Ini dia Cara PTN Menyeleksi Peserta SNMPTN

Ini dia Cara PTN Menyeleksi Peserta SNMPTN - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 3 hari lalu sudah berakhir. Dari 852.093 pendaftar, hanya 137.005 siswa yang diterima di 63 perguruan tinggi negeri (PTN). Admin jadi kepo nih, bagaimana ya cara PTN menyeleksi peserta SNMPTN 2015 yang banyak banget itu?

Dikutip dari keterangan panitia SNMPTN 2015, proses seleksi pada SNMPTN meliputi tiga komponen. Pertama, komponen siswa. Seleksi dilakukan dengan melihat nilai rapor, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran, prestasi akademis lain di luar yang tercantum pada rapor, dan sertifikat prestasi lainnya yang relevan dengan pilihan program studi.

Kemudian, komponen sekolah meliputi peringkat akreditasi sekolah dan kualitas alumni tahun-tahun sebelumnya. Terakhir, PTN juga mempertimbangkan aksesibilitas siswa yang berasal dari daerah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T) dan keluarga kurang mampu.

Foto Perguruan Tinggi

Selain itu, PTN mempertimbangkan penggunaan nilai ujian nasional (UN) sebagai komponen seleksi lainnya. Peserta SNMPTN 2015 harus mengikuti UN. Namun, penggunaan nilai UN sebagai pertimbangan penentuan seleksi diserahkan kepada para Rektor. Dengan begitu, bisa jadi porsi penggunaan nilai UN di tiap PTN berbeda-beda.

Oh gitu ya cara PTN menyeleksi peserta SNMPTN yang begitu banyaknya. Selain menyediakan kuota untuk peserta SNMPTN 2015, PTN juga masih menyediakan kuota yang gak kalah banyaknya bagi peserta SBMPTN 2015.

Selamat ya kepada klian yang sudah lolos SNMPTN 2015, perjuangan kalian untuk menjadi mahasiswa belum berakhir lho. Ada beberapa tahapan lagi yang harus kalian jalani. Diantaranya, Daftar ulang di PTN yang sudah menerima kalian, dan membayar UKT bagi Non Beasiswa.
Source: Okezone.com
Back To Top