Guru ini Mendunia Karena Surat Resignnya yang Inspiratif

Surat Resign Seorang Guru- Akhir-akhir ini netizen china dihebohkan dengan beredarnya postingan sebuah gambar surat pengunduran diri yang ditulis oleh seoranf guru di Henan Eksperimental High School, China. Kenapa membuat heboh, padahal cuma surat resign loh?

Foto Guru dengan surat resign (source: pojoksatu.id)
Surat resign yang ditulis oleh guru tersebut berbeda dengan surat resign biasa yang ditulis oleh orang yang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Sipenulis surat resign tersebut bernama Gu Shaoqiang. Gu Shaoqiang menjadi sorotan di sosial media karena pesan inspiratis yang ditulisnya.
"Dunia ini besar dan saya ingin pergi keluar dan melihatnya," tulis Shaoqiang dalam suratnya yang berbahasa China.
Shaoqiang telah bekerja sebagai guru selama 11 tahun di Henan Eksperimental High School. Dia juga merupakan jebolan pendidikan psikologi dari Henan Normal University pada 2004.
"Ini surat pengunduran diri paling keren yang pernah ada. Ia begitu ingin mengejar mimpinya, dan saya menyukainya," tulis Sina pengguna situs Weibo.
Foto yang tersebar di linimasa sejak Senin, 13 April 2015, itu berawal dari temannya yang mem-posting gambar tersebut di situs sosial media Weibo pada Selasa, 14 April 2015. Tak disangka keisengannya itu membuat surat yang ditulis Shaoqiang beredar di media lokal seperti Xinhua dan Harian Rakyat.
Namun sayangnya Shaoqiang menolak untuk di wawancarai dan tidak memberitahu alasan mengundurkan diri secara detail. "Pengunduran diri ini adalah keputusan pribadi saya. Saya tidak ingin wawancara lagi terkait surat ini. Saya hanya ingin melanjutkan hidup saya yang damai," ucap Shaoqiang.
Bahkan ia tak menyangka surat tersebut bisa diberitakan di berbagai media. Ia juga menambahkan "ingin menyentuh dunia dengan mata" ketika ia masih mampu melakukannya.
"Saya juga merindukan hidup sederhana, juga berharap orang-orang tidak akan bertanya dan menyebutkan surat itu lagi. Ini hanya keputusan saya sendiri, itu saja," tambahnya.
Salah satu muridnya mengungkapkan bahwa saat Shaoqiang menyampaikan materi yang diajarkan cara penyampainnya sangat mudah dipahami muridnya. "Mudah dimengerti, dan mengajar dengan makna yang mendalam".
Back To Top