[Terbongkar] Ini Dia Cara Keji Pejabat Menitipkan Anaknya di PTN

[Terbongkar] Ini Dia Cara Pejabat keji Menitipkan Anaknya di PTN- Kamis 9 Juli, pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan disampaikan. Tapi, disinyalir sudah ada kursi kosong bagi anak pejabat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur khusus tanpa melalui SBMPTN 2015.
Foto Logo SBMPTN

Menurut pengamat pendidikan dari International Studies Centre, Dr Dharmayuwati Pane megatakan bahwa penitipan anak pejabat di PTN itu ada jalur khusunya, yaitu dengan memanfaatkan Penyaringan mahasiswa baru di PTN itu ada gelombang II dan III, setelah SBMPTN. PTN yang ikut mendaftarkan kekurangan dana kepada pemerintah. Nah celah itulah yang sering dimanfaatkan oleh pejabat untuk menitipkan anaknya di PTN.

Menurutnya, jalur khusus masuk PTN bagi anak pejabat sudah terjadi setiap tahunnya. tentunya tidak semua pejabat seperti itu, hanya oknum-oknum tertentu yang melakukan hal yang kotor ini. Adapun anak dari pengusaha memang tidak seperti anak pejabat yang memiliki akses jalur khusus masuk ke PTN meskipun pengusaha memiliki modal kuat dan besar.
“Anak pengusaha yang punya uang untuk masuk ke PTN harus melalui prosedur yang resmi di SBMPTN, dan tidak seperti anak pejabat,” ungkapnya.

Ketua Umum SBMPTN 2015 Dr Prof Rochmat Wahab kepada Okezone beberapa waktu lalu mengatakan, saringan masuk PTN harus dilalui calon mahasiswa dengan mengikuti tahapan ujian SBMPTN, ini juga berlaku bagi anak pejabat. Alasannya karena hal ini merupakan kebijakan umum panitia SBMPTN berbasis pada aturan dan tidak bisa diganggu gugat.

“Kalau toh ada kasus memalukan tersebut (red: titipan anak pejabat) itu merupakan urusan dan kebijakan rektor PTN masing-masing. Tetapi kita sangat menyayangkan jika hal itu terjadi dan harus diantisipasi segera. Kalau menambahkan satu atau dua mahasiswa di PTN tentu harus dipertimbangkan, dan tidak boleh diganggu gugat jumlah yang sudah ada (lolos ke PTN),” kata Rochmat selaku ketua pelaksana SBMPTN 2015.
Source: Okezone.com
Back To Top