[Terharu] Secercah Harapan Anak Buruh Tani yang Kini Kuliah di UGM

Harapan Anak Buruh Tani yang Kini Kuliah di UGM- Revina latifah, seorang putri dari pasangan suami istri Holidin dan Khotijah yang kini kuliah di Universitas bergengsi di Indonesia. ya penampilannya begitu sederhana, orangtuanya bekerja sebagai buruh kelap sawit di kalimantan, jauh dari orangtua sudah biasa, ya itulah Revina Latifah.
Kini, Revina hidup berdua dengan neneknya, karena orangtuanya merantau ke kalimantan untuk bekerja sebagai buruh tani kelapa sawit. Meskipun begitu, tetapi gadis wonosobo ini mempunyai semangat yang besar untuk kuliah di Unversitas Gadjah Mada (UGM).
Tentu saja, orang tuanya terpaksa pergi ke kalimantan, karena kondisi ekonomi keluarga yang buruk. Tidak ada lagi pilihan, kecuali menjadi buruh tani kelapa sawit di kalimantan demi menafkahi keluarganya.
Foto Revina dan neneknya (Source: dnaberita.com)

"Gimana lagi, di sini Bapak juga buruh tani. Penghasilannya hanya Rp550 ribu per bulan," ungkap Revina dilaman web UGM.
Bagi seorang Revina, kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan bukanlah menjadi kelemahan, melainkan menjadi cambuk dalam meraih prestasi. Hal itu, ia tbuktikan ketika duduk di bangku SMA Muhammadiyah I Wonosobo, di mana Revina selalu menduduki ranking pertama.
Tidak hanya itu, Revina pernah meraih juara III Olimpiade Geografi Nasional tahun 2014 yang diselenggarakan Fakultas Geografi UGM. Juara I Envi Camp region DIY-Jateng tahun 2014 bertema "Be Fun with Karst".
"Untuk OSN saya lolos seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi namun gugur di Pelatnas. Kalau sekarang saya diterima di UGM mungkin karena saya sudah sering mengikuti lomba-lomba geografi, jadi saya merasa senang sekali," ungkapnya.
Revina mengaku sangat bersyukur diterima kuliah di UGM lewat jalur beasiswa bidikmisi. Dengan begitu, ia merasa bisa membantu meringankan beban hidup orangtuanya. Revina menuturkan, orangtuanya sangat senang manakala ia memberitahukan dirinya diterima kuliah di UGM. Bahkan orangtuanya, tak kuasa menahan haru karena ia kuliah dengan mendapat beasiswa bidikmisi.
"Mereka senang, malah orangtua saya hampir menangis waktu saya telepon. Ini kedua kali saya terima beasiswa bidikmisi, karena sewaktu SMA saya juga dapat," ucapnya.
Dengan beasiswa bidikmisi yang kedua ini, Revina berharap bisa mengulang prestasi terbaik saat duduk di bangku SMA. Setidaknya, kuliahnya di Fakultas Geografi UGM bisa berjalan lancar dan mampu mewujudkan cita-citanya.
"Semoga nanti ketika saya sudah diwisuda di UGM, saya ingin menjadi dosen, atau bekerja di Dinas Kehutanan," ujar gadis wonosobo tersebut.
Source: Okezone.com
Back To Top