Yuk Ikuti Tips mengambil SKS, Agar Studimu Beres Tepat Waktu!

SKS - Sistem Kredit Semester - Banyak istilah baru yang akan kamu temui ketika awal-awal menjadi  mahasiswa baru. Salah satu istilah asing yang akan sering kamu dengar adalah SKS. Apa itu SKS? Emm.. mahasiswa baru wajib untuk berkenalan dengan istilah ini.

Pengertian SKS

 SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Mulai dari awal semester hingga semester akhir, mahasiswa tidak akan lepas dari istilah ini. Pasalnya, SKS merupakan satuan beban studi pada setiap mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa. Bobot SKS bermacam-macam, ada dua, tiga, empat bahkan enam SKS. Semakin besar bobotnya, maka beban kulaihpun akan semakin berat.

Baca Juga: 11 istilah Penting Dalam Dunia Perkuliahan yang Wajib Kamu Ketahui!

Besaran SKS tiap mata kuliah berbeda-beda. Banyaknya SKS yang harus diselesaikan selama masa studi juga bebeda-beda, tergantung kebijakan tiap perguruan tinggi. Namun biasanya untuk jenjang Sarjana (S-1) beban SKS nya sekitar 144 SKS.

Baca Juga:  Siswa Madrasah Ini Juarai Olimpiade Matematika Tingkat Dunia

Agar dapat selesai tepat waktu, setiap mahasiswa rata-rata perlu menyelesaikan  24 SKS setiap semester. Namun, pengambilan jumlah SKS juga ditentukan dengan prestasi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sepanjang semester. Semakin tinggi IPK yang diraih, semakin banyak pula SKS yang bisa diambil. Semakin banyak SKS yang diambil, semakin cepat juga waktu kelulusanmu. Jadi, usahakan agar bisa mengambil banyak SKS agar waktu kuliahmu tidak semakin lama.
Back To Top