26 Pesan ini Akan Membuat Kamu Berpikir, Aku Mahasiswa Atau Bukan?

Pesan Untuk Mahasiswa- MAHASISWA, kata tersebt seolah-olah gagah dengan kata "Maha" yang tersemat. Kamau pasti tahu, kata "Maha" artinya agung atau besar. Ya memang, mahasiswa itu mahanya siswa. Menjadi mahasiswa di jaman globalisasi ini tidaklah sesuit tempo dulu, kecuali jika kamu pengen jadi mahasiswa PTN ternama sih.
Seharusnya seorang Mahasiswa harus lebih baik dibandingkan siswa, ya karena kasta mereka lebih tinggi. Tapi, mengapa masih banyak sekal orang yang mengaku seorang "Mahasiswa" tetapi tingkah dan perilakunya belum bisa mencerminkan bahwa di aadalah seorang "Mahasiswa".
Berikut ada beberapa pesan dari seseorang yang bernama Evan Prajongko. Pesan ini adalah tamparan bagi kita sebagai seorang "Mahasiswa". bagi kamu yang ngaku dirinya "mahasiswa" wajib baca dan renungkan!
Foto Demo Mahasiswa (Source: suksesitunyata.wordpress.com)

1. Kalau kamu anak rantau, sesuaikanlah dirimu dengan kebudayaan di mana kamu berada selama masih dalam batas rasionalitasmu.
2. Tetap tunjukkan kebudayaanmu yang masih bisa diterima di tempat kamu berada.
3. Jangan jadi seseorang yang gengsi dan ikut ikutan tren sama temen kuliah yang bisa bikin kamu rugi dan terkesan memaksakan diri karena sesungguhnya hidup itu murah, merk dan gengsi yang bikin mahal.
4. Harus pintar pintar mengelola keuangan, tahu mana kebutuhan, mana keinginan, sama mana nafsu setan.
5. Jangan sering-sering pulang, malu sama tetangga, katanya merantau tapi pulang mulu.
6. Harus kuat kalau ditinggal pacar kegiatan atau tugas kampus. Kalau punya pacar yang nggak bisa ditinggal, berarti gak siap kamu tinggal kerja kelak. Tinggalin aja dah.
7. Jangan malu buat membuka diri berkenalan sama orang lain karena link itu penting buat masa depan.
8. Hati-hati sama dosen kalau kalian nggak suka, seenggaknya jangan berontak karena sesungguhnya keputusan dosen itu nggak bisa diganggu mutlak.
9. Hati-hati dengan organisasi-organisasi tertentu karena nggak semua organisasi mahasiswa itu benar benar putih sesuci melati.
10. Hati-hati sama etnis tertentu, seenggaknya jangan sampai kalian disantet.
11. Belajar gunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan efektif dan efisien karena tugas kuliah pasti butuh kecakapan itu.
12. Belajar tanda baca dan format tulisan biar nggak refleks ngetik kata-kata alay pas SMS dosen.
13. Belajar nulis makalah termasuk daftar pustaka yang bener biar di daftar pustaka nggak ada tulisan "google.com"
14. Harus hafal tempat-tempat berwifi mahacetar demi kelancaran kehidupan sebagai mahasiswa marjinal.
15. Jangan manja karena jauh dari orang tua.
16. Sayangi diri kamu karena kalau sakit di tanah rantau, nyusahin temen-temen kos, kontrakan, atau temen kuliah.
17. Kalau punya e-mail, pakai alamat e-mail yang nggak alay biar temenmu kalau mau kirim file ke kamu nggak kesusahan.


18. Kalau punya nama facebook, twitter, line, dan bbm juga mohon jangan pakai nama alay, nama pacar, apalagi nama orang tua. Bahkan jangan pakai simbol-simbol yang bikin temen kamu susah nyari.
19. Belajar bahasa inggris biar paham kalau dapet jurnal bahasa Inggris, juga ditanya orang luar. Penting kalau pengen kuliah di luar negeri.
20. Belajar komunikasi yang baik sama orang lain karena tugas kelompok menanti kamu.
21. Belajar ngomong dengan suara keras, nada yang enak, dan kata-kata yang nggak menegangkan demi kelancaran presentasimu.
22. Nggak usah ikut demo kalau nggak tahu masalah sebenarnya, apalagi kalau cuma demi nasi bungkus.
23. Demo panas-panas demi urusan yang nggak penting banget? Kenapa nggak lobbying aja?
24. Biasakan diri buat nggak asal copy paste artikel dari sumber lain seenak jidat.
25. Cari beasiswa biar bisa bantu orang tua, jangan asal minta aja dan dipakai sesuka hati.
26. Nggak usah pakai kendaraan yang bikin susah parkir, apalagi naik Harley Davidson sampai makan dua tempat parkir motor bahkan parkir mobil. Pikirin orang lain juga dong, mentang-mentang punya.
"Jangan pernah menutup mata dan telinga dari semua keadaan dan kritikan , terima baik dan buruk-nya sebagai pendewasaan diri tinggal bagaimana cara kita memilah yang baik untuk masa depan kita kelak" - ‪#‎PersProBemKM‬
Semoga menginspirasi teman-teman semua, dan semoga menjadi mahasiswa yang terus belajara menjadi lebih baik dan akhirnya menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya!
Source: Pemburu Beasiswa
Back To Top