Pernah Ditolak sama UI? Coba deh 3 Jalur Khusus Masuk UI ini!

Jalur Masuk Khusus UI - Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia, tak hanya tua, kampus yang sering dijuluki kampus kuning ini juga sering masuk ke dalam 5 kampus favorit di Indonesia, dan terakhir UI harus puas dengan peringkat 4 kampus terbaik Indonesia versi KEMENRISTEK DIKTI. Mungkin karena alasan-aasan itulah banyak sekali calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia ini. 
Calon Mahasiswa UI
Nah bagi kamu yang pengen banget kuliah di UI, kamu wajib mencoba semua jalur masuk yang ada di UI, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, jalur Prestasi, dan tentunya SIMAK UI. Ya buat kamu yang sungguh-sungguh mungkin tidak akan terasa capek maupun prustasi, malahan kamu akan enjoy aja ngejalanin beberapa test masuk tersebut. Gak aneh rasanya jika masih ada anak SMA yang mengikuti Seleksi masuk PTN dengan persiapan yang minim dan hanya mengandalkan kekuatan keberuntungannya saja.
Tahukah kamu, ternyata untuk bisa lolos masuk PTN, apalagi UI itu gak hanya berbicara tentang kepintaran semata, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi.  Misalnya aja nih dari niat, doa, persiapan, keuangan, keketatan persaingan, dan keberuntungan. Ada anak yang merasa dirinya pintar tapi karena persiapan kurang maksimal akhirnya gak keterima. Ada juga yang di sekolah dulu pas-pasan tapi karena punya niat yang tinggi dia maksimalin persiapannya, eh akhirnya keterima dan ngakunya dia beruntung. Inilah dinamika persaingan, dan pasti aja ada manusia yang merasa kecewa ketika gak keterima.

Baca Juga:  Kisah Misteri Cewek di Depan Gedung Rektorat UI

Buat yang pernah mengalami pahitnya ditolak sama UI, tetapi masih mempunyai harapan dan niat kuat untuk masuk UI, coba deh simak baik-baik jalur khusus masuk UI berikut ini. Mungkin saja bisa jadi itu merupakan jalan kalian untuk bisa kuliah di Universitas Indonesia.

1. Ikut Seleksi Program Paralel

Buat kalian yang pernah beberapa kali coba ikutan simak UI atau SBMPTN tapi belum berhasil, gak ada salahnya kalian coba ikut seleksi program paralel. Keistimewaan program ini adalah tidak ada batasan usia bagi pendaftar dan pada umumnya memiliki tingkat persaingan yang sedikittttt… relatif agak longgar dibanding program reguler. Namun, perlu kalian ketahui biaya perkuliahan program paralel ini lebih mahal dibanding reguler dan tidak mengenal beasiswa.

2. Ikut Seleksi Program Ekstensi

Program ini dikhususkan bagi kalian yang sudah memiliki ijazah D3 (diploma 3) pada bidang pendidikan tertentu (bersesuaian dengan program studi / jurusan yang ingin dituju). Program ini juga gak mengenal beasiswa tapi punya kekushusan, yaitu jam kuliahnya sore. Kalau boleh sharing, ini adalah jalur yang menghantar mimin sehingga bisa kuliah di UI sekarang ini.
Sedikit bocoran persaingan di Simak UI Program Ekstensi jauh lebih longgar dibanding jalur/program lainnya karena pendaftarnya tidak sebanyak program reguler dan juga lebih sederhana karena ujian yang diberikan hanya dua jenis soal, yakni soal TPA (Tes Potensi Akademik) dan bahasa Inggris.

Baca Juga:  Ini Dia Sanksi Tegas Bagi Siswa dan Sekolah yang Curang dalam Mengisi PDSS

Untuk TPA soalnya lebih ditekankan kepada kemampuan psikologis dalam penyelesaian masalah secara intelektual sehingga lebih banyak mengandalkan logika berpikir, sedangkan bahasa Inggris lebih ke arah kesesuaian susunan kalimat. Jadi, buat kalian lulusan D3 yang punya keinginan masuk UI jangan takut dan gak usah ragu untuk coba jalur ini karena durasinya berkisar antara 2,5-3 tahun. Ya, memang durasi perjalanan belajar kalian akan sedikit lebih panjang tapi percaya deh pasti ada manfaatnya, kok. Oh iya tidak semua prodi atau jurusan di UI membuka program ekstensi, ya.

3. Ikut Seleksi Program Pascasarjana

Buat kalian yang udah terlanjur ngambil kuliah sarjana dan hampir selesai tapi pengin ngelanjutin kuliah lagi, program pascasarjana UI bisa jadi pilihan yang baik. Untuk bisa masuk program pascasarjana UI, kalian harus mengikuti seleksi ujian mandiri melalui Simak UI Pascasarjana dimana soal yang diberikan yaitu TPA dan bahasa Inggris.
Well, ayo bergerak dari sekarang dan buktkan bahwa kamu pantas menjadi mahasiswa UI. Semangat!
Back To Top