Pendidikan Indonesia- Melamar Kerja Lewat Email- Melamar kerja adalah sesuatu yang sangat sulit bagi orang yang belum tahu caranya bagaimana cara melamar kerja dengan baik. Apalagi di jaman globalisasi ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menggunakan email sebagai salah satu media untuk melamar kerja yang menggantikan peran pos dalam hal pengiriman cv pelamar kerja.
Foto Mencari Kerja |
Dalam hal mengirim cv melalui email, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar kerja. Mau tahu hal apakah itu? Cek this out:
1. Gunakanlah alamat email yang mudah singkat dan mudah diingat dan
“resmi”. Artinya, gunakanlah nama yang meyakinkan, jangan nickname yang
aneh-aneh, misalnya justordinarygirl@…, negromanis@…,
youngandcoolguyz@…Pakai saja nama Anda sendiri.
2. Kalau Anda tidak punya email official, usahakan jangan menggunakan
email dari provider gratisan lokal yang umumnya lambat. Gunakan saja
yahoo.com atau gmail.com yang lebih dikenal dan jelas bonafid.
3. Kirimkan berkas-berkas file dalam format .doc atau .rtf. Pastikan
isinya lengkap, dari data diri hingga curriculum vitae, dan termasuk
foto. Beri nama file tersebut dengan nama Anda.
4. Untuk file berupa foto, atau mungkin Anda merasa perlu juga
melampirkan salinan contoh hasil karya dan sertifikat, pastikan
ukurannya wajar, agar mudah dibuka.
5. Jika terpaksa mengirimkan gambar dalam jumlah banyak, satukan dalam format .zip dan berilah nama yang jelas.
6. Selain berkas-berkas yang sudah lengkap, jangan lupa beri surat
pengantar yang berisi uraian singkat, mengapa Anda ingin bekerja di
perusahaan tersebut. Ungkapkan seperlunya, jangan berlebihan dan tidak
perlu memasukkan informasi-informasi yang tidak relevan.
Foto Email |
Bagaimana mengerti tidak perihal yang 6 diatas? kalau belum mengerti, silakan tanyakan di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan semoga cepat dapat pekerjaan yang dicita-citakan :)
Source: portalhr.com