BEASISWA S1 FULL DI KAIST (KOREA ADVANCED INSTITUTE OF SCIENCE)

BEASISWA S1 FULL DI KAIST - Korea Selatan mungkin sudah tidak asing lagi ya di telinga masyarakat Indonesia. Khususnya di kalangan remaja, yang begitu mengandrungi negeri Hallyu Wave ini. Bukan hanya maju dalam bidang budaya dan hiburan saja, beberapa tahun ini Korea Selatan menduduki ranking tertinggi dengan pendidikan terbaik di Asia, dengan memiliki beberapa universitas yang terbaik.

BEASISWA S1 FULL DI KAIST

Salah satu universitas teknik/science terbaik di Korea Selatan, bahkan di Asia, yaitu KAIST atau Korea Advanced Institute Of Science. KAIST adalah universitas negeri berbasis research yang terletak di Daedeok Innopolis, Daejeon, Korea Selatan. Seperti halnya ITB, KAIST memiliki reputasi terbaik di negaranya. Setiap tahun pemerintah Korea Selatan membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi disana.
Selain itu, KAIST sendiri pun memberikan beasiswa rutin yang disediakan setiap tahunnya yang dinamakan KAIST International Student Scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa lulusan SLTA yang ingin melanjutkan studi S1 di sejumlah program studi di KAIST. Diantaranya adalah fisika, matematika, kimia, biologi, teknik mesin, teknik penerbangan, teknik listrik, ilmu komputer, teknik sipil dan lingkungan, desain industri, teknik industri dan sistem, teknik bio dan brain, teknik kimia dan biomolekuler, ilmu dan teknik material, teknik nuklir dan quantum, dan manajemen bisnis dan teknologi.
Beasiswa ini diberikan secara penuh, yang berarti semua kandidat akan dibebaskan dari semua biaya pendidikan selama menjalani studi disana, tetapi dengan catatan harus bisa mempertahankan hasil prestasi. Selain itu, akan diberikan pula tunjangan hidup setiap bulan sebesar USD 200- USD 300 serta asuransi kesehatan nasional. 

Baca Juga: Beasiswa BCA Finance Peduli 2016

Adapun yang tidak termasuk ke dalam beasiswa ini adalah biaya asrama sekitar USD 100 per bulan serta biaya perjalanan ke Korea.

Persyaratan:

1. Semester musim semi: Telah lulus atau akan lulus SLTA paling lambat 28 Februari 2017
2. Semester musim gugur: Telah lulus atau akan lulus SLTA paling lambat 31 Agustus 2017
Dokumen Aplikasi:
1. Formulir aplikasi (diisi online setelah itu dicetak)
2. Statement of Financial Resources – KAIST Scholarship (asli)
3. Satu surat rekomendasi (asli)
4. Profil sekolah SLTA (copy)
5. Transkrip nilai SLTA selama tiga tahun (copy)
6. Hasil nilai UN (copy)
7. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (copy)
   Minimal TOEFL iBT 83 atau TOEFL PBT 560, IELTS 6.5, atau TOEIC 720
8. Paspor atau KTP (copy)
9. Prestasi dan Penghargaan (copy)

Catatan:

Dokumen aplikasi poin 1 – 8 wajib dilengkapi. Untuk poin 9 merupakan opsional. Keterangan lebih lanjut mengenai dokumen aplikasi yang diminta bisa dipelajari di panduan pendaftaran KAIST 2017 yang dapat diunduh di http://admission.kaist.ac.kr/international/wp-content/uploads/2016/05/2017-ADMISSION-GUIDE-FOR-INTERNATIONAL-UNDERGRADUATE-STUDENTS.pdf.

Pendaftaran:

Sebelum mengajukan beasiswa S1 di KAIST Korea, perlu dipahami bahwa pendaftaran beasiswa dan pendaftaran mahasiswa satu paket. Tidak diperlukan aplikasi terpisah. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan pelamar.
1. Melengkapi formulir aplikasi online KAIST untuk mahasiswa internasional. Pendaftaran online tersedia mulai 5 September 2016 di: http://admission.kaist.ac.kr/international/
Pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar USD 80 via kartu kredit atau transfer bank.
2. Cetak formulir aplikasi yang telah diisi lengkap tersebut, serta catat nomor aplikasinya. Kemudian lampirkan cetakan formulir aplikasi tersebut bersama dokumen aplikasi yang diminta lainnya seperti tertera di atas. Untuk formulir Statement of Financial Resources dan surat rekomendasi bisa Anda unduh di laman KAIST.
3. Kirimkan semua dokumen aplikasi yang telah disiapkan via pos ke alamat:
Office of Admissions, KAIST
#214, Creative Learning Bld. (E11)
291 Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon 34141, Republic of Korea
Tel: (+82-42) 350-2147

Jangan lupa, setelah mengirimkan dokumen aplikasi, Anda bisa mengecek status aplikasi Anda secara online di laman: https://apply.kaist.ac.kr/InterApply untuk memastikan apakah dokumen yang telah dikirimkan sudah diterima atau belum, atau jika ada dokumen yang belum lengkap, sehingga bisa dilengkapi kembali segera sebelum deadline berakhir.

Baca Juga: BEASISWA HAFIDZ KAMPUNG INGGRIS PLUS BIAYA HIDUP

Jika diperlukan wawancara, pelamar akan dihubungi oleh pihak KAIST. Hasil akhir proses seleksi universitas sekaligus beasiswa bisa dicek kembali melalui laman log in yang sama di atas. Pelamar dapat memilih salah satu jadwal pendaftaran berikut:

1. Pendaftaran musim semi:

Pendaftaran online dan deadline pengajuan aplikasi : 5 September – 4 November 2016
Pemberitahuan wawancara (hanya jika diperlukan) : 19 Desember 2016
Wawancara : 21 – 22 Desember 2016
Pemberitahuan hasil seleksi : 6 Januari 2017

2. Pendaftaran musim gugur:

Pendaftaran online dan deadline pengajuan aplikasi : 1 Desember – 20 Januari 2017
Pemberitahuan wawancara (hanya jika diperlukan) : 27 Februari 2017
Wawancara : 2 – 3 Maret 2017
Pemberitahuan hasil seleksi : 24 Maret 2017

Info lebih lanjut:
Tel: +82-42-350-2147
Email: creative.adm@kaist.ac.kr
Web: www.kaist.ac.kr
Back To Top