Penerimaan Mahasiswa Baru IPB 2016

PMB IPB 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru IPB 2016, SNMPTN IPB 2016, SBMPTN IPB 2016, IPB 2016,  mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru IPB.
logo IPB (source: id.wikipedia.org)
PMB IPB 2016- Kota hujan Bogor ternyata juga memiliki insititusi pendidikan yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan Mancanegara. Insitusi ini mampu membuktikan bahwa jurusan pertanian juga patut diperhitungkan dan tidak bisa dianggap sebagai hal mudah. Nyatanya, persaingan untuk masuk ke institusi yang sangat diunggulkan dalam bidang pertanian ini sangatlah ketat. Ya, institusi ini tidak lain adalah Institute Pertanian Bogor atau yang lebih dikenal dengan nama IPB. Ingin tahu lebih dalam tentang keunggulan institut ini? Yuk, simak infonya dibawah ini.
Institute Pertanian Bogor terbentuk dari lembaga-lembaga pendidikan menengah dan pendidikan tinggi pertanian serta kedokteran hewan di Bogor yang telah dimulai sejak awal abad ke 20. Lokasi kampus IPB terletak di Jl. Raya Dramaga, kecamatan Dramaga, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dulu, IPB bergabung bersama UI, namun kemudian melepaskan diri pada tanggal 1 September 1963 yang sekaligus diperingati sebagai hari lahir IPB. Meskipun kajian ilmu pertanian menjadi keunggulan utama IPB, namun ada juga beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh bidang sastra dan pendidikan. Kesitimewaan IPB adalah memungkinkan mahasiswanya untuk mengambil dua atau lebih jurusan yang diminati. Badan Akreditasi Nasioanl Perguruan Tinggi (BAN PT) telah menetapkan bahwa IPB memiliki akreditas A (sangat baik).
IPB memiliki beberapa jalur masuk yang bisa kamu tempuh jika ingin masuk ke kampus ini. Jalur masuk tersebut yaitu:

# Jalur Masuk SNMPTN IPB 2016
SNMPTN merupakan sistem penyaringan mahasiswa baru dengan menggunakan nilai sekolah yang diperoleh oleh siswa selama berada di SMA/SMK/MA dan sederajat. Sistem ini harus melakukan pendaftaran di situs www.snmptn.ac.id. SNMPTN ini mirip dengan jalur undangan, hanya siswa yang memenuhi kualifikasi nilai yang ditentukan oleh IPB yang bisa masuk. Persaingan mahasiswa baru untuk memenangkan kursi di  IPB maupun universitas lain terbilang ketat karena cakupan sakala SNMPN ini meliputi se- Nasional. Proses pendaftaran dimulai dengan mendafarkan nilai akademik siswa di PDSS dan diverifikasi kembali oleh siswa. Setelah itu siswa melakukan pendaftran dengan menggunakan NISN dan password yang telah didapatkan ketika mengisi PDSS.
#Jalur Masuk SBMPTN IPB 2016
Meskipun berskala nasional seperti SNMPTN, namun SBMPTN menggunakan sistem tes tertulis. Untuk mendaftarkan diri menjadi peserta ujian, peserta biasanya harus membayar biaya registrasi dan melakukan pendaftaran di situs www.sbmptn.or.id. Lokasi ujian ditentukan di daerah yang biasanya berdekatan dengan lokasi tempat tinggal peserta SBMPTN. Banyak yang menilai bahwa bobot Soal SBMPTN berkali-kali lipat lebih sulit dibandingkan dengan Ujian Nasional. Jadi, jika kamu berminat untuk lolos ke IPB melalui jalur ini, pastikan mempersiapkan diri sebaik mungkin dan sedini mungkin agar peluang lolos terbuka lebar
#Jalur Masuk Bidik Misi IPB 2016
Bidik Misi merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk mahasiswa kurang mampu namun memiliki kemampuan cemerlang dalam akademik. Beasiswa ini akan menjamin biaya kuliah  selama 8 semester dan memberikan biaya hidup untuk mahasiswa penerimanya. Mahasiswa bidik misi dituntut untuk mempertahankan nilai yang dimiliki dengan IPK minimal yang ditentukan selama berkuliah. Calon mahasiswa bidik misi harus melakukan proses pendaftaran untuk kemudian diseleksi lolos atau tidaknya oleh pemerintah di situs http://bidikmisi.dikti.go.id dan di laman resmi IPB yaitu admisi.ipb.ac.id. 
#Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB 2016
Beasiswa ini diberikan oleh IPB untuk meningkatkan  mutu pendidikan dan mengembnagkan daerah. Seperti halnya beasiswa lain, BUD juga memiliki persyaratan yang harus dipenuh. Seleksi dilakukan secara kelembagaan oleh pemerintah pusat dan daerah. Untuk persyaratan dan kelengkapan berkas dapat dilihat di http://bud.ipb.ac.id/index.php/adm. 
#Jalur Masuk Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) 2016
Untuk kamu yang memiliki jiwa kewirausahaan, cinta petani dan berjiwa pemimpin, maka jalur ini cocok untuk kamu. Jika lulus tes ini, maka IPB akan memberikan pembekalan softskill sesuai dengan bakat yang dimiliki. Info pendaftaran dan persyaratan yang lebih lengkap dapat dilihat di http://utm.ipb.ac.id/
#Jalur Masuk Prestasi Nasional-Internasional (PIN) IPB 2016
Buat kamu yang memiliki prestasi tingkat nasional maupun internasional, pilihan jalur masuk ini sangat sesuai dengan potensimu. Tujuan diadakannya PIN ini adalah untuk menyaring mahasiswa berprestasi, terutama pemenang lomba sains, informatika dan karya tulis. Berikut adalah proses yang harus dilewati untuk pelamar PIN:
a. Mengirim berkas lamaran ditujukan ke Rektor IPB
b. Periode lamaran sampai medio bulan Juli
c. Surat undangan dari Rektor IPB kepada pelamar sekitar awal Agustus
d. Tidak memalsukan dokumen dalam berkas lamaran
e.  Membayar biaya pendidikan
f. Menyerahkan fotokopi Ijazah, NEM, dan rapor, serta Daftar Riwayat Hidup
g. Menyerahkan pasfoto terbaru untuk KTM/ATM
h. Melengkapi formulir registrasi
#Jalur Masuk Alih Jenis Untuk Sarjana IPB 2016
Jalur ini khusus diperuntukkan untuk kamu yang sudah menyelesaikan D3 dan ingin melanjtukan ke jenjang S-1. Minimal IPK yang diperlukan adalah 3,00. Informasi seputar proses pendaftaran dan informasi lainnya dapat dilihat di situs http://alihjenis.ipb.ac.id 
#Jalur Program D3 IPB 2016
Jika kamu berminat untuk mengambil kuliah D3 di IPB, maka program ini akan sangat sesuai untuk kamu. Persyaratan dan proses pendaftaran dapat diakses di http://pmb.diploma.ipb.ac.id
Itulah profil singkat mengenai IPB. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi perguruan tinggi yang akan menjadi tempat menambah ilmu buat kamu. Jangan lupa kunjungi website IPB di http://www.ipb.ac.id untuk info yang lebih lengkap.

Back To Top