Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2016

PMB UIN Malang- SNMPTN UIN Malang 2016- SBMPTN UIN Malang 2016- SPAN-PTKIN UIN Malang 2016- Mandiri  UIN Malang 2016- Santri Berprestasi UIN Malang 2016- Bidik Misi UIN Malang 2016- Jika kamu sedang mencari Universitas Islam yang merupakan universitas negeri, UIN yang satu ini cocok untuk direkomendasikan, terutama untuk kamu yang berdomisili di Malang. Simak profilnya dibawah ini.
Logo UIN Malang (source: logouniversitasindonesia.blogspot.com)

Universitas Islam Negeri Malang atau Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim terletak di Jalan Gajayana No. 50 Malang, Jawa Timur. Maulana Malik Ibrahim diambil dari nama salah seorang Walisongo yang dikenal sebagai Sunan Gresik. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang berdiri tanggal 21 Juni 2004 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50.  Berdirnya UIN Malang  bermula dari gagasan para tokoh Jawa Timur untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam di bawah Departemen Agama. Dulunya UIN ini sempat diberi nama Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS) sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Sudan. Pengajaran di UIN Malang tidak hanya menggunakan metode-metode ilmiah melalui penalaran logis seperti observasi dan eksperimentasi, tetapi juga bersumber dari al-Qur’an dan Hadits yang selanjutnya disebut paradigma integrasi. Melalui model pendidikan semacam itu, diharapkan akan lahir lulusan yang berpredikat ulama yang intelek profesional dan atau intelek profesional yang ulama.
Ada beberapa jalur masuk yang disediakan oleh UIN Malang agar bisa diterima disana, yaitu:
1. Jalur Masuk SNMPTN UIN Malang 2016
SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan untuk siswa berprestasi di sekolah berdasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Pendaftaran dimulai oleh sekolah dengan mengisi data-data siswa ke PDSS. Kemudian siswa melakukan verifikasi dan melakukan pendaftaran online melalui www.snmptn.ac.id. Biaya pendaftaran gratis kerena sudah ditangung oleh pemerintah.
2. Jalur Masuk SBMPTN UIN Malang 2016
SBMPTN juga merupakan jalur seleksi berskala nasional seperti SNMPTN. Perbedaannya adalah SBMPTN menggunakan penilaian berdasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa program studi seni dan olahraga). SBMPTN terdiri dari tiga pilihan kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Biaya ditanggung oleh masing-masing peserta, kecuali bagi pelamar beasiswa Bidik misi akan ditanggung pemerintah. Info pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat dilihat melalui situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.
3. Jalur Masuk SPAN-PTKIN UIN Malang 2016
SPAN-PTKIN sama seperti jalur SNMPTN. perbedaannya adalah SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional yang khusus untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan masuk ke Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Biaya pendaftaran gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Pendaftaran dan info lainnya dapat diakses melalui laman www.span-ptkin.ac.id.
4. Jalur Masuk UM-PTKIN UIN Malang 2016
Jalur UM-PTKIN hampir sama dengan SBMPTN, yaitu menggunakan tes tertulis. UM-PTKIN dikhususkan untuk mereka yang ingin mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri Islam. Seperti SBMPTN, biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa. Info mengenai pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi  dapat dilihat melaui laman www.um-ptkin.ac.id.
5. Jalur Masuk Mandiri  UIN Malang 2016
Jalur Mandiri merupakan jalur lokal yang dibuka oleh kampus UIN Malang. Tujuannya adalah menyaring mahasiswa yang tidak kalah berprestasi yang belum lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN. Semua proses dapat diakses di situs resmi UIN Malang di pmb.uin-malang.ac.id.
6. Jalur Santri Berprestasi UIN Malang 2016
Jalur ini  khusu bagi mereka yang menempuh pendidkan selama sekolah di pesantren dan memiliki prestasi. Persyaratan seleksi ini adalah harus lulus sebagai santri yang berpestasi. Info pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat dilihat disitus resmi www.uin-malang.ac.id
7. Jalur Masuk  Beasiswa Bidik Misi UIN Malang 2016
Jalur ini akan memberikan bantuan biaya pendidikan 100 %. Beasiswa ini hanya diperuntukan bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu saja. Untuk mendapatkannya, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku yang dapat dilihat di laman bidikmisi.dikti.go.id.
Demikianlah Informasi mengenai profil dan jalur masuk Universitas Islam Negeri Malang. Info lebih lanjut dapat diakses di laman http://uin-malang.ac.id/
Back To Top