Kemampuan yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru

Kemampuan yang Wajib Dimilik Mahasiswa Baru- Menjadi mahasiswa bukan hanya ilmu yang didapat, tetapi peubahan pola pikir dan perilkau juga pasti akan kamu dapatkan ketika kamu sudah menjadi seorang MAHASISWA. Ketika kamu sudah menjadi mahasiswa, maka tinggakanlah segala sifat dan sikap buruk anda yang tidak berguna itu. Apalagi buat kamu yang kuliah diluar kota, kamu harus menjadi orang yang tangguh serta survive. Karena gak bisa dipungkiri, ketika kamu dalam perkuliahan, kamu akan mendapat  segala rintangan dan masalah yang beragam. dan kamu harus cerdas dalam megalahkan masalah-masalah tersebut.
Khusus kamu yang kuliah diluar kota, selain urusan akademik dan organisasi, kamu juga akan disibukan dengan urusan rumah tangga yang biasanya dikerjakan oleh orang tua kamu yang ada dikampung halaman.
Dilansir dari Campus Grotto, berikut beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa baru dalam mempersiapkan masa kuliahnya.
Foto Mahasiswa Baru

1. Cara mencuci baju

Foto mencuci

Beberapa mahasiswa memilih untuk mencuci baju kotor di laundry satu minggu sekali. Tapi, untuk menghemat biaya, tidak ada salahnya jika kamu mencuci pakaianmu sendiri. Apalagi, jika tempat kos mu menyediakan tepat untuk menjemur pakaian.

2. Cara melipat baju

Foto Melipat Baju

Jika kamu tidak bisa melipat baju dengan benar, maka baju-baju yang ada di lemarimu bisa kusut. Mulailah untuk belajar melipat baju dengan lipatan yang tepat. Melipat baju bukan hal yang sulit sehingga kamu harus bisa menguasainya dengan baik.

3. Cara menyetrika baju

Foto Menyetrika

Hal yang kamu lakukan jika bajumu kusut adalah menyetrika baju tersebut. Jadi, jangan lupa bawa alat penyetrika baju saat kamu pindah ke tempat kos. Lalu,berlatihlah jika kamu belum tau menyetrika baju dengan benar.

4. Memakai dasi

Foto memakai dasi

Beberapa acara penting atau formal mengharuskanmu untuk memakai dasi. Belajarlah tentang cara memakai dasi dengan baik dan rapi. Kamu bisa minta diajarkan oleh orang tua, teman, atau bahkan melihat video tutorial di internet.

5. Cara parkir yang baik dan benar

Foto Parkir

Khusus bagi kamu yang membawa mobil ke kampus, saatnya untuk belajar parkir secara paralel. Lahan parkir di kampus tidak begitu luas, sedangkan banyak mahasiswa dan dosen yang membawa mobil. Kalau kamu tidak ahli dalam parkir, mobilmu bisa saja bergesekan dengan mobil lain dan itu dapat merugikan dirimu sendiri.

6. Cara memulai percakapan

Foto Percakapan

Kamu harus banyak kenalan dengan orang banyak saat di kampus. Hal ini diperlukan untuk membangun jaringan yang luas dalam pergaulan. Mulailah berinisiatif untuk mengajak bicara seseorang, dimulai dari senyum lalu memulai sebuah percakapan.

7. Cara menjaga kesehatan

Foto Lari

Banyak mahasiswa yang kurang memperhatikan pola makannya. Kesehatan itu penting, jadi kamu harus mulai disiplin untuk mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga staminamu selama kuliah.

8. Cara mengatur diri

Foto Smile

Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam tugas dan kegiatan selama kuliah. Tetaplah menjadi mahasiswa yang penuh dengan persiapan. Gunakan beberapa aplikasi untuk menuliskan apa saja yang harus kamu selesaikan agar tidak terlewat.

9. Cara belajar

Foto Belajar

Tujuan akhir dari kuliah adalah untuk tujuan akademis. Oleh karena itu, gunakan teknik belajar yang efektif. Selain itu, persiapkan segala hal dengan baik jelang ujian.
Gimana, kamu sudah memiliki salah-satu kemampuan diatas belum? kalau sudah, kamu sudah layak deh menjadi seorang mahasiswa. dan bagi kamu yang belum, belajarlah dan terus mencoba. Insyalloh kedepannya kamu juga akan memiliki kemampuan-kemampuan yang disebutkan diatas.
Source: Okezone.com
Back To Top