11 Fakta Unik UKT yang Wajib Kamu Ketahui, Hey Mahasiswa!

Fakta UKT- Wah sebentar lagi pengumuman sbmptn 2015 akan segera diumumkan guys. Gak terasa ya, kita sudah menunggu hampir sebulan hanya untuk menunggu pengumuman sbmptn.
Bagi kamu yang sudah lolos snmptn, mungkin kamu sudah diberitahu berapa besaran ukt yang harus kamu bayar. sebelum itu, apakah kalian sudah tahu apa itu ukt, dan apa fakta-fakta yag menyangkut tentang ukt? Jika belum tahu, yuk kita intip 11 fakta Unik mengenai UKT!
Foto UKT (Source: www.tempo.co)

1. UKT merupakan singakatan dari Uang kuliah tunggal, artinya kamu akan membayar besaran uang yang sama setiap semesternya (sampai kamu lulus) tanpa ada perubahan sepeserpun.
2. Dengan UKT kamu gak perlu bayar uang muka/pangkal, dengan adanya ukt kamu tidak akan direpotkan dengan bayaran uang pangkal/bangunan/etc yang besarannya puluhan juta.
3. UKT banyak golongannya, dari mulai golongan 1 s/d tak terhngga, tergantung kampusnya masing-masing
4. UKT diberlakukan sejak tahun 2013, Sejak tahun tersebut UKT resmi diberlakukan.
5. UKT adil lho, cuman dalam praktiknya masih ada saja yang penetapan besaran biaya uktnya belum transparan dan belum sesuai dengan ekonomi mahasiswa.
6. UKT itu simpel dan gak ribet, kamu haya perlu membayar uang kuliah sekali  per-semester.
7. UKT itu memberikan kesempatan kepada seluruh kalangan untuk menikmati kuliah lho. Kebanyakn masyarakat gak mampu mengkuliahkan ankanya, karena uang masuk ke ptn itu sangat mahal.
8. UKT itu program pemerintah lho. Ya, kalau bukan program pemerintah, ngapain diikuti oleh semua PTN -,-
9. UKT itu menguntungkan lho, bagi kamu yang benar-benar mengisi data penghasilan orangtua, pasti kamu akan beruntung, karena uktmu pasti akan sesuai.
*Sekedar informasi, isilah penghasilan orngtuamu setelah dipotong keperluan urgent keluargamu. Contoh, penghasilan asli ayah kamu 2jt/bulan, tetapi setelah dikurangi biaya ini itu, sisanya sebesar 1jt. Nah yang 1jt inilah yang harus kamu masukan dikolom penghasilan orang tua.
Ya kebanyak mahasiswa baru gak terlalu tahu dan gengsi dengan pengisian penghasilan orangtuanya. Dan akibatnya UKTnya Besar dan menyalahkan pihak kampus, padahal itu kesalahan kamu sendiri pas ngisi penghasilan orangtua.
10. UKT itu ibaratnya bonus bagi kamu yang lulus SNMPTN dan SBMPTN. Buat kamu yang UM, itu kembali ke kebijakan kampusmu masing-masing ya!
11. UKT itu banyak barokahnya lho, karena dengan subsidi silang orang yang berlebih bisa membantu orang yang membutuhkan. Lumayan menanam pahala bro.
*Berusahalah jujur dalam mengungkapkan sesuatu, termasuk dalam pengisian penghasilan orangtuamu. Jangan gengsi jika penghasilan orangtuamu kecil, toh akibatnya akan menyusahkan kamu sendiri dan orangtuamu nanti. Dan yang terpenting janganlah mengecilkan penghasilan orangtuamu, karena itu akan merugikanmu dan orang lain, Dosa bro dosa.
Semoga bermanfaat, dan silakan dibagikan ke teman-teman terbaikmu. Agar mereka tidak terjebak dengan ketidaktahuannya tentang UKT.
Back To Top