Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang 2016

Pendaftaran Mahasiswa Baru UNP 2016- PMB UNP 2016- SBMPTN UNP- SNMPTN UNP- BIDIK MISI UNP- Jika mendengar kata Padang, pasti yang terlintas di benak kita adalah mengenai rumah makan Padang yang sudah termahsyur di seluruh daerah Indonesia. Lantas, bagaimana kondisi pendidikan disana? Apakah sudah mampu menyaingi keberhasilan rumah makan Padang yang terkenal kualitasnya dimana-mana? Universitas yang kali ini admin bahas mungkin akan memberikan gambaran mengenai kondisi pendidikan tinggi di Padang. Penasaran universitas mana yang admin maksud? Ikuti profilnya berikut ini:
Logo UNP (source: vektor-teknik.blogspot.com)

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah PTN yang teretak di Jln. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang, Sumatera Barat. Pertama kali didirikan tanggal 1 September 1954 dengan nama IKIP Padang. Perubahan yang dialami UNP ternyata bukan sekedar dalam hal nama saja, tetapi juga kualitas yang dimiliki. Banyak program-program yang dikembangkan sesuai dengan kebijakan untuk memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan di tanah air. Hasil dari perkemangan UNP diakui oleh Ditjen Dikti pada tahun 2011 dengan masuknya UNP kedalam 28 PTN yang dinobatkan sebagai perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia atau 50 Promising Indonesian Universities.
Kamu tertarik masuk ke UNP? Berikut adalah jalur masuk yang dapat kamu coba untuk masuk ke UNP:
1.Jalur Masuk SNMPTN UNP 2016
SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan untuk siswa berprestasi di sekolah. Hal itu disebabkan karena penilaian yang digunakan berdasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Pendaftaran dimulai oleh sekolah dengan mengisi data-data siswa ke PDSS. Kemudian siswa akan mendapatkan user name dan password utnuk melakukan verifikasi dan pendaftaran online melalui www.snmptn.ac.id. Biaya pendaftaran gratis kerena sudah ditangung oleh pemerintah.
2. Jalur masuk SBMPTN UNP 2016
SBMPTN juga merupakan jalur seleksi berskala nasional seperti SNMPTN. Hanya saja SBMPTN menggunakan penilaian berdasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa program studi seni dan olahraga). Kelompok ujian SBMPTN terdiri dari tiga pilihan kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Biaya ditanggung oleh masing-masing peserta, kecuali bagi pelamar beasiswa Bidik misi akan ditanggung pemerintah. Info pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat dilihat melalui situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.
3. Jalur masuk Bidik misi UNP 2016
Jangan khawatir untuk masalah biaya kuliah yang mahal, kamu akan terbantu dengan banyaknya beasiswa yang disediakan, salah satunya adalah beasiswa bidik misi. Bidik misi adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik. Agar dapat mendapatkan bidik misi, calon mahasiswa harus dinyatakan lolos seleksi SNMPTN atau SBMPTN terlebih dahulu kemudian akan diseleksi kembali layak atau tidak mendapatkan beasiswa tersebut. Persyaratan dan ketentuan lainnya dapat dilihat di laman bidikmisi.dikti.go.id.
4. Jalur Masuk  SPMB Mandiri UNP 2016
Seleksi ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang dikelola langsung oleh panitia dari UNP. Soal dan penilaian hasil ujian merupakan kewenangan dari universitas. Jalur mandiri ini dibuka setelah jalur-jalur di atas di tutup. Tujuannya dibukanya jalur ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UNP namun gagal melewati seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Pendaftaran seleksi dan Info lebih lanjut dapat diakses di http://mandiri.spmb.unp.ac.id/
Demikianlah Informasi mengenai profil dan jalur masuk Universitas Negeri Padang. Info lebih lanjut dapat diakses di laman http://unp.ac.id
Back To Top