memilih 2 prodi. untuk melakukan pendaftaran silahkan akses melalui situs unhas.ac.id.
Demikian profil singkat mengenai Unhas. Info lebih lengkap mengenai Unhas dapat kamu akses di laman resminya yaitu http://www.unhas.ac.id/.
Back To Top