5 Skill ini Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa Baru

Skill Mahasiswa - Angkat tangan dong yang lulus seleksi SNMPTN! Selamat ya atas kelulusannya dan selamat datang juga di kampus kalian masing-masing. Kalo yang ikut SBMPTN gimana? Masih harap-harap cemas nunggu pengumuman tanggal 28 Juni nanti? Wah, admin jadi ikut nervous nih! Tapi jangan sampai kecemasan itu membuat kamu malas mempersiapkan segala kemungkinannya ya?
Skill Mahasiswa Baru

By the way, buat kamu para mahasiswa baru jangan sampai kamu pun tidak menggunakan waktu senggangmu dengan sebaik mungkin sebelum masa perkuliahan dimulai. Waktu senggang ini bisa kamu manfaatkan untuk mempersiapkan diri menghadapi kehidupan yang serba baru. Tentunya tidak sedikit diantara kamu yang akan menjadi anak rantauan di negeri orang dan mulai berpisah dengan sanak saudara di kampung halaman.

Baca Juga:  BEASISWA S1 PENDIDIKAN ISLAM FULL GRATIS

Nah, untuk menghadapi itu semua kamu harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh, kalau tidak, mungkin kamu akan terus-terusan ingin pulang dan tidak betah dengan lingkungan barumu. Di bawah ini ada beberapa hal umum yang wajib diketahui dan pasti akan mahasiswa baru pertanyakan kepada kakak tingkatnya dan juga bagaimana kiat-kiat untuk mengaturnya. Check it out!

1. Adaptasi dengan iklim cuaca baru

Kalo kita ibaratkan, orang Indramayu yang sudah terbiasa dengan cuaca panasnya akan merasa sedikit 'sulit' ketika mereka mulai pindah ke daerah Batu, Malang yang memiliki iklim cuaca dingin. Kamu pernah merasakannya? Akan sedikit 'tersiksa'  ya kalau seandainya kita mengalami hal tersebut, begitu pun sebaliknya dari daerah dingin ke daerah panas. Membutuhkan waktu yang cukup lama pula untuk membiasakan diri dengan perubahan cuaca di suatu daerah.
Maka dari itu, rajinlah kamu berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu agar kondisi fisik kita akan selalu fit dalam keadaan apapun. Biasanya kalo sudah jadi mahasiswa, rasa malas untuk berolahraga akan meningkat 'tajam' dengan berbagai alasan, seperti 'Malam kemarin aku gadang, jadi pagi ini aku mau bayar hutang tidur'. Usahakan untuk dihindari, ya?

2. Mandiri

Apakah kamu terbiasa dibangunkan di pagi hari ketika akan berangkat sekolah oleh mama papa? Apakah setiap sarapan kamu selalu dilayani? Makan siang sudah tersaji di meja makan setiap pulang sekolah? Mungkin semuanya juga seperti itu, ya?
Mulai sekarang kamu harus bisa belajar mandiri. Masak sendiri, nyuci sendiri, ngatur uang sendiri, bangun pagi sendiri. Kalau bukan kamu sendiri yang ngelakuin, mau sama siapa lagi? Anak rantauan tentunya wajib untuk bisa lebih mandiri, apalagi kalau kamu berniat melanjutkan studi ke luar negeri. Dimulai dari hal kecil seperti masak sendiri dan nyuci sendiri lah yang mungkin saja akan membawamu ke gerbang kesuksesan, siapa yang tahu?

3. Komunikasi

Saat kuliah nanti kamu akan menemukan banyak sekali keunikan dan perbedaan di antara teman-temanmu, karena mereka akan berasal dari berbagai daerah dengan bahasa dan kebudayaan yang berbeda. Situasi ini lah yang harus bisa membuatmu untuk memperkuat kemampuan berkomunikasi. Tentunya supaya bisa memiliki jaringan yang lebih luas, bukan hanya dengan teman sekelasmu saja, tapi dengan teman satu jurusan, kakak tingkat, teman dari berbagai fakultas, bahkan dengan dosen.
Berkomunikasi dengan dosen, akan berbeda dengan cara kita berkomunikasi dengan teman. Harus bisa kamu bedakan dan juga perlu kamu ingat bahwa setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan dosen-dosen, karena itu akan menambah nilai plus mu di mata mereka.

4.  Percaya Diri

Kalau kamu memiliki rasa minder dan tidak percaya diri ketika sekolah di SMA, maka di masa perkuliahan harus kamu hindari! Tak sedikit mahasiswa yang bisa merubah hal tersebut ketika mereka mulai berbaur dengan lingkungan baru di perkuliahan, karena mereka selalu membiasakan diri untuk maju ke depan kelas, aktif bertanya, aktif berpendapat, dsb. Kamu harus bisa tunjukkan kalau kamu bisa berkompetisi dengan yang lainnya dalam berbagai hal positif, terlepas kamu berasal dari kampung nun jauh disana atau kamu memiliki sifat pemalu yang termat malu.

5. Manajemen Waktu

Dalam setiap perkumpulan mahasiswa baru, admin sering mendengar satu pertanyaan umum yang sering sekali ditanyakan yaitu "Kak, bagaimana cara mengatur waktu kuliah dan organisasi kita?". Sangat umum tapi wajib untuk kamu ketahui. Biasanya mahasiswa baru akan tertarik dengan hal-hal baru di kampus, salah satunya adalah kegiatan ekstra mahasiswa atau organisasi baik dalam kampus maupun di luar kampus. Biasanya mereka akan mencobanya satu persatu, bahkan ada yang mengikuti beberapa ekstra atau organisasi dalam satu waktu. Hal itu memang bagus, tapi akan membuat kamu kewalahan mengaturnya.

Baca Juga:  Fakta Unik USM PKN STAN yang Wajib Kamu Ketahui!

Ikutilah ekstra atau organisasi sesuai dengan porsi waktu dan kemampuanmu. Jangan sampai kamu melupakan hal terpenting ketika kamu mulai meninggalkan rumahmu ke perantauan, yaitu belajar dan kuliah. Kamu harus bisa membagi waktumu untuk kuliah dan organisasi. Mulailah membuat jadwal per hari dalam catatan harian dan lakukan hal-hal yang menjadi prioritas terlebih dahulu. Kemampuan mengatur waktu ini bukan hanya akan bermanfaat pada masa kuliah saja, tetapi akan sangat berguna juga ketika mulai masuk dunia kerja. Tentunya dengan mengatur waktu, akan membuat hidup kita lebih disiplin dan juga teratur.
Itulah beberapa hal umum yang wajib mahasiswa baru tahu dan wajib mahasiswa baru lakukan. Persiapkanlah dari sekarang supaya kamu bisa terbiasa. Selalu ingatlah bahwa kita pergi menuntut ilmu adalah untuk mempersiapkan diri lebih baik menghadapi masa yang terus berubah dan tentunya untuk membuat orang tua kita bangga bahwa kita bisa menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi bangsa dan negara.
"Salah satu kunci terpenting untuk sukses adalah keprcayaan diri. Dan kunci dari kepercayaan diri yang sempurna adalah persiapan" ­-Anonimous-
Back To Top