Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati 2016

PMB UIN SGD 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SGD 2016, SNMPTN UIN SGD 2016, SBMPTN UlN SGD 2016, UIN SGD 2016, Jalur mandiri UIN SGD 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru UIN SGD.
logo UIN SGD (source: id.wikipedia.org)


PMB UIN SGD 2016Banyak orang yang takut tidak bisa menyeimbangkan antara pendidikan ilmu dunia dan ilmu agama, apalagi jika sistem pendidikan yang ada lebih menuntut untuk mengejar nilai-nilai ilmu agama. Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kekhawatiran tersebut? Jika iya, jangan khawatir. Pilihan masuk ke universitas Islam bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi, di indoensia banyak universitas islam yang sudah berstatus sebagai universitas negeri. Dibawah ini akan dibahas mengenai salah satu universitas Islam Negeri di Indonesia.
Universitas Islam Negeri ini terletak di Jl. AH Nasution No. 105, Cibiru Bandung, Jawa Barat. Nama univeristas ini diambil dari nama salah seorang wali songo yang terkenal di Jawa Barat, yaitu Sunan Gunung Djati. UIN Sunan Gunung Djati atau yang disingkat menjadi UIN SGD merupakan perkembangan dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Universitas ini berdiri tanggal 8 Agustus 1968 M bertepatan dengan 10 Muharram 1388 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968. Kehadiran IAIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan hasil perjuangan para tokoh umat Islam Jawa Barat. UIN SGD mempunyai tujuan untuk menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan yang baik dalam ilmu umum maupun ilmu agama.
Ada beberapa jalur masuk yang bisa kamu ikuti agar dapat bergabung menjadi keluarga besar UIN SGD, yaitu:
#Jalur Masuk SNMPTN UIN SGD 2016
SNMPTN merupakan jalur masuk secara serentak di seluruh Indonesia yang  dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Pendaftaran SNMPTN hanya bisa dilaksanakan bagi mereka yang mendapatkan undangan jalur prestasi. Skala penilaian tes menggunakan nilai akademik yang diperoleh calon mahasiswa selama berada di SMA/ MA/ SMK/sederajat. Untuk informasi pendaftaran dapat dilihat melalui situs resmi www.snmptn.ac.id .

#Jalur Masuk SBMPTN UIN SGD 2016
SBMPTN merupakan jalur seleksi bersama yang dilakukan dengan menggunakan ujian tertulis. Seperti halnya SNMPTN, SMPTN juga dilaksanakan secara nasional. Para peserta harus mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun psikis untuk menghadapi tes ini. Sistem minus yang berlaku menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Oleh karena itu, lebih baik mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari dan jangan lupa pantau terus info terbarunya di situs resmi pendaftaran SBMPTN, yaitu  www.sbmptn.or.id.

#Jalur masuk Ujian Mandiri UIN SGD 2016
Seperti halnya universitas lain yang menerima jalur mandiri, UIN SGD juga membuka jalur mandiri yang akan dilasanakan meliputi tingkat UIN SGD saja. Ujian mandiri menggunakan penilaian berdasarkan hasil tes tertulis yang diadakan oleh pihak UIN SGD untuk para peserta yang ingin masuk ke UIN SGD, namun masih gagal menembus SNMPTN dan SBMPTN. Informasi lebih lengkap mengenai ujian mandiri dapat dilihat di laman www.uinsgd.ac.id. 

#Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi UIN SGD 2016
Jika kamu memiliki prestasi akademik yang cemerlang, bahkan berhasil lolos jalur  SNMPTN atau SBMPTN, namun merasa tidak mampu untuk membayar biaya kuliah, jangan khawatir. UIN SGD menerima mahasiswa beasiswa bidik misi. Beasiswa ini diperuntukkan untuk yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memilikim prestasi yang cemerlang. Seluruh biaya kuliah akan ditanggung oleh pemerintah, bahkan akan mendapatkan uang saku sebagai bekal hidup para mahasiswa. Info mengenai persyaratan dapat diakses melalui situs resmi bidikmisi.dikti.go.id. 


#Jalur Masuk Pendaftaran UM-PTAIN UIN SGD 2016
Jalur masuk Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM PTAIN) ini  merupakan jalur masuk khusus PTN Agama. Mereka yang tidak terjaring jalur sebelumnya diharapakan bisa ikut seleksi jalur ini. Jalur ini menggunakan kriteria penilaian tes tertulis. Untuk informasi pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi um-ptain.ac.id.

#Jalur masuk  SPAN-PTAIN Prestasi UIN SGD 2016
Jalur masuk SPAN-PTAIN merupakan jalur masuk yang dibuka untuk institusi islam negeri melalui jalur prestasi. Jalur ini dapat disamakan dengan jalur SNMPTN, hanya saja khusus agama. jadi, buat kamu yang berprestasi, jangan sia-siakan prestasi itu begitu saja. Untuk informasi pendaftaran dan info lainnya dapat dilihat melalui situs resmi span-ptain.ac.id.
Demikian profil singkat dan beberapa jalur masuk UIN SGD Bandung. Jika ingin mengetahui dan mengenal kampus ini lebih dekat, intip lebih dalam melalui laman resmi UIN SGD di http://www.uinsgd.ac.id
Back To Top