Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta 2016

PMB UNY 2016- SNMPTN UNY 2016- SBMPTN UNY 2016- JALUR MANDIRI UNY 2016- BIDIKMISI UNY 2016- Yogyakarta memang dikenal sebagai kota pelajar. Di kota ini banyak berdiri institusi pendidikan dengan kualitas yang tidak diragukan lagi, salah satunya adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Pasti udah ga asing kan sama universitas tersebut? Biar lebih mengenal UNY, yuk simak profilnya dibawah ini:
Logo UNY (source: english.uny.ac.id)

Universitas Negeri Yogyakarta terletak di Yogyakarta. Kantor Humas, Promosi dan Protokolnya berada Jl. Colombo No.1, Yogyakarta Sebelumnya Universitas Negeri Yogyakarta bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta). IAIN Yigyakarta berdiri tanggal 21 Mei 1964. Sejarah UNY juga tidak bisa lepas dari UGM. Ada beberapa fakultas di UGM yang menjadi cikal bakal lahirnya IKIP Yogyakarta, yaitu Fakultas Pendidik (FIP), Fakultas Pendidikan Jasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Kamu tertarik untuk masuk ke UNY? Simak jalur masuknya dibawah ini:
1. Jalur Masuk SNMPTN UNY 2016
Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang didasarkan pada prestasi siswa selama berada disekolah SMA/MA/SMK dan sederajat. Hanya siswa yang mendapat undangan yang bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti jalur seleksi ini. Sekolah biasanya memfasilitasi pendaftaran SNMPTN ini. Biaya pendaftaran ditanggung oleh pemerintah. Info lebih lanjut dapat diakses di www.snmptn.ac.id.
2. Jalur Masuk SBMPTN UNY 2016
Jalur SBMPTN adalah seleksi nasional yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Jalur ini bisa menjadi alternatif untuk siswa yang tidak bisa mengikuti jalur SNMPTN. Seleksi dilakukan dengan memberikan ujian tertulis dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan (untuk mahasiswa yang mengambil program studi seni dan olahraga). Info lebih lanjut dapat diakses di  www.sbmptn.or.id.
3. Jalur Masuk Mandiri UNY 2016
Seleksi Mandiri masuk UNY terdiri dari beberapa jalur yaitu : Seleksi Berbasis Prestasi S1 dan D3, Ujian Tulis S1 dan D3, Ujian Tulis S1 Kerjasama, Program Kelanjutan Studi (PKS), dan Pascasarjana. Seleksi mandiri ini dikelola langsung oleh pihak UNY. Info lebih lengkap dapat diakses di http://pmb.uny.ac.id/
4. Jalur Masuk Bidik Misi UNY 2016
Beasisiwa bidik misi merupakan bantuan dari pemerintah kepada para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki presatsi luar biasa. Pelamar bidikmisi harus dapat melewati seleksi SNMPTN atau SBMPTN terlebih dahulu sebelum diseleksi sebagai penerima beasiswa bidik misi di kampus Unila. Ketentuan persyaratan calon mahasiswa bidik misi dan info lain lainnya dapat dilihat di bidikmisi.dikti.go.id.
Sekian info mengenai UNY dan jalur masuk yang dapat kamu tempuh untuk masuk kedalamnya. Info lebih lengkap mengenai UNY dapat kamu lihat di website resmi nya yaitu http://www.uny.ac.id
Back To Top