Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2016

PMB UGM 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2016, SNMPTN UGM 2016, SBMPTN UGM 2016, UGM 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru UGM.


PMB UGM 2016- Yogyakarta memang dikenal sebagai kota pelajar. Di kota ini banyak berdiri institusi pendidikan dengan kualitas yang tidak diragukan lagi, salah satunya adalah Universitas Gajah Mada. Banyak tokoh besar lahir dari kampus ini, salah satunya adalah presiden kita, bapak Ir. H. Joko Widodo. Apakah UGM ini masuk kedalam daftar PTN yang ingin kamu masuki? Jika iya, info berikut ini wajib untuk kamu ketahui.  
logo UGM (source: id.wikipedia.org)

UGM atau Universitas Gajah Mada merupakan universitas negeri yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949. Universitas Gadjah Mada merupakan penggabungan dan pendirian kembali dari berbagai balai pendidikan, sekolah tinggi, perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, Klaten dan Surakarta. Kampus yang terletak di Bulaksumur, Yogyakarta ini terus mengalami peningkatan kualitas. Terbukti dengan masuknya UGM kedalam urutan PTN terbaik di Indonesia, Asia Tenggara dan dunia. Selain itu, UGM juga mendapatkan akreditasi internasional bergengsi dengan predikat A.
Luar biasa bukan? Tentu kamu penasaran bagaimana caranya untuk bisa masuk kedalam universitas bergengsi seperti UGM tersebut. Berikut akan dibahas mengenai jalur yang bisa kamu tempuh untuk menembus UGM.

#Jalur Masuk SNMPTN UGM 2016
Seleski Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ini merupakan seleksi yang diadakan secara nasional. Para calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi harus mengikuti serangkaian proses online untuk mendaftarkan diri. Biasanya pendaftaran ini difasilitasi oleh sekolah. Seleksi ini menggunakan penilaian berdasarkan hasil nilai raport yang diperoleh selama berada di SMA/SMK/MA dan sederajat. Untuk masuk UGM tentunya kamu harus berjuang mempertahankan prestasi akademikmu agar nilai yang kamu peroleh dapat memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Informasi mengenai SNMPTN dapat dilihat di  www.snmptn.ac.id. 

#Jalur Masuk SBMPTN 2016
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memiliki cakupan yang sama seperti SNMPTN, yaitu diadakan secara nasional. Namun, berbeda dengan SNMPTN yang tidak menggunakan tes, SBMPTN ini memakai sistem tes tertulis. Para mahasiswa harus mendaftrakan diri terlebih dahulu ke situs web SBMPTN di www.sbmptn.or.id untuk bisa mendapatkan nomor peserta dan mengetahui tempat tes yang akan ditempati.

#Jalur Seleksi Ujian Tulis (Utul) UGM 2016
Seleksi ini dilaksanakan khusus untuk mahasiswa yang memilih tiga program studi. Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang memiliki cakupan secara nasional, Utul ini hanya meliputi cakupan universitas saja. Seleksi dilakukan secara tertulis dan hasil seleski merupakan keputusan dari pihak universitas. Info lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi UGM di www.ugm.ac.id 


#Jalur Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA) UGM 2016
Seleksi ini dilakukan untuk menyaring siswa-siswi berprestasi lulusan terbaik dalam beberapa bidang studi yang nantinya akan memilih  dua  program studi. Seleski ini dilakukan dalam beberapa tahapan. PBU-Sarjana UGM diperuntukan bagi mereka yang berprestasi tapi kurang mampu. Informasi lebih mendalam dapat dilihat di  www.ugm.ac.id 

#Jalur Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program) UGM 2016
Jalur ini merupakan seleksi yang dilakukan untuk mereka yang mengambil kuliah dan melanjutkan ke luar negeri melalui program ini dan disalurkan melalui UGM jika lulus. Peserta seeski yang diprioritaskan adalah mereka yang dapat menguasai bahasa inggris dalam katagori mahir. Informasi dan pendaftaran terdapat di acept.ugm.ac.id.

Demikianlah profil singkat mengenai UGM dan jalur-jalur yang dapat kamu tempuh untuk masuk ke kampus tersebut. Jangan lupa kunjungi situs resmi UGM di www.ugm.ac.id 

Back To Top