Tips Atasi Gugup saat Wawancara

Tips atasi gugup saat wawancara - Bukan rahasia lagi jika wawancara, terutama wawancara kerja seringkali menimbulkan rasa gugup. Banyak yang gagal saat tes kerja karena tidak bisa mengatasi rasa gugup ketika interviewa berlangsung. Wajar saja, rasa gugup yang berlebihn akan membuat tidak fokus ketika menjawab pertanyaan yang diajukan. 

Tips atasi gugup

Nah, agar tidak terus berlanjut, berikut adalah tips menarik untuk menghilangkan rasa gugup saat wawancara:

1. Periksa Kelengkapan Dokumen

Persiapan yang matang akan membuat diri lebih tenang. Coba periksa kembali sejumlah perlemgkapan yang harus dibawa, terutama dokumen-dokumen penting yang diperlukan.

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Sampai Saat ini Kamu Belum Dapat Pekerjaan!

2. Datanglah tepat waktu

Ketika akan wawancara, prediksi ketepatan waktu sangat penting. Lebih baik datang lebih awal daripada terlambat. Keterlambatan akan membuat rasa gugup semakin besar dan berbagai pikiran negatif semakin bermunculan. Datang lebih awal juga membantu untuk memeriksa kembali perlengkapan wawancara dan mempersiapkan diri dengan lebih matang setelah mengetahui kondisi kantor.

3. Tebarkan senyum

Rasa gugup serigkali membuat sulit tersenyum karena tegang. Namun paksakan untuk tersenyum. Cobalah merubah mimik wajah yang tegang dengan menebarkan senyum kepada orang lain.

Baca Juga:  9 Pekerjaan Ideal bagi Kamu yang Bertipe Pendiam

4. Kendalikan perasaan

Ketika rasa gugup semakin terasa, tn ap tenangkan diri. Kendalikan perasaan gugup dengan melakukan hal yang menurutmu dapat mengurangi rasa gugup tersebut. Intinya jangan sampai rasa gugup itu semakin menguasai diri. Pikirkanlah hal-hal positif sehingga pikiran negatif tidak semakin datang.
Back To Top