4 Penyebab dan Solusi IPK Jelek

Penyebab dan Solusi Nilai Buruk- Mendapatkan nilai bagus merupakan keingnan semua mahasiswa di dunia ini. Ketika nilai mata kuliah kamu sempurna alias A semua, mak kita juga akan mendapatkan IPK yang sempurna, dan sebaliknya.
Jangan salah, perjuangan untuk mendapatkan nilai A itu gak semudah yang kamu bayangkan loh, kmu harus belajar ekstra keras untuk mendapatkan nilai A. Bahkan, banyak juga mahasiswa yang sudah berjuang mati-matian tetapi gagal mendapatkan nilai A.
Foto Nilai A (Source: himatipa.tp.ugm.ac.id)

Langkah pertama untuk memperbaikinya adalah menyadari penyebab kegagalan tersebut, kemudian mencari solusi paling tepat. Nah admin tahu nih apa yang menyebabkan kamu gagal mendapatkan nilai A, meskipun sudah belajar ekstra keras. Selain tahu penyebeb admin juga mempunyai solusinya.
Yuk langsung saja simak berikut 4 Penyebab dan Solusi IPK Jelek:
1. Menunda
Semua mahasiswa pasti pernah menunda-nunda belajar atau mengerjakan tugas. Tetapi, kebiasaan menunda ini bisa membuat nilaimu turun.
Solusi: Segera putuskan hubungan dengan semua hal yang mengganggu. Artinya, tidak ada lagi media sosial dan DVD film-film terbaru saat waktu belajar tiba. Cari teman yang bisa diajak belajar bersama dengan serius. Kemudian, mulailah disiplin mengerjakan tugas dari jauh-jauh hari agar tidak kelabakan di malam sebelum deadline.
2. Tidak suka materi kuliah
Biasanya hal ini terjadi karena mahasiswa salah memilih jurusan kuliah. Bisa jadi, dia memilih jurusan hanya karena ingin dianggap keren atau sekadar ikut-ikutan teman.
Solusi: Jika sudah terlanjur, tanyakan kembali ke diri sendiri, apa kamu benar-benar meminati bidang yang sedang dipelajari? Jika tidak, ada baiknya mempertimbangkan untuk segera pindah jurusan yang lebih cocok.
3. Tidak memahami materi kuliah
Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya. Terkadang mahasiswa menyenangi bidang studinya, namun ada beberapa mata kuliah yang sulit dia pahami.
Solusi: Jika segan bertanya dan meminta penjelasan lebih lanjut dari dosen, cari teman yang dapat mengajarimu. Tetapi, para dosen juga akan dengan senang hati membantu, lho!
4. Berjuang dengan kesehatan mental
Bukan berarti kamu gila. Hanya saja, banyak tekanan membuat mahasiswa begitu stres hingga memengaruhi prestasi akademisnya.
Solusi: Cari tahu, apa penyebab stresmu. Kemudian, temukan solusi untuk segera menyelesaikannya sebelum hal itu memengaruhi kuliah dan hidupmu. Curhatlah dengan teman yang dapat dipercaya, dan jika perlu, temui konsuler psikologi di kampus.
Mendapat nilai jelek enggak selalu malapetaka, loh. Karena dengan mendapatan nilai jelek, kamu pasti akan lebih tertantang dan termotivasi belajar lebih baik dan lebih baik dari sebelumnya. Semangat Kawan! | Source: Okezone.com
Back To Top