5 Jenis Perguruan Tingggi yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa!

Jenis Peguruan Tinggi- Ketika kita ingin melanjutkan studi dari SMA ke perguruan tinggi, pasti kamu bingung dengan beragam jenisnya perguruan tinggi di Indonesia, entah itu bingung namanya, daerahnya, atau apalah, yang pasti pasti kamu bingung mengapa ada banyak seai jenis perguruan tingg, dimulai adanya sekolah tinggi, universitas, akademi, politeknik, institut, dan sebagainya.
Seperti sekolah ada beragaam jenis, mulai dari SMA, MA, dan SMK. Begitupun juga dengan Perguruan Tinggi memiliki banyak jenisnya dan jenjang lulusannya. Mau tahu info secara detailnya? Yuk langsung saja simak 5 Jenis Perguruan Tingggi yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa!

Perguruan Tinggi (source: jabarlagi.com)

1. Akademi

Penyelenggaraan pendidikan tinggi di akademi fokus pada cabang keilmuan tertentu. Gelar yang diraih lulusan akademi adalah Ahli Madya (AMd). Contoh akademi yang dikenal baik di Indonesia adalah Akademi Militer dan Akademi Maritim Yogyakarta.

2. Politeknik

Pendidikan di politeknik biasanya berbentuk Diploma, dari D-1 hingga D-4. Perkuliahan lebih bersifat praktik sesuai jenis pendidikan vokasi yang diberikan politeknik. Jurusan atau prodi yang ditawarkan juga umumnya serumpun seperti keuangan, elektronika, desain grafis, telekomunikasi dan lainnya.

3. Sekolah Tinggi

Bagi kamu yang ingin mendalami satu ilmu khusus, maka sekolah tinggi cocok untukmu. Sekolah tinggi yang menjadi favorit di Indonesia di antaranya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Agama dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi. Mahasiswa di sekolah tinggi akan mempelajari berbagai ilmu sesuai rumpun tersebut.

4. Institut

Institut hampir sama dengan universitas yang menyajikan berbagai prodi keilmuan dan kejuruan. Bedanya, prodi atau jurusan yang ditawarkan institut biasanya tergabung dalam satu bidang ilmu pengetahuan seperti seni, ilmu pertanian dan teknologi. Jenjang pendidikan terdiri dari diploma hingga S-3.

5. Universitas

Institusi pendidikan tinggi ini paling akrab di tengah masyarakat Indonesia. Universitas menyediakan beragam rumpun keilmuan yang tersebar di berbagai jurusan atau program studi (prodi) di bawah naungan fakultas. Jenjang pendidikan yang bisa dipilih mulai dari diploma hingga doktoral.
Bagaimana sudah jelaskan? So, sekarang lihat apa passion dan tujuanmu kuliah, dan pilihlah perguruan tinggi yang tepat bagi kamu senidir! |Source: Okezone.com
Back To Top