Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi Manado 2016

PMB UNSRAT 2016- SNMPTN UNSRAT 2016- SBMPTN UNSRAT 2016- Tumou Tou (T2) UNSRAT 2016- Sumikolah UNSRAT 2016- Jalur masuk Kemitraan UNSRAT 2016- Bidikmisi UNSRAT 2016- Hallo Sulawesi! Meskipun jauh dari ibu kota bukan berarti pembangunan juga tertinggal dong, terutama pembangunan pendidikan. Sulawesi juga memiliki PTN yang patut diperhitungkan. PTN di Sulawesi yang akan admin bahas kali ini adalah Universitas Sam Ratulangi. Daripada penasaran, yuk simak profilnya dibawah ini.
Logo Unsrat (source: twitter.com)

Universitas Sam Ratulangi atau disingkat menjadi Unsrat terletak di . Setelah kemerdekaan Indonesia tercapai, adanya perkembangan untuk mewujudkan cita-cita meningkatkan mutu pendidikan. Kecenderungan orang untuk belajar mencapai perguruan tinggi juga semakin meningkat. Di Manado yang ketika itu merupakan pusat pemerintahan dan kegiatan daerah Sulawesi Utara dan Tengah, cita-cita tersebut terwujud dengan adanya Universitas Pinaesaan yang didirikan tanggal 1 Oktober 1954 di Tondano. Universitas Pinaesaan sesungguhnya merupakan embrio dari berkembangnya Universitas Sam Ratulangi. Pada bulan Oktober 1958, PTM mengubah namanya menjadi Universitas Sulawesi Utara-Tengah, yang disingkat UNSUT.  Di tahun 1960, UNSUT diubah lagi nama singkatnya menjadi UNISUT (Universitas Sulawesi Utara dan Tengah). Dalam periode 1961-1965, UNISUT diubah lagi singkatannya menjadi UNSULUTTENG yang juga merupakan singkatan dari Universitas Sulawesi Utara dan Tengah. Universitas Sulawesi Utara dan Tengah diubah lagi namanya menjadi Universitas Sam Ratulangi pada tanggal  14 September 1965. Oleh karena itu 14 September 1965 diperingati sebagai hari lahirnya Unsrut.
Ada beberapa jalur masuk yang bisa kamu coba untuk masuk ke Unsrut, yaitu:
 1. Jalur masuk SNMPTN UNSRAT 2016
SNMPTN merupakan seleksi nasional yang ditujukkan untuk siswa yang mempunyai prestasi akademik yang unggul. Hal ini disebabkan karena penilaian SNMPTN menggunakan nilai sekolah yang diperoleh selama di SMA/SMK/MA atau sederajat. Pendaftaran biasanya difasilitasi oleh sekolah. Jalur ini merpakan pergantian nama dari jalur undangan. Siswa akan mendapatkan undangan melalui sekolah untuk mendaftarkan diri. Undangan tersebut berisi user name dan password untuk mendaftar online di www.snmptn.ac.id.
2. Jalur Masuk SBMPTN UNSRAT 2016
SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional yang menggunakan seleski secara tertulis. Siswa yang telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN dan dinyatakan tidak lulus seleksi, maka boleh mendaftarkan diri menikuti seleksi jalur SBMPTN. Waktu pelaksanaan tes sama di seluruh Indonesia. Tentunya kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tes ini. Persaingannya tidak kalah ketat dengan SNMPTN, karena jalur ini juga menjadi jalur favorit kedua setelah SNMPTN untuk masuk ke PTN. Informasi mengenai tes dan persyaratan lainnya dapat dilihat di www.sbmptn.or.id.
3. Jalur masuk Tumou Tou (T2) UNSRAT 2016
Jalur ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi berdasarkan prestasi-prestasi yang telah dapatkan siswa selama masih sekolah di SMA/MA/SMK atau sederajat lainnya. Prestasi tersebut menjadi penilaian utama dan dilanjutkan dengan ujian tulis. Keterangan lebih lanjut mengenai jadwal serta ketentuan lainnya bisa dilihat disitus resmi UNSRAT yaitu http://www.um.unsrat.ac.id/.
4.Jalur masuk Sumikolah UNSRAT 2016
Sumikolah merupaka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk menjaring mahasiswa yang belum lulus jalur seleksi sebelumnya. Sistem penerimaan mahasiswa baru ini dtetapkan oleh rektor UNSRAT. Persiapkan segala persyaratan yang diperlukan untuk bisa mengikuti seleksi ini. Informasi mengenai prosedur, jadwal, dan hal lainnya bisa diakses disitus resmi UNSRAT yaitu http://www.um.unsrat.ac.id/.
5. Jalur masuk Kemitraan UNSRAT 2016
Jalur ini adalah jalur penjaringan mahasiswa baru melalui program kemitraan berupa BUMN atau perusahaan yang mempunyai kerja sama dengan UNSRAT. Biasanya mahasiswa yang lulus melalui jalur seleksi ini akan dibiayai kuliahnya. Namun setelah selesai kuliah, mahasiswa tersebut harus mengabdikan diri kepada perusahaan atau yang telah memberi bantuan biaya tersebut sesuai perjanjian diawal. Informasi lebih lanjut bisa dibaca disitus resmi UNSRAT yaitu http://www.um.unsrat.ac.id/.
6. Jalur masuk  Bidikmisi UNSRAT 2016
Bidikmisi adalah beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan bagi yang siswa yang mempunyai kemampuan prestasi akademik yang unggul dan berasal dari keluarga tidak mampu. Siswa harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditentukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, salah satunya adalah lulus SNMPTN atau SBMPTN. Jika siswa dinyatakan lulus, maka siswa akan diselseksi kembali untuk bisa mendapatkan bantuan Bidikmisi. Tata cara, jadwal pelaksanaan, ketentuan serta persyaratan lainnya bisa dibaca situs beasiswa.dikti.go.id.
UNSRAT juga menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain dengan syarat bahwa perguruan tinggi asal mahasiswa sudah terakreditasi serta mahasiswa memiliki IPK lebih dari atau sama dengan 3,00. Selain itu UNSRAT juga menerima mahasiswa titipan, artinya mahasiswa dari  perguruan tinggi asalnya, yang memiliki kerjasama dengan UNSRAT, yang dititipkan untuk belajar dalam satu atau beberapa mata kuliah pada program studi di UNSRAT.
Demikian profil dan jalur masuk Unsrat. sInformasi lainya bisa diakses di situs resmi UNSRAT yaitu http://www.unsrat.ac.id/.
Back To Top