BEASISWA S2 & S3 PEMERINTAH POLANDIA 2016-2017

Beasiswa Pemerintah Polandia - Pernahkah kamu terpikir untuk melanjutkan studi ke Polandia? Mungkin negara ini masih terasa asing di telinga kita dalam masalah pendidikan. Tapi jangan salah, pemerintah Polandia begitu mendukung mahasiswa dalam negeri dan juga mahasiswa internasional yang ingin mengambil program Master dan Doktor disana. Hal ini terbukti dengan ditawarkannya beasiswa khusus S2 dan S3 dari pemerintah.

Beasiswa S2 dan S3 Pemerintah Polandia

Beasiswa ini dinamakan Ignacy Lukasiewicz Scholarship Pragramme. Beasiswa ini ditawarkan melalui Kedutaan Besar Polandia di Jakarta dan merupakan program beasiswa Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Republik Polandia.
Tahun ini, Indonesia kembali diberi kesempatan untuk mengajukan beasiswa tersebut. Ada sekitar 15 negara yang berkesempatan mendapatkan beasiswa. Semuanya berasal dari negara berkembang penerima bantuan OECD DAC.
Kandidat Indonesia dapat mengajukan beasiswa S2 & S3 untuk studi di universitas-universitas terbaik di Polandia. Jika terpilih, penerima beasiswa akan dibebaskan dari biaya pendidikan selama masa perkuliahan di kampus tersebut. Selain itu, penerima akan menerima tunjangan bulanan sebesar PLN 1.350 (kurang lebih Rp 4,6 Juta) untuk biaya hidup dan akomodasi. Beasiswa ini tidak termasuk biaya perjalanan PP ke Polandia dan biaya asuransi.

Baca Juga:  BEASISWA KALTIM CEMERLANG 2016

Adapun program studi master yang ditawarkan adalah bidang sains, ilmu alam, dan teknik. Sedangkan, untuk program studi doktor diantaranya adalah matematika, fisika, kimia, biologi, ilmu numi, teknologi, pertanian, perikanan, dan kedokteran hewan.
Perlu diperhatikn, bahwa perkuliahan S2 akan menggunakan bahawa Polandia. Tapi jangan khawatir, bagi kandidat terpilih akan mendapatkan kursus persiapan bahasa Polandia selama satu tahun sebelum keberangkatan.
Untuk informasi persyaratan diantaranya adalah sebagai berikut:

BEASISWA S2 POLANDIA

Persyaratan:
1. Lulus di bidang sains atau teknik (gelar studi S1 selesai di 2015/2016), atau
2. Saat ini mahasiswa tahun terakhir studi gelar S1 untuk tahun akademik 2015/2016.

Dokumen aplikasi:

1. Kuesioner yang diisi lengkap dan ditandatangani (yang dapat diunduh di link sumber di bawah).
2. Deskripsi usulan disertasi (tesis) dengan spesifikasi: 1.5 – 2 halaman A4, ukuran font 12, spasi 1.5. Bagian deskripsi wajib meliputi: Usulan topik, masalah dan metode penelitian, penjelasan rinci dari bab.
3. Copy ijazah S1 dan transkrip atau surat keterangan yang menandakan berada di tahun terakhir studi gelar S1.
4. Copy surat keterangan sehat.
5. Copy paspor.
6. Kandidat yang merupakan peserta kursus bahasa Polandia harap sertakan opini lektor (perhatian kandidat dari negara di mana Institusi Pendidikan Tinggi dilakukan kursus bahasa Polandia oleh lektor diposting dari Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Republik Polandia).
Catatan: Bagi pelamar yang berada di tahun terakhir harus menyusulkan copy ijazah dan transkrip S1 paling lambat 15 Juli 2016

BEASISWA S3 POLANDIA

Persyaratan Beasiswa S3 Polandia:
1. Lulus gelar S2 atau setara tidak lebih dari tiga tahun terakhir (tidak berlaku bagi mereka yang sudah studi di Polandia).
2. Lulusan S2 atau setara di mana studi selesai di negara asal kandidat akan diutamakan.
Dokumen aplikasi:
1. Kuesioner yang diisi lengkap dan ditandatangani (yang dapat diunduh di link sumber di bawah).
2. Garis besar disertasi doktor disusun sesuai dengan spesifikasi berikut: 4 – 5 halaman kertas A4, ukuran font 12, spasi 1.5. Elemen deskripsi wajib mencakup: usulan topik, masalah penelitian, hipotesis utama dan metode penelitian, penjelasan rinci tentang bab.
3. Copi ijazah master dan transkrip yang memberi kewenangan untuk mengambil studi doktoral.
4. Dokumen konfirmasi penerimaan dari universitas (atau janji masuk).
5. Pendapat dari dua akademisi independen (Prof atau PhD), termasuk setidaknya satu dari Polandia.
6. Kurikulum vitae dengan surat pengantar.
7. Copy surat keterangan sehat.
8. Copy paspor.
9. Copy dokumen otorisasi untuk tinggal di wilayah Polandia (untuhk orang yang sudah belajar di Polandia atau memegang visa yang sah).

Baca Juga:  Mau Kuliah S2 Full Gratis di UGM? Yuk ikutan Beasiswa ini!

Pendaftaran Beasiswa S2 dan S3 Polandia:

Sertakan terjemahan resmi ke dalam Bahasa Polandia atau Bahasa Inggris jika dokumen yang dimiliki menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk Beasiswa S2 dokumen aplikasi dapat dikirim via Pos ke alamat Kedutaan Besar Polandia di Jakarta yaitu:
Embassy of the Republic of Poland in Jakarta
Jl. Rasuna Said Kav. X Blok IV/3
12950 Jakarta Selatan
*Tuliskan "Ignacy Ɓukasiewicz Scholarship Program" pada sudut amplop

Sedangkan, dokumen aplikasi Beasiswa S3 harus disampaikan langsung ke universitas yang dipilih di Polandia.
Dokumen aplikasi untuk beasiswa S2 diterima paling lambat 24 Juni 2016. Dokumen aplikasi beasiswa S3 diterima paling lambat 3 Juli 2016. Hasil seleksi akan diberitahukan kepada kandidat selambatnya 1 Agustus 2016 melalui Kedutaan Besar Polandia untuk beasiswa S2, sedangkan hasil seleksi beasiswa S3 diberitahukan paling lambat 10 Agustus 2016 oleh universitas.
Selamat mencoba dan semoga sukses!
Back To Top