5 Jurus Jitu Tangkis Plonco Saat OSPEK

Tangkis Plonco- Momentum yang paling mendebarkan itu ketika mengikuti Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek), apalagi OSPEK jurusan. Mendebaran karena kerap diusili sama senior, dibentak, disuruh-suruh, dan setiap harinya disuruh bawa benda-benda aneh, dan makanan yang misterius (sulit dicari) ke kampus.
Meskipun mendebarkan, mengesalkan, mengiris hati karena kita harus patuh kepada senior, Ospek merupakan kewajiban bagi mahasiswa baru, apa yang ditugaskan oleh senior saat Ospek harus dilaksanakan sepenuh hati, meskipun kenyataannya sulit sekali.
Foto Tangkis Plonco
Jika mahasiswa baru melanggar ketentuan dengan tidak mengenakan, menambah dan membawa apa yang menjadi permintaan panitia Ospek, siap-siap saja mahasiswa baru tersebut akan diplonco. Begitu kira-kira yang akan dihadapi mahasiswa baru dengan penuh kewaspadaan.
Terus, apa saja yang harus dilakukan mahasiwa baru agar bisa mempertahankan diri dari dan  menangkis plonco dari senior yang menjadi panitia Ospek. Ini dia lima cara menghindari bentuk perploncoan ketika ospek berlangsung.
1. Jika senior ingin melakukan plonco, mahasiswa baru harus balik menakuti senior dengan mengaku mempunyai kakak atau saudara yang juga senior di kampus tersebut. Hal ini bisa saja menciutkan nyali senior untuk mengerjai mahasiswa baru jika mempunyai bekingan kakak kandung atau saudara di kampus yang sama.
2. Mahasiswa yang coba diplonco senior harus berani mengadukan kepada pihak kampus jika mengalami muatan kekerasan baik verbal, psikis, seksual maupun fisik. Jangan pernah takut terhadap senior bila mereka melakukan perilaku yang tidak beradab.
3. Mahasiswa baru yang bakal dikerjai seniornya harus kompak untuk mengatakan tidak atas perbuatan yang tidak manusiawi dari para senior. Laporkan kepada orangtua atau masyarakat jika tindakan kekerasan di kampus tersebut dianggap keterlaluan. Bila perlu sebarkan kepada media jika adanya perilaku kekerasan di kampus tersebut.
4. Agar terhindar dari perbuatan yang tidak menyenangkan dari para senior saat Ospek, mahasiswa baru harus menunjukan hormat kepada mahasiswa senior dan mengerjakan apa yang menjadi PR ketika Ospek berlangsung. Lagipula, Ospek hanya berlaku sebentar dan bukan berarti harus tunduk dikerjain terus-terusan mahasiswa senior.
Sebagai warga lama di kampus mahasiswa senior ingin sekali dihormati adik-adik kelasnya. Karena hal ini sebagai bentuk tanggungjawab mahasiswa baru jika sudah mulai tahapan perkuliahan.
5. Bagi mahasiswa baru diharap jaga perilaku ketika Ospek berlangsung. Tidak bersikap sombong, judes, angkuh, dan bergaya bak artis di hadapan senior. Sebab, panitia Ospek kerap mencari sasaran ploco yakni mahasiswa baru yang dianggap tengil dan belagu.
Maklum, mahasiswa senior yang sudah lama menginjak bangku kuliah tidak ingin disaingi para mahasiswa baru yang ingin kuliah di kampus.
Demikianlah lima trik menghadapi perploncoan ketiak ospek. Semoga bisa membantu kamu untuk bisa menghindari segala bentuk bully dari senior. Namun, kamu juga jangan anti sekali terhadap OSPEK, karena tak selamnya ospek itu negatif.
Source: Okezone.com
Back To Top