Cara Mudah Menghitung Passing Grade SBMPTN 2016

Cara Menghitung Passing Grade- Halo semuanya, sudah lama nih kita tidak membahas seputar SNMPTN dan SBMPTN. Perasaan baru hari kemarin mimin berbagi info-info seputar SNMPTN dan SBMPTN di website ini. Dan sekarang sudah mulai lagi dan membuka jilid baru menjadi SNMPTN dan SBMPTN 2016.
Cara Menghitung Passing Grade sbmptn (source: humas.unimed.ac.id)

Ngomong-ngomong jika kita membahas tentang apa itu SBMPTN, pasti kalian sering mendengar kata "Passing Grade". Apa itu passing grade?
Passing grade merupakan ukuran yang dinamis atau berubah-ubah tergantung standard yang terapkan setiap tahunnya. Terus apa gunanya Passing Grade? Passing grade sangat berguna sekali untuk mengukur tingkat keberhasilan kita dalam meraih target untuk lulus di jurusan yang diinginkan.
Mau tahu bagaimana caranya supaya kita bisa menghitung passing grade sendir? Yuk kita simak Cara Mudah Menghitung Passing Grade

#Rumus Menghitung Passing Grade

PG = (B*4) – (S*1) x 100%
                  (JS)*4                        
Keterangan :
B = Jumlah jawaban Benar.
S = Jumlah jawaban Salah.
JS = Jumlah Seluruhan soal.

#Contoh Menghitung Passing Grade

Jumlah soal SBMPTN 2016 adalah 120 soal. Pada soal Kemampuan Dasar, saya dapat menjawab BENAR 23 soal, tidak diisi 20 soal, dan SALAH 17 soal. Sedangkan pada soal Kemampuan IPS, saya dapat menjawab BENAR 37 soal, tidak diisi 10 soal, dan SALAH 13 soal. Berapa Passing Grade saya?
PG= (60 x 4) - (30 x 1)  x 100%
                120 x 4
     = 240 – 30 x 100%
                480
     = 43,75%
Bagaimana mudah bukan menghitung passing grade itu? jangan lupa baca Kumpulan Passing Grade PTN Terbaru 2016.  Semoga sahabat pendidikan indonesia semua bisa mencapai passing grade yang diinginkan :)
Back To Top