Daftar Beasiswa Kuliah S2 2016

DAFTAR BEASISWA KULIAH S2- Beasiswa merupakan bantuan pendidikan berbentuk biaya kuliah, maupun biaya tambahan lainnya. Setiap orang mungin sangat menginginkna beasiswa, apalagi jia seseorang tersebut tergolong orang yang tidak mampu secara ekonomi.
Melanjutkan kuliah dari S1 ke S2 sangat diidam-idamkan oleh setiap orang, baik itu kuliah di dalam, maupun di luar negeri. Berikut daftar Beasiswa kuliah S2 2016!

Foto Beasiswa Luar negeri (source: eightishad.wordpress.com)

1. Beasiswa Kuliah S2 Beasiswa Kuliah di University of Adelaide
University of Adelaide terbilang rutin menawarkan beasiswa kuliah S2. Melalui skema Adelaide Scholarships International (ASI), Anda bisa merebut beasiswa S2 di kampus tersebut.
Tanggungan biaya kuliah diberikan selama dua tahun bagi kandidat terpilih yang mengambil gelar Master Degree by Research. Selain itu disediakan pula biaya hidup $ 25.849 per tahun dengan jangka waktu dua tahun untuk beasiswa S2. Jika peraih beasiswa memegang visa subclass 574 juga memperoleh asuransi kesehatan, termasuk untuk pendamping dan tanggungan yang ditetapkan sesuai standar Overseas Student Health Cover (OSHC) Worldcare. Pemohon bisa mendaftar secara online melalui laman University of Adelaide. Pendaftaran dibuka tiga kali setahun.

2. Beasiswa Kuliah di Leiden University Penawaran beasiswa S2 di Leiden University salah satu yang diumumkan rutin bagi pelamar internasional, seperti Indonesia. Namanya Leiden University Excellence Scholarship programme (LExS). Semua perkuliahan bergelar MA, MSc, dan LLM di universitas tersebut bisa dilamar dengan mengikuti beasiswa LExS. Beasiswa LExS diberikan berupa biaya kuliah, mulai parohan hingga full. Nilai beasiswa yang diperoleh tersebut bergantung pada penilaian seleksi, serta ketersediaan dana di masing-masing fakultas. Mulai dari € 10.000, € 15.000, serta tanggungan biaya kuliah penuh. Permohonan beasiswa cukup diajukan bersama pendaftaran ke Leiden University (www.leidenuniv.nl). Pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah.

3. Beasiswa Kuliah di Malaysia
Program beasiswa ini terbilang rutin ditawarkan Pemerintah Malaysia. Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP) – ASEAN Masters Scholarship. Beasiswa MTCP bagi warganegara ASEAN untuk mengambil S2 di universitas-universitas Malaysia. Penerima beasiswa MTCP akan memperoleh beasiswa S2 penuh yang meliputi tiket pesawat ke Malaysia, biaya kuliah, tunjangan pemeliharaan bulanan, biaya tahunan untuk buku dan perjalanan domestik, asuransi kesehatan, hibah untuk instalasi dan pemutusan, tunjangan tesis, dan visa. Permohonan beasiswa dilakukan secara online di laman Kementerian Pendidikan Malaysia. Pendaftaran biasanya dibuka Juni.

4. Beasiswa Kuliah di University of Westminster Bagi Anda yang mengincar beasiswa kuliah di Inggris, penawaran beasiswa dari University of Westminster ini bisa menjadi salah satu pilihan. Westminster International Scholarships. Program beasiswa S2 ini dibuka dua kali setahun bagi pelamar yang ingin mengambil program master full-time di University of Westminster. Pemenang beasiswa akan mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah, juga diberikan akomodasi, biaya hidup, serta tiket pesawat pp ke London. Pendaftaran biasanya dilakukan mulai awal tahun dan pertengahan tahun.

5. Beasiswa Kuliah di University of Melbourne
University of Melbourne tak kalah gencarnya dalam menawarkan sejumlah program beasiswa bagi mahasiswa internasional. Lebih dari 150 kuota disediakan melalui Melbourne International Research Scholarships (MIRS). Beasiswa di antaranya meliputi tunjangan hidup setiap dua minggu, dana relokasi di Melbourne, tunjangan penelitian, dan bantuan dana jika sakit, hamil, atau cuti mengasuh anak. Selain itu disediakan asuransi kesehatan bagi mahasiswa internasional (OSHC) untuk keanggotaan tunggal. Sedangkan biaya pendidikan (tuition fee) menjadi tanggungan kandidat terpilih. Pendaftaran beasiswa melalui laman universitas (my.unimelb.edu.au) dilakukan dua kali setahun. Permohonan yang diajukan sebelum 31 Oktober (putaran 1) dan aplikasi yang diajukan sebelum 31 Mei (putaran 2).

6. Beasiswa Kuliah di Jerman
Beragam beasiswa kuliah di Jerman bisa diikuti tiap tahun. Salah satu yang paling dikenal adalah beasiswa DAAD. Beasiswa ini memiliki beragam jenis, di antaranya adalah Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses atau lebih sering disebut Beasiswa Epos. Beasiswa ditujukan bagi para profesional di negara berkembang yang memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun. Bisa dari pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta. Beasiswa terbuka untuk kuliah S2 di Jerman. Pengajuan beasiswa langsung ditujukan ke universitas. Deadline berkisar September – November.

7. Beasiswa Kuliah di University of Bradford
Beasiswa kuliah S2 lainnya yang tersedia di Inggris adalah University of Bradford Global Development Scholarship. Beasiswa ini ditujukan bagi warganegara berkembang yang ingin melanjutkan studi S2 di University of Bradford. Kandidat terpilih akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah penuh (tuition fee), akomodasi, plus biaya hidup setiap tahun sebesar £3.500 yang dibayarkan bertahap. Total nilai dari masing-masing beasiswa sekitar £20.000. Pelamar dapat mengajukan permohonan beasiswa terlebih dahulu, sebelum mendaftar ke University of Bradford (www.bradford.ac.uk). Pendaftaran beasiswa biasanya sudah bisa dipantau Maret atau April.

8. Beasiswa Kuliah di UNIST
Bagi peminat beasiswa kuliah di Korea, beasiswa dari Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) mungkin bisa dicoba. Melalui School of Urban and Environmental Engineering, UNIST menawarkan UNIST Scholarships for MS and PhD Position in Republic of Korea. Beasiswa ini khusus bagi kandidat internasional, seperti Indonesia. Beasiwa ini berdurasi dua tahun untuk master yang meliputi tanggungan penuh biaya kuliah dan biaya hidup di Korea. Selain itu disediakan pendanaan untuk konferensi tahunan. Pendaftaran beasiswa dilakukan dua kali setahun.

9. Beasiswa Kuliah di MIST Peluang beasiswa kuliah S2 ini tersedia di Masdar Institute of Science and Technology (MIST), Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). 10 beasiswa penuh jenjang master tersedia bagi mahasiswa terbaik asal Indonesia. MIST bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), sehingga lulusan MIST akan menerima sertifikat MIT yang menyatakan kesataraan akademik antara MIST dan MIT. Beasiswa yang diberikan mencakup 100 persen biaya kuliah, buku, laptop, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, tiket pulang, tempat tinggal, termasuk penggantian biaya ujian tes GRE dan TOEFL. Pendaftaran biasanya sudah ditutup sebelum 31 Mei dan dapat ditanyakan melalui email KBRI Abu Dhabi.
10. Beasiswa Kuliah di Taiwan Program beasiswa kuliah di Taiwan ini cukup rutin ditawarkan. Namanya Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program yang disediakan oleh Taiwan ICDF. Selain biaya kuliah dan biaya hidup, beasiswa Taiwan ICDF juga menyediakan tiket penerbangan PP ke Taiwan serta asrama mahasiswa untuk tempat tinggal. Tunjangan hidup bulanan diberikan sebesar NT$ 15.000 atau setara US$ 500 bagi mahasiswa program master. Beasiswa diberikan selama 2 tahun untuk program master. Sebelum mengajukan beasiswa ini, pelamar terlebih dahulu juga diminta mendaftar ke universitas yang diminati. Pendaftaran online beasiswa melalui laman Taiwan ICDF (www.icdf.org.tw) biasanya sudah harus dilakukan sebelum pertengahan Maret.
Source: Sahabat Beasiswa
Back To Top