Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Walisongo

PMB UIN Walisongo 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru UINWalisongo 2016, SNMPTN UINWalisongo 2016, SBMPTN UlN Walisongo 2016, UINWalisongo 2016, Jalur mandiri UIN Walisongo 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru UIN Walisongo.

PMB UIN Walisongo 2016Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata walisongo? Mungkin yang terbayang adalah kisah sembilan orang wali yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Tapi, tahukah kamu? Di Jawa Tengah ada sebuah Universitas yang juga diberi nama Walisongo. Penasaran? Simak profilnya dibawah ini. 
nominasi logo UIN Walisongo (source: walisongo.ac.id)

Universitas Islam Negeri Walisongo atau disingkat menjadi UIN Walisongo adalah salah satu universitas negeri yang terletak di Jawa Tengah. Alamat lengkapnya berada di Jln. Walisongo no 3-5, Semarang, Jawa Tengah. UIN Walisongo secara resmi berdiri pada tanggal 6 April 1970 melalui Keputusan Menteri Agama RI (KH. M. Dachlan) No. 30 dan 31 tahun 1970. Latar belakang berdirinya universitas ini karena adanya tuntutan kebutuhan masyarakat Jawa Tengah yang mayoritas merupakan santri untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi sebagai tempat pendidikan pasca pesantren. Dengan demikian di satu sisi lembaga pendidikan tinggi ini harus mampu memposisikan diri sebagai penerus tradisi pesantren, sementara di sisi lain ia harus memerankan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang melakukan diseminasi keilmuan, sebagaimana layaknya perguruan tinggi.
Beberapa jalur masuk yang disediakan untuk masuk ke UIN walisongo adalah sebagai berikut:
#Jalur Masuk SNMPTN UIN Walisongo 2016
SNMPTN adalah jalur seleksi nasioanal yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolah yang didasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Hanya siswa dengan nilai akdemik yang dianggap memenuhi kriteria UIN Walisongo yang dapat lolos seleksi ini.  Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui website resmi SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id. Biasanya pihak sekolah akan membantu proses pendaftaran online ini.

#Jalur masuk SBMPTN UIN Walisongo 2016
SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional seperti SNMPTN. Perbedaannya adalah SBMPTN tidak didassarkan pada nilai raport siswa, tetapi didasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa program studi seni dan olahraga). SBMPTN terdiri dari tiga pilihan kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.  

#Jalur Masuk SPAN-PTKIN UIN Walisongo 2016
Jalur ini sama seperti SNMPTN. Namun, SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional yang khusus untuk menyeleksi calon mahasiswa untuk masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.span-ptkin.ac.id. Biaya pendaftaran gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah.

#Jalur Masuk UM-PTKIN UIN Walisongo 2016
Jika jalur yang sebelumnya mirip dengan SNMPTN, maka UM-PTKIN hampir sama dengan SBMPTN. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Islam di Indonesia yang menggunakan tes tertulis. Biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa. Info mengenai pendaftaran dapat dilihat melaui laman www.um-ptkin.ac.id. 


#Jalur masuk Bidik misi UIN Walisongo 2016
Jalur  ini merupakan jalur masuk yang disediakan untuk mahasiswa penerima beasiswa bidik misi. Bidik misi adalah biaya bantuan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik. Untuk mendapatkannya, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku yang dapat dilihat di laman bidikmisi.dikti.go.id.

#Jalur Masuk  Ujian Jalur Mandiri (UJM) UIN Walisongo 2016
Seleksi ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang dikelola langsung oleh panitia dari UIN Walisongo. Jalur mandiri ini dibuka setelah jalur-jalur di atas di tutup. Pendaftaran dilakuakan secara online melalui laman http://jalurmandiri.walisongo.ac.id/.
Demikianlah Informasi mengenai profil dan jalur masuk Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo). Info lebih lanjut dapat diakses di laman http://www.walisongo.ac.id
Back To Top