4 Hal Penting Yang Wajib Kamu Lakukuan Setelah Lolos SBMPTN

4 Hal Yang Wajib Kamu Lakukuan Setelah Lolos SBMPTN- Selamat dan sukses bagi kamu yang lolos SBMPTN 2015, baik itu lolos dipilihan pertama, kedua, maupun ketiga. Yang jelas kamu harus bersyukur bro karea kamu lolos SBMPTN 2015, bayangkan diluar sana ada setengah juta peserta SBMPTN 2015 yang menangis dan kecewa karena belum lolos SBMPTN 2015.
Logo SBMPTN 2015

Eits perjuanganmu untuk menjadi mahasiswa baru belum selesai bro ada 30 persen tahapan lagi yang wajib kamu lakukan untuk mendapatkan status mahasiswa di PTN yang telah memilihmu. Sekarang admin akan beri arahan khusus kamu yang lols SBMPTN 2015. Aa yang harus kamu lakukan setelah lolos SBMPTN 2015? Yuk simak!

1. Cetak Bukti Kelulusanmu

Cetak atau capture bukti kelulusanmu, karena itu merupakan salah satu bukti bahwa kerja kerasmu selama ini membuahkan hasil, dan siapa tahu bukti itu akan selalu menyemangatimu di dunia perkuliahan nanti.

2. Cek dan Pantau website resmi Perguruan Tinggi Negeri yang telah Memilihmu

Cari tahu semua informasi tentang tahap registrasi atau daftar ulang calon mahasiswa yang lulus SBMPTN 2015 di website kampusmu. Catat dan simak baik-baik mekanisme yang disyaratkan oleh kampusmu, dan jangan sampai ada satupun yang terlewat.

3. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan dari Sekarang Juga

Siapkanlah berbagai dokumen yang akan dibutuhkan saat registrasi mahasiswa baru nanti. Pada umumnya, PTN akan meminta calon mahasiswa melakukan registrasi online sebelum menjalani tahap verifikasi data secara fisik/non online (mendatangi ampus secara langsung)  di kampus masing-masing.
Tujuan diadakannya Registrasi online ini  dimaksudkan untuk menentukan kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan dibebankan kepada mahasiswa. Jadi, pastikan kamu mengisi data dengan benar dan tidak bohong agar tidak dirugikan, ya!
Pada umumnya dokumen yang perlu disiapkan saat registrasi ulang  adalah sebagai berikut:
- Kartu tanda peserta SBMPTN Tahun Akademik 2015/2016;
- STTB asli atau STK (Surat Tanda Kelulusan) asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi;
- Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
- Kartu keluarga;
- Pas foto terakhir;
- Surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima (sesuai format yang diunduh dari sistem) Asli;
- Surat perjanjian orangtua (format disediakan kampus);
- Slip gaji atau rincian pendapatan orangtua/wali;
- Fotokopi Bukti pembayaran Biaya Pendidikan;
- Bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB);
- Fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan (bagi yang sudah memiliki) atau kartu asuransi kesehatan lainnya;

4. Verifikasi Data dengan cara Mendatangi Kampusmu (Jika kamu keterima di kampus yang mempunyai cabang kampus daerah, maka wajib registrasinya di kampus pusat)

Calon mahasiswa akan diminta melakukan verifikasi data dengan datang langsung ke kampus. Pada tahap ini, akan dilakukan juga pemeriksaan kesehatan dan lain-lain.
Sekedar mengingatkan, bahwa setiap PTN mempunyai jadwal registrasi online dan verifikasi data dengan cara datang ke kampus masing-masing. So, jangan lewatkan informasi satupun tentang registrasi ulang di kampusmu, dengan cara kunjungi website kampusmu minimal 3x dalam sehari. Salam Sukses Hey Mahasiswa baru :)
Back To Top