Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya 2016

PMB UB 2016- SNMPTN UB 2016- SBMPTN UB 2016- SPMK UB 2016- SPKPD UB 2016- SAP UB 2016- SPMV UB 2016- Jalur  Masuk International Student Admission UB 2016- BIDIKMISI UB 2016- Kali ini admin bakal ngeposting tentang salah satu universitas negeri yang ada di kota batu, Malang. Udah pada tahu kan universitas mana yang admin maksud? Ya, itu adalah universitas Brawijaya. Yuk kita lihat profilnya dibawah ini.

Logo UB
Universitas Brawijaya atau disingkat menjadi UB memiliki gedung rektorat di Jl. Veteran Malang, Jawa Timur. Ada juga cabang kampusnya terletak di Kediri, Kasembon, Jakarta, dan Probolinggo untuk pendidikan maupun penelitian. Tanggal 5 Januari 1963 menjadi hari jadi UB. Brawijaya sendiri adalah  nama gelar raja Majapahit, yang diberikan oleh Presiden Soekarno. Akreditasi UB yang dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mendapat nilai A. Arsitektur yang dimiliki bangunan UB sangat khas, yaitu berasitektur Jawa. Dengan visi menjadi World Class Entrepreneurial University, UB terus mengembangkan dan memperbaiki kualitas baik internal maupun eksternal kampus untuk mewujudkan visi tersebut. Hal itu terbukti dengan banyaknya prestasi yang dimiliki UB. Pada tahun 2008, UB masuk rangking 500+ dunia versi THES (QS World University Rangkings) bersama-sama 7 perguruan tinggi lain di Indonesia dan masuk peringkat 3 di antara perguruan tinggi di Indonesia versi Ditjen Dikti. Pada tahun 2010, UB mendapat penghargaan dari Smart Campus Award 2010, dimana UB menjadi yang terbaik dalam kategori The Most Interactive LocalNode. Di bidang penelitian, publikasi ilmiah dosen dan perolehan patent, pada tahun 2010 telah meraih prestasi peringkat 5 terbaik dari seluruh PT di Indonesia.
Wah luar biasa bukan? Kamu tertarik masuk kesana? Yuk kita lihat beberapa jalur masuk yang disediakan UB.
 1. Jalur Masuk SNMPTN UB 2016
SNMPTN merupakan jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai prestasi akademik yang unggul. Sistem ini mirip dengan jalur undangan. Penilaian dilakukan dengan melihat hasil akdemik siswa. Pemerintah menanggung semua biaya pendaftaran dan calon mahasiswa hanya tinggal mengkikuti prosedur yang ditentukan. Siswa melalui sekolah hanya tinggal mendaftarkan diri di . situs resmi SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id.
2. Jalur Masuk SBMPTN UB 2016
SBMPTN sama seperti SNMPTN, yaitu  seleksi yang diselenggarakan secara nasional. Setiap siswa bisa mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN ini, tidak dikhususkan untuk siswa berprestasi saja. Namun, siswa tersebut harus siap bersaing dalam tes tertulis yang diadakan sebagai penilaian dalam seleksi ini. Biaya SBMPTN ditanggung oleh peserta ujian, kecuali bagi pelamar bidik misi. Untuk pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat dilihat di situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.
3. Jalur masuk SPMK UB 2016
Jalur SPMK UB merupakan jalur seleksi melalui ujian tertulis yang dilakukan  secara khusus oleh Universitas Brawijaya. Informasi lain yang berkaitan dengan jalwad serta persyaratan dan lainnya saat ini bisa di akses di laman http://selma.ub.ac.id/spmk/.
4.Jalur  Masuk SPKPD UB 2016
SPKPD (Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Jadi, UB menerima kesempatan untuk yang mempunyai diabilitas agar tetap dapat masuk ke PTN. Seleksi dilakukan kepada calon mahasiswa penyandang disabilitas sesuai kemampuan dengan Jurusan yang dipilih. Informasi lainnnya bisa di lihat di laman http://selma.ub.ac.id/.
5. Jalur Masuk SAP UB 2016
Seleksi Alih Program (SAP) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa bagi mahasiswa yang telah berpendidikan Sarjana Muda atau Diploma III untuk melanjutkan pendidikan ke jemjang Strata 1 (S1). Seleksi diadakan oleh pihak fakultas masing-masing yang ada di Universitas Brawijaya (UB). Informasi lebih lanjut bisa dibaca di laman http://selma.ub.ac.id.
6. Jalur  Masuk SPMV UB 2015/2016
SPMV (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Vokasi) merupakan seleksi ujian tertulis untuk Program Diploma I dan Diploma III yang  dilaksanakan setelah seleksi nasional. Informasi lainnya mengenai jadwal pelaksanaan, persyaratan dan lainnya bisa dibaca di laman http://selma.ub.ac.id.
7. Jalur  Masuk International Student Admission UB 2016
Seleski International Student Admission adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang bukan warga negara indonesia yang ingin kuliah di Universitas Brawijaya (UB). Seleksi ini dilaksanakan berdasarkan kerjasama dengan pihak luar negeri. Salah satu persyaratannya adalah harus memiliki score Toefl minimal 500 dan score IELTS 5,5. Informasi lainnya bisa diakses di laman http://selma.ub.ac.id.
Demikianlah Informasi tenatang profil dan jalur masuk Universitas Brawijaya (UB). Informasi lebih lanjut mengenai UB dapat dilihat di situs resminya http://ub.ac.id/
Back To Top