Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga 2016

PMB UIN SUKA 2016- SNMPTN UIN SUKA 2016- SBMPTN UIN SUKA 2016- UM-PTKIN UIN SUKA 2016- BIDIK MISI UIN SUKA 2016- Jalur Masuk Mandiri Reguler UIN SUKA 2016- Para tokoh walisongo memang mempunyai jasa besar dalam penyebaran Islam Di Nusantara. Banyak nama-nama tokoh Walisongo yang kemudian diabadikan menjadi nama universitas, salah satunya UIN Sunan Kalijaga. Universitas ini patut kamu masukkan kedalam PTN yang ingin kamu masuki, terutama jika kamu memang mempunyai keinginan untuk menyeimbangkan ilmu dunia dan ilmu agama. Yuk, simak dulu profilnya dibawah ini:
Logo UIN SUKA (source: uin-suka.ac.id)
UIN Sunan Kalijaga atau disingkat menjadi UIN Suka terletak di Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta. Dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Al-Jami'ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 26 Tahun 1965,  terhitung sejak 1 Juli 1965, IAIN tersebut berganti nama menjadi Sunan Kalijaga, yaitu salah satu nama Walisongo yang menjadi penyebar Islam di Jawa. Tanggal berdiri IAIN Sunan Kalijaga diambil dari diresmikannya PTAIN yaitu 26 September 1951. UIN Suka kemudian menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) pertama di Indonesia. UIN Suka menempati rangking 54 di Indonesia dan  ranking 1 di antara PTAIN serta ranking 3236 di dunia versi Webometrics Februari tahun 2013.
Kamu tertarik untuk masuk kesana? berikut adalah jalur masuk yang disediakan UIN Suka:
1.Jalur Masuk SNMPTN UIN Suka 2016
 Jalur masuk SNMPTN dipersiapkan dan dikoordinasikan oleh Pengurus Pusat Perhimpunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Oleh karena itu, skala SNMPTN bertarap Nasional. Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolah yang didasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Hanya siswa dengan nilai akdemik yang dianggap memenuhi kriteria UIN Walisongo yang dapat lolos seleksi ini.  Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui website resmi SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id.
 2. Jalur masuk SBMPTN UIN Suka  2016
Jalur ini dipersiapkan dan dikoordinasikan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia. SBMPTN  merupakan jalur seleksi nasional seperti SNMPTN. Perbedaannya adalah SBMPTN tidak didassarkan pada nilai raport siswa, tetapi didasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa program studi seni dan olahraga). SBMPTN terdiri dari tiga pilihan kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.
3. Jalur Masuk SPAN-PTKIN UIN Suka 2016
Jalur ini sama seperti SNMPTN. Namun, SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional yang khusus untuk menyeleksi calon mahasiswa untuk masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Pola seleksi dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik IndonesiaPendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.span-ptkin.ac.id. Biaya pendaftaran gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah.
4. Jalur Masuk UM-PTKIN UIN Suka 2016
Jika jalur yang sebelumnya mirip dengan SNMPTN, maka UM-PTKIN hampir sama dengan SBMPTN. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Islam di Indonesia yang menggunakan tes tertulis. Pola seleksi UM-PTAIN dilaksanakan secara bersama oleh 53 PTAIN di Indonesia. Biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa. Info mengenai pendaftaran dapat dilihat melaui laman www.um-ptkin.ac.id.
5. Jalur masuk Bidik misi UIN Suka 2016
Jalur ini merupakan jalur masuk yang disediakan untuk mahasiswa penerima beasiswa bidik misi. Bidik misi adalah biaya bantuan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik. Untuk mendapatkannya, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku yang dapat dilihat di laman bidikmisi.dikti.go.id.
6. Jalur Masuk Mandiri Reguler UIN SUKA 2016

Seleksi ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang dikelola langsung oleh panitia dari UIN Suka. Jalur mandiri ini dibuka setelah jalur-jalur di atas di tutup. Pendaftaran dilakuakan secara online melalui laman http://uin-suka.ac.id
Demikianlah Informasi mengenai profil dan jalur masuk Universitas Islam Negeri Suka. Info lebih lanjut dapat diakses di laman http://uin-suka.ac.id
Back To Top