Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2016

PMB UI 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2016, SNMPTN UI 2016, SBMPTN UI 2016, UI 2016, Simak UI 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru UI.
 
logo UI (source: id.wikipedia.org)
PMB UIN Walisongo 2016- Universitas yang satu ini pasti udah bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia, bahkan mungkin mancanegara. Bagaimana tidak, universitas ini termasuk kedalam tiga besar sebagai universitas terbaik di Indoensia. Wah, pasti udah mulai bisa ketebak nih, profil universitas mana yang akan kita bahas kali ini. Ya, itu adalah Universitas Indonesia. Pasti banyak dong yang mau masuk ke universitas ini, yuk kita lihat profilnya berikut ini.
Universitas Indonesia atau yang lebih populer disingkat UI, merupakan universitas yang kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat dan kampus  lainnya di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Sejarah berdirinya Universitas Indonesia tentu tidak dapat dilepaskan dari sejarah ketika penjajahan Hindia-Belanda. Pada tanggal 21 Juni 1946 NICA mendirikan sebuah Nood Universiteit atau Universitas Sementara di Jakarta. Pada tanggal 21 Maret 1947, nama Nood Universiteit diganti menjadi Universiteit van Indonesie (UVI). Setelah Jakarta berhasil diambil alih kembali, pemerintah mengembalikan BPTRI (Badan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia) ke Jakarta dan menggabungkannya dengan Universiteit van Indonesie dan memberinya nama baru Universiteit Indonesia (UI).
Dengan motto Kebenaran, Kejujuran dan Keadilan, Universitas Indonesia terus menunjukkan diri sebagai universitas yang patut diperhitungkan. UI kemudian tampil menjadi kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Prestasi UI semakin menonjol dengan secara konsisten masuk dalam daftar universitas papan atas di dunia. Menurut survey lokal yang terakhir dari Globe Asia (2008) UI juga mendapat peringkat pertama di antara universitas-universitas di Indonesia.
Wah, luar biasa bukan? Pasti kamu semakin ingin menjadi bagian keluarga besar mahasiswa UI. Ayo persiapkan dirimu untuk bisa masuk ke UI, melalui jalur-jalur berikut:
#Jalur Masuk SNMPTN UI 2016
Jalur SNMPTN atau disebut juga jalur undangan adalah jalur dimana nilai raport SMA yang diperoleh selama  semester I sampai dengan semester V dikumpulkan dengan ratusan raport siswa lainnya dan dicari siapa yang paling besar nilainya. Hanya nilai yang memenuhi kualifikasi UI yang akan lolos seleksi ini. SNMPTN juga mempertimangkan kuota yang ada. Jurusan favorit di PTN ternama pasti memiliki persaingan nilai yang lebih ketat dibandingkan di jurusan dan PTN yang lainnya. Jadi, jika kamu bermimpi untuk masuk UI, pastikan berusaha lebih giat untuk mempertahankan nilai akademikmu dan carilah peluang jurusan yang kuotanya mungkin untuk kamu masuki. Rajin-rajin juga untuk mencari info seputar SNMPTN di situs resminya www.snmptn.ac.id.
#Jalur Masuk SBMPTN UI 2016
 Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi bertaraf nasonal yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia. Jalur ini menyeleksi calon mahasiswa yang ingin masuk PTN melalui test tertulis. Ujian tertulis terdiri atas : Tes Potensi Akademik ( TPA ) dan Tes Bidang Studi ( TBS ). Tes ini tentu memerlukan persiapan matang agar mampu menaklukan soal SBMPTN yang dinilai lebih sulit daripada UN. Jadi, pastikan kamu tidak bosan untuk update info-info tentang SBMPTN, termasuk kunjungi situs resminya di www.sbmptn.or.id 
#Jalur Masuk PPKB UI 2016
Jika kamu memiliki prestasi di luar akademik sekolah, maka kamu harus mencoba jalur masuk yang satu ini. Jalur PPKB merupakan seleksi masuk UI yang mengambil penilaian berdasarkan nilai prestasidi luar sekolah. Contohnya, jika kamu pernah memenangkan  kejuaraan bulu tangkis se-Mancanegara dan ada sertifikatnya, kamu bisa menyerahkan sertifikatnya ke bagian administrasi UI dan nanti akan dipertimbangkan untuk bisa diterima di UI. Tentunya, semakin tinggi prestasi yang kamu raih, maka peluang untuk masuk ke UI juga semakin besar. Info selengkapnya dapat kamu akses di halaman resmi UI http://www.ui.ac.id 
#Jalur Masuk Simak UI 2016
 Simak UI merupakan jalur mandiri yang diadakan pihak UI untuk menerima calon mahasiswanya. Ujian yang diadakan merupakan tes tertulis seperti SBMPTN. Namun, soal dan penilaian menjadi kewenangan pihak UI sepenuhnya. Jika kamu berminat mengikuti jalur ini maka persiapkan diri dengan baik secara fisik maupun mental. Hal itu disebabkan karena meskipun cakupannya hanya satu universitas, tentu saja kamu masih harus menghadapi para pesaing yang lainnya. Info lebih lanjut mengenai pendaftaran dan info lainnya dapat dilihat di http://www.ui.ac.id
#Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi UI 2016
Siapa bilang untuk masuk ke PTN favorit harus menyiapkan biaya yang banyak? Jangan menyurutkan semangatmu untuk masuk UI jika masalah tersebut yang menjadi penghalangmu. Kemegahan dan kehebatan kampus UI tidak hanya dapat milik kalangan atas saja, namun juga membuka kesempatan untuk mahasiswa yang kurang mampu. UI terdaftar sebagai universitas yang menerima mahasiswa beasiswa bidik misi. Beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa kurang mampu namun memiliki kemampuan yang tidak kalah cemerlang untuk menjadi bagaian keluarga UI. Jadi, apalagi yang menjadi penghambatmu untuk berjuang masuk UI? Jangan lewatkan kesempatan ini dengan mengikuti pendaftaran dan persyaratan lainnya di bidikmisi.dikti.go.id.
Demikianlah profil dan beberapa jalur masuk yang bisa kamu tempuh untuk masuk ke Universitas Indonesia. Jika ingin mengenal lebih dekat universitas ini, kunjungi laman resminya di http://www.ui.ac.id
Back To Top