Pendaftaran Mahasiswa Baru UPI 2016

PMB UPI 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru UPI 2016, SNMPTN UPI 2016, SBMPTN UPI 2016, SM UPI 2016, JALUR MANDIRI UPI 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru UPI.
PMB UPI 2016- Tidak dapat dipungkiri, cita-cita menjadi seorang guru masih menjadi impian mayoritas penduduk di negara ini. Bagaimana tidak, guru merupakan pendidik generasi bangsa yang akan meneruskan perjuangan  mengisi kemerdekaan negara ini. Apakah kamu termasuk salah satu dari ribuan orang yang mempunyai impian itu? Jika iya, tentu memilih universitas yang memiliki kompetensi tinggi di bidang pendidikan harus menjadi mayoritas utama. Profil universitas dibawah ini mungkin akan sangat bermanfaat untuk menjadi referansi pilihan kamu.

Logo UPI (source: upi.edu)
UPI merupakan singkatan dari Universitas Pendidikan Indoensia. Salah satu universitas terbaik di Indoensia ini terletak di Jalan Dr. Setiabudi No. 229 Bandung. Mr. Muhammad Yamin, selaku Menteri Pendidikan dan Pengajaran Indonesia pada saat itu, meresmikan universitas ini pada tanggal 20 Oktober 1954. Namun, tahukah kamu, pada saat itu nama universitas tersebut bukanlah Universitas Pendidikan Indonesia, melainkan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Pada tanggal 1 Mei 1963, PTPG ini berubah nama menjadi IKIP ( Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) melalui Keputusan Presiden Nomor 1 tahun 1963. IKIP Bandung diubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No. 124 tahun 1999 tertanggal 7 Oktober 1999.
Perubahan yang terjadi di UPI bukan hanya sekedar nama saja lho. Kualitas pendidikan di UPI terus ditingkatkan dengan perbaikan berbagai sarana dan prasarana serta SDM yang berkualitas agar mampu mencetak lulusan terbaik dibidangnya. Hal tersebut sejalan dengan moto UPI yaitu menjadi a Leading and Outstanding University. Cara yang dapat ditempuh untuk masuk ke UPI adalah:

#Jalur Masuk SNMPTN UPI 2016

Sistem ini sangat diminati oleh mayoritas anak sekolah yang ingin mendaftarkan diri ke universitas impian mereka. Bagaimana tidak, SNMPTN merupakan seleksi tanpa tes dan tanpa pungutan biaya. Namun, tidak semudah itu untuk lolos di penjaringan SNMPTN. Meskipun tanpa tes, sistem ini memakai sistem kuota. Hanya siswa berprestasi dan pandai mencari peluang jurusan di universitas yang dapat lolos. SNMPTN ini mirip dengan sistem jalur undangan. Pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan di situs resmi SNMPTN, yaitu www.snmptn.ac.id.

#Jalur Masuk SBMPTN UPI 2016

Untuk kamu yang belum beruntung di jalur SNMPTN, jangan patah semangat. Mungkin ini saatnya kamu untuk menguji lebih dalam kemampuanmu di jalur SBMPTN. Tantangan di jalur ini bisa dibilang lebih memacu adrenalin dan kepercayaan dirimu. SBMPTN ini menggunakan sistem tes tertulis. Ada juga biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh peserta, kecuali jika kamu terdaftar sebagai pelamar bidik misi. Proses pendaftarn SBMPTN dapat dicek di www.sbmptn.or.id

#Jalur Seleksi Mandiri UPI 2016

Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang memiliki cakupan tes secara nasional, jalur Seleksi Mandiri (SM) ini hanya meliputi satu universitas saja. Seleksi mandiri merupakan tes tertulis yang diadakan oleh pihak UPI untuk para peserta yang ingin masuk ke UPI, namun masih gagal menembus SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi ini langsung diadakan di lokasi kampus UPI Bumi Siliwangi. Para peserta SM UPI dapat melihat rangkaian proses dan persyaratan seleksi di pmb.upi.edu

#Jalur Masuk Bidik Misi UPI 2016

Kuliah tidak selalu harus mengeluarkan uang banyak. Dimana ada kemauan disitu juga ada jalan yang menanti. UPI menerima mahasiswa kurang mampu namun memiliki prestasi akademik dan non akademik yang luar biasa, melalui jalur masuk Beasiswa Bidik Misi yang dibiayai oleh pemerintah. Para peserta pelamar beasiswa bidikmisi tentu harus bisa melewati seleksi SNMPTN atau SBMPTN, sebelum akhirnya diseleksi layak atau tidaknya menerima beasiswa bidik misi. Informasi mengenai bidik misi dapat dilihat secara lebih lengakap di bidikmisi.dikti.go.id.
Demikianlah beberapa jalur masuk yang bisa kamu tempuh untuk masuk ke Universitas Pendidikan Indonesia. Jika ingin mengenal lebih dekat universitas ini, kunjungi laman resminya di www.upi.edu. Kamu akan dapat banyak info bermanfaat disana. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti segala tes yang disediakan untuk bisa terpilih menjadi mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia.
Back To Top