Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Ampel 2016

PMB UNISA 2016- SNMPTN UNISA 2016- SBMPTN UNISA 2016- SPAN-PTKIN UNISA 2016- UM PTKIN UNISA 2016- BIDIKMISI UNISA 2016- Para tokoh walisongo memang mempunyai jasa besar dalam penyebaran Islam Di Nusantara. Banyak nama-nama tokoh Walisongo yang kemudian diabadikan menjadi nama universitas, salah satunya UIN Sunan Ampel. Universitas ini patut kamu masukkan kedalam PTN yang ingin kamu masuki, terutama jika kamu memang mempunyai keinginan untuk menyeimbangkan ilmu dunia dan ilmu agama. Yuk, simak dulu profilnya dibawah ini:
Logo UNISA (source: id.wikipedia.org)
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel disingkat UIN Sunan Ampel adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Jl .A.Yani 117, Surabaya, Jawa Timur. Sunan Ampel  merupakan salah satu tokoh walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa Timur. UIN Sunan Ampel berdiri berkat gagasan beberapa tokoh masyarakat Muslim Jawa Timur untuk mendirikan perguruan tinggi agama Islam yang bernaung pada Departemen Agama di tahun 1950. Akhirnya gagasan tersebut terwujud pada tahun 1965 dengan berdirinya IAIN Sunan Ampel. Sejak tanggal 1 Oktober 2013, IAIN Sunan Ampel berubah nama menjadi UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 65 Tahun 2013. Dengan moto Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation, UIN Sunan Ampel berusaha menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman multidisplin serta sains dan teknologi.
Ada beberapa jalur masuk yang disediakan oleh Unisa, yaitu:
1.Jalur Masuk SNMPTN Unisa 2016
SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan untuk siswa berprestasi di sekolah berdasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Pendaftaran dimulai oleh sekolah dengan mengisi data-data siswa ke PDSS. Kemudian siswa melakukan verifikasi dan melakukan pendaftaran online melalui www.snmptn.ac.id. Biaya pendaftaran gratis kerena sudah ditangung oleh pemerintah.
2. Jalur masuk SBMPTN Unisa 2016
SBMPTN juga merupakan jalur seleksi berskala nasional seperti SNMPTN. Perbedaannya adalah SBMPTN menggunakan penilaian berdasarkan pada hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa program studi seni dan olahraga). SBMPTN terdiri dari tiga pilihan kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Biaya ditanggung oleh masing-masing peserta, kecuali bagi pelamar beasiswa Bidik misi akan ditanggung pemerintah. Info pendaftaran dan persyaratan lainnya dapat dilihat melalui situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.or.id.
3. Jalur Masuk SPAN-PTKIN Unisa 2016
SPAN-PTKIN sama seperti jalur SNMPTN. perbedaannya adalah SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional yang khusus untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan masuk ke Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Biaya pendaftaran gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Pendaftaran dan info lainnya dapat diakses melalui laman www.span-ptkin.ac.id.
4. Jalur Masuk UM-PTKIN Unisa 2016
Jalur UM-PTKIN hampir sama dengan SBMPTN, yaitu menggunakan tes tertulis. UM-PTKIN dikhususkan untuk mereka yang ingin mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri Islam. Seperti SBMPTN, biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa. Info mengenai pendaftaran dan persyaratan yang harus dipenuhi  dapat dilihat melaui laman www.um-ptkin.ac.id.
5. Jalur masuk Bidik misi Unisa 2016
Bidik misi adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik. Namun untuk mendapatkannya, calon mahasiswa harus dinyatakan lolos seleksi SNMPTN atau SBMPTN terlebih dahulu kemudian akan diseleksi kembali layak atau tidak mendapatkan beasiswa tersebut. Persyaratan dan ketentuan lainnya dapat dilihat di laman bidikmisi.dikti.go.id.
6. Jalur Masuk Mandiri Unisa 2016
Seleksi ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis yang dikelola langsung oleh panitia dari Unisa. Soal dan penilaian hasil ujian merupakan kewenangan dari universitas. Jalur mandiri ini dibuka setelah jalur-jalur di atas di tutup. Tujuannya dibukanya jalur ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Unisa. Info lebih lanjut dapat diakses di http://www.uinsby.ac.id/
Back To Top