BEASISWA FULL S2 DI NATIONAL UNIVERSITY OF SINGAPORE

BEASISWA MASTER IN PUBLIC POLICY NATIONAL UNIVERSITY OF SINGAPORE (NUS) - Siapa yang tak kenal National University of Singapore atau NUS? Ada yang belum pernah dengar? Wah, kamu wajib googling , nih! Untuk mahasiswa Indonesia, mayoritas, mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu universitas terbaik di Asia ini. Bahkan, FYI menurut QS World University Rankings tahun 2015/2016, NUS ini menempati beberapa peringkat, diantaranya adalah:
- Peringkat 1 universitas terbaik di Asia
- Peringkat 12 universitas terbaik di dunia (secara umum)
- Peringkat 7 dunia untuk ilmu sosial dan administrasi
Beasiswa NUS Master Publicy

Terbukti kan, meskipun Singapore negara dengan luas wilayah yang kecil, tetapi memiliki salah satu universitas terbaik di dunia. Setiap tahunnya, mahasiswa internasional berbondong-bondong untuk bisa melanjutkan studi disana, termasuk mahasiswa Indonesia tentunya. Jangan khawatir masalah biaya, karena tersedia banyak beasiswa disana. Seperti Beasiswa pada program Master di bidang Public Policy.

Program studi Public Policy ini merupakan salah satu bagian dari sekolah pascasarjana di NUS yaitu Lee Kuan Yew School of Public Policy (LKY School). Program studi Master in Public Policy (MPP) adalah program dalam Bahasa Inggris, berdurasi dua tahun penuh, dan memberikan pelatihan intensif guna menghasilkan dasar-dasar kokoh dalam analisa kebijakan, evaluasi dan manajemen program. Sekalipun terbuka bagi fresh graduates, MPP secara umum dirancang bagi para profesional muda yang berpengalaman kerja 2 sampai 5 tahun.
Hal ini dalam rangka memenuhi tuntutan pembuatan kebijakan dan analis terampil di sektor publik, swasta atau nonprofit. Lulusan MPP diharapkan menunjukkan kematangan dan komitmen pada pelayanan publik.

Baca Juga: 5 Skill ini Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa Baru

Beasiswa yang ditawarkan terdiri dari dua jenis yaitu beasiswa dan hibah. Para pendaftar skema ini harus memiliki rekam akademis dan profesional yang baik. Mereka juga menunjukkan kepemimpinan dan keinginan berkontribusi di sektor pelayanan publik. Beasiswa dan hibah program MPP ini meliputi:
- Biaya kuliah, asuransi, ujian dan biaya terkait lainnya
- Tunjangan bulanan (hanya bagi penerima beasiswa)
- Tunjangan buku dan penempatan awal
- Perumahan di College Green
- Biaya perjalanan dari Indonesia ke Singapura
- Biaya perjalanan dari Singapura ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.   
Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar adalah kecakapan Bahasa Inggris. Untuk skor nya sendiri adalah sebagai berikut:
- 600 untuk TOEFL paper-based test
- 100 untuk TOEFL internet-based test
- 7.0 untuk IELTS academic test

A. Gelar Ganda Mitra Internasional

Mahasiswa MPP yang memenuhi syarat berkesempatan belajar selama satu tahun di luar negeri untuk mengejar gelar ganda pada universitas-universitas mitra NUS berikut ini:
• Columbia SIPA
• London School of Economics and Political Sciences (LSE)
• Sciences Po, France
• University of Geneva
• University of Tokyo
Penerimaan mahasiswa untuk gelar ganda ini sangat kompetitif dan mahasiswa yang diterima akan belajar selama satu tahun di LKY School dan pada tahun kedua belajar di universitas mitra. Aplikasi ke universitas mitra disampaikan pada akhir semester pertama di LKY School. Setelah berhasil menyelesaikan program ini, para lulusan akan mendapatkan gelar ganda dari masing-masing institusi.

B. Pertukaran Mahasiswa

Keuntungan lain yang didapatkan oleh Mahasiswa MPP adalah program pertukaran pada tahun kedua. Mahasiswa MPP akan melaksanakan studi di universitas mitra selama satu semester. Adapun universitas mitra tersebut diantaranya adalah:
1. Tsinghua University (China)
2. National Graduate Institute for Policy Studies (Jepang)
3. Seoul National University, Graduate School in International Studies (Korea Selatan)
4. Georgetown University, Georgetown Public Policy Institute (Amerika Serikat)
5. The Graduate Institute of International and Development Studies, Geneva (Swiss)

C. Gelar Ganda di NUS

LKY School juga menawarkan program gelar ganda dengan NUS Business School dan NUS Faculty of Law.

1. Master in Public Policy and Master of Business Administration

Program ini memungkinkan para individu di awal karir mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang bisnis dan pemerintahan. Para mahasiswa akan memperoleh kompetensi yang relevan untuk sektor industri, pemerintahan, dan publik. Lulusan gelar ganda ini akan dapat menghargai dan mengelola hubungan erat dengan organisasi bisnis dan sektor publik.

Baca Juga:  BEASISWA S2 & S3 FULL DI AUSTRALIA

2. Master in Public Policy and Master of Laws

Program ini memberikan pelatihan intensif bagi para individu di awal karir yang bertujuan meningkatkan kompetensinya di bidang hukum dan, pada saat yang bersamaan, mengerti tantangan dan nilai tambah bagi organisasi sektor publik. Lulusan program ini akan memahami hukum dan bagaimana menerapkannya di pemerintahan dan sektor publik.

D. Kesempatan Magang

Selama libur musim panas atau dingin, mahasiswa MPP diberikan kesempatan untuk melakukan kerja magang pada sektor publik, privat atau nonprofit. LKY School mempunyai hubungan yang luas dengan lembanga think tank terkemuka, lembaga-lembaga konsultan, dan lembaga multilateral guna memfasilitasi kerja magang mahasiswa.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Beasiswa Master in Public Policy ini dapat diakses di laman MPP.
Selamat mencoba!
Back To Top