10 Provinsi dengan Ujian Nasional Terjujur dan Berintegritas!

Provinsi Berintegritas - Rasanya masih terbayang dan teringat saat-saat menulis nama di LJK UN atau mungkin masih terasa bagaimana 'deg-degannya' kamu siswa Kelas XII SMA saat menjawab setiap soal UN. Padahal pelaksanaan UN adalah bulan April kemarin, tapi sekarang sudah giliran adik-adik Kelas IX SMP yang mengalami hal mendebarkan itu. Meskipun begitu, UN adalah salah satu momen dalam kehidupan yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Ujian Nasional

Banyak hal yang dilakukan oleh siswa bahkan orang tua siswa untuk membuat anak-anaknya lulus UN. Les privat, les di lembaga-lembaga besar dengan jaminan 100% lulus, tapi ada juga yang rela menghabiskan sebagian uangnya untuk membeli jawaban soal-soal UN yang konon katanya bisa mencapai lebih dari Rp 1 Juta untuk satu mata pelajaran. Ada-ada saja memang, tapi siswa dan orang tua mana yang tak ingin anaknya lulus?

Baca Juga:  Lowongan Kerja Besar KEMENDESA Khusus SMA/SMK, D3, dan S1 Semua Jurusan

Tapi ingat, melakukan hal-hal curang bukanlah merupakan hal yang terpuji dan harus ditiru. Justru dengan melakukan hal-hal jujur lah yang akan mengantarkan kita ke gerbang kesuksesan. Betul?
Sejak tahun 2015, UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa, baik itu di tingkat SMA maupun SMP.

Namun, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menambahkan penilaian pada kejujuran siswa dalam mengerjakan soal atau Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN).
Pasca pengumuman hasil UN beberapa hari yang lalu Mendikbud,  Anies Baswedan, memaparkan 10 provinsi peraih IIUN tertinggi untuk jenjang SMA dan sederajat berdasarkan perhitungan pada UN berbasis kertas pensil (UNKP). Provinsi manakah saja itu? Ini dia:
Kelompok IPA:
1. DI Yogyakarta     :    78,36
2. Bangka Belitung    :    76,69
3. Banten        :    73,39
4. Kalimantan Timur    :    73,23
5. DKI Jakarta        :    73,18
6. Jawa Barat        :    72,88
7. Kepulauan Riau    :    72,29
8. Bengkulu        :    71,84
9. Jawa Tengah        :    71,06
10. Kalimantan Utara    :    70,23

Kelompok IPS
1. DI Yogyakarta    :    77,81
2. Bangka Belitung    :    76,82
3. DKI Jakarta        :    76,02
4. Bengkulu        :    74,69
5. Kepulauan Riau    :    73,48
6. Kalimantan Timur    :    73,26
7. Banten        :    73,16
8. Gorontalo        :    72,00
9. Jawa Barat        :    71,98
10. Kalimantan Utara    :    71,01

Mendikbud Anies Baswedan menambahkan, provinsi-provinsi dengan sekolah yang memiliki IIUN tinggi harus terus mempertahankan kejujuran dalam pelaksanaan UN. "Beberapa provinsi yang turun IIUN-nya karena banyak yang beralih ke UNBK, sedangkan yang dihitung ini berdasarkan hasil UNKP," tandasnya.

Baca Juga:  Surat Terbuka Khusus untuk Kamu yang masih harus Berjuang Demi Mendapatkan PTN Impian!

Bagaimana? Apakah Provinsi mu masuk dalam ke-10 urutan di atas? Selamat kepada Provinsi DI Yogyakarta yang menempati urutan pertama. Sangat patut untuk di contoh bagi provinsi-provinsi lainnya untuk terus meningkatkan kualitas siswanya dan juga tentunya terus pertahankan prestasi ini seperti yang dikatakan oleh bapak menteri kita. Ayo kita berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan jangan sampai kita terjerumus ke dalam lubang kecurangan yang akan membuat hidup kita merugi seumur hidup!!!
Back To Top