Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2016

PMB ITB 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2016, SNMPTN ITB 2016, SBMPTN ITB 2016, ITB 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru ITB.

PMB ITB 2016- Siapa yang tidak kenal dengan kampus yang satu ini? Dapat dipastikan semua mahasiswa baik di dalam maupun di luar negeri, mengenal nama kampus yang mendapat julukan kampus Ganesha atau kampus capa gajah ini. Ya... itulah kampus Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan ITB. Kampus ini terletak di Jl. Ganesha No. 10 Bandung dan kantor  pusatnya berada di Jl. Tamansari No. 64 Bandung  Popularitas yang dimiliki kampus ini tidak pernah meredup seiring dengan terus meningkatnya kualitas yang dimiliki. Buat kamu yang termasuk peminat ITB dan siap bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa lainnya, berikut ini akan dibahas tentang jalur-jalur yang bisa kamu coba untuk masuk ke kampus idaman kamu ini.
logo ITB (source: itb.ac.id)
Berawal dari sebuah kebutuhan terhadap kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, muncullah gagasan dari masyarakat penguasa kala itu untuk mendirikan kampus ITB. Pada saat itu kampus tersebut bernama De Techniche Hoogeschool te Bandung yang berdiri tanggal 3 Juli 1920. Pemerintah Indonesia kemudian meresmikannya menjadi  Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959. Dengan moto kemajuan dalam keselarasan, ITB terus menunjukan kemajuan dalam kualitasnya. Bukan hanya dalam taraf nasional, tetapi juga taraf internasiona. Hal itu ditunjukkan dengan mendapatkannya akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).
Akreditasi internasional tersebut membuat ITB sejajar dengan kampus luar negeri ternama. Lulusan ITB akan mendapat jaminan kualitas secara nasional dan internasional. Wah... menggiurkan bukan? Jangan berpikir terlalu lama, ayo coba kemampuanmu untuk masuk ke ITB dengan mengikuti jalur-jalur berikut:

#Jalur Masuk SNMPTN ITB 2016
SNMPTN merupakan jalur seleksi mahasiswa baru yang menggunakan penilaian nilai raport SMA/MA/SMK atau sederajat. Penilaian inilah yang membuat para siswa harus belajar giat agar mendapat nilai yang dianggap memenuhi untuk memasuki PTN favorit yang mereka inginkan. Selain mempertimangkan nilai, SNMPTN juga mempertimangkan kuota yang ada. Jurusan favorit di PTN ternama pasti memiliki persaingan nilai yang lebih ketat dibandingkan di jurusan dan PTN yang lainnya. Jadi, pastikan nilai kamu baik dan cari peluang jurusan yang dapat kamu masuki. Info lebih lanjut dapat dilihat di  www.snmptn.ac.id

#Jalur Masuk SBMPTN ITB 2016
Jalur masuk SBMPTN merupakan jalur tes tertulis bertaraf nasional yang dilakukan oleh calon mahasiswa. Ribuan peserta saling bersaing untuk memperebutkan kursi perguruan tinggi yang mereka inginkan. Tes ini tentu memerlukan persiapan matang agar mampu menaklukan soal SBMPTN. Jadi, pastikan kamu tidak bosan untuk update info-info tentang SBMPTN, termasuk kunjungi situs resminya di www.sbmptn.or.id 

#Jalur Beasiswa Bidik Misi 2016
Jangan menyurutkan semangatmu untuk masuk ITB jika masalah biaya menjadi hal utama yang menyurutkan niat itu. Kemegahan ITB tidak hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas saja, namun juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki kemampuan yang tidak kalah cemerlang untuk menjadi bagaian keluarga ITB. Hal itu disebabkan karena ITB termasuk salah satu PTN yang menerima mahasiswa melalui jalur bidik misi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan ikuti prosesnya di bidikmisi.dikti.go.id.

#Jalur Program Seleksi Mahasiswa Transfer (SMT) ITB 2016
Jalur ini khusus untuk kamu yang sudah berstatus mahasiswa di kampus lain kemudian ingin pindah ke ITB. Namun, mahasiswa tersebut harus diajukan secara tertulis oleh rektor di kampusnya. Selain itu, kampus tersebut juga harus memiliki kerjasama dengan ITB. Mahasiswa tersebut juga harus mendaftarkan diri secara mandiri di situs resmi pendaftaran SMT, yaitu usm.itb.ac.id/smt-1.htm. Syarat SMT ini adalah program studi yang diambil sama seperti program studi sebelumya. 


#Jalur Penerimaan Seleksi Mahasiswa Asing ITB 2016
Sesuai dengan namanya, seleksi ini diperuntukan bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di ITB. Program Kelas ITB untuk mahasiswa luar Negeri tidak menerima mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia, dan tidak memberikan apapun beasiswa kepada siswa asing. Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di usm.itb.ac.id/smi-1.htm.

#Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN) ITB
Jika kamu merupakan mahasiswa Indonesia yang berdomisili di luar negeri, namun berminat kuliah di ITB, maka jalur ini sangat tepat untuk kamu. Hal itu disebabkan karena seleksi ini memang dikhususkan untuk WNI yang berdomisili di luar negeri.   Seleksi khusus untuk melakukan pendaftaran ini dapat mengakses usm.itb.ac.id/pmbln-1.htm atau publik.akademik.itb.ac.id/seven/USMLN/Registrasi.  
Demikianlah profil singkat mengenai ITB dan jalur-jalur yang dapat kamu tempuh untuk masuk ke kampus tersebut. Jangan lupa kunjungi situs resmi ITB di http://usm.itb.ac.id dan itb.ac.id
Back To Top