Beasiswa 3B AFIM 2016 (Full Gratis)

Beasiswa 3B AFIM 2016 - Buat sebagian besar mahasiswa Indonesia pasti sangat asing mendengan Beasiswa 3B AFIM. Apa itu Beasiswa 3B AFIM? Beasiswa 3B AFIM merupakan beasiswa yang didanai atau disponsori oleh  PPI Montpellier, Asosiasi Persaudaraan Indonesiano-Francais-AFIM, Association Humanitaire Internationale-AHI.

Beasiswa Full 3B AFIM
Beasiswa 3B AFIM ada karena keprihatinan, semangat, dan kepedulian komunal yang khusus didedikasikan untuk para cendikiawan muda Indonesia. Ide tersebut dihasilkan dari ruang pemikiran para mahasiswa PPI Montpellier pada bulan Februari 2009 dan mulai dipublikasikan ke ruang multi-komunitas di Montpellier pada bulan April 2009.
Adapun sasaran utama dari Beasiswa 3B AFI adalah mahasiswa S1 PTN  yang mempunyai prestasi akademik bagus dan mempunyai motivasi tinggi, akan tetapi kurang mampu dalam hal ekonomi (tidak mampu membayar biaya kuliah).
Untuk fasilitasnya sendiri, Beasiswa 3B AFIM memfasilitasi baiaya kuliah (UKT), biaya hidup per bulan (Living Cost), biaya pembelian buku dan referensi kuliah lainnya. Selain itu Pelajar PPI Montpellier secara langsung menjadi kakak angkat dalam rubrik bimbingan akademis seperti akses referensi penunjang perkuliahan sekaligus menjadi inspirator dan motivator untuk lanjut studi.
Sumber dana Beasiswa 3B AFIM berasal dari sumbangan sukarela dan donasi tetap dari mahasiswa PPI Montpellier, komunitas AFIM, komunitas AHI dan donatur lainnya. Kamipun sangat terbuka dan mengharapkan donasi dari pihak manapun demi keberlanjutan Beasiswa 3B AFIM.
Sampai saat ini, Beasiswa 3B AFIM sudah tersebar ke seluruh pelosok Indonesia, pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. 

Persyaratan & cara pendaftaran Beasiswa 3B AFIM

Program bantuan ini ditujukan bagi mahasiswa S1 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah memasuki semester 5, memiliki prestasi akademik yang baik, bermotivasi tinggi, belum pernah menerima bantuan 3B AFIM, tetapi memiliki keterbatasan untuk membiayai proses perkuliahannya.
Pendaftaran Beasiswa 3B AFIM:
Pemohon wajib mengisi secara lengkap form registrasi DISINI atau dari menu "Register 3B AFIM 2016" diatas, dan harus diisi dengan sebenar-benarnya.
Selanjutnya, pemohon diwajibkan untuk mengirim dokumen-dokumen berikut melalui email ke alamat afim.montpellier@gmail.com dengan subject email "afim2016_nama" sebelum pendaftaran ditutup tanggal 1 April 2016:
  • Foto terbaru berwarna;
  • Kartu Tanda Penduduk;
  • Kartu mahasiswa;
  • Kartu Keluarga;
  • Transkrip nilai dari semester 1 hingga sekarang;
  • Surat motivasi 1 halaman;
  • Surat keterangan tidak mampu orang tua/wali dan atau tagihan PBB tahun terakhir rumah orang tua/wali dan atau tagihan listrik bulan terakhir rumah orang tua/wali;
  • Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun yang ditandatangani oleh pihak kampus (fakultas);
  • Sertifikat pendukung.
Dokumen yang dikirimkan tersebut bisa dalam format .JPG atau .PDF dengan catatan dokumen dapat terbaca dengan jelas.
Semua dokumen yang akan dikirimkan tersebut disimpan dalam 1 file folder berformat .RAR atau .ZIP dengan nama file folder "afim2016_namapemohon" dengan besar file maksimal 10Mb.
Dokumen yang tidak lengkap tidak akan diproses dan dinyatakan gugur.

Baca Juga: Beasiswa PPA dan BPP PPA 2016

 

Rincian tahapan kegiatan pelaksanaan Beasiswa 3B AFIM

1. Pendaftaran Beasiswa 3B AFIM

Pendaftaran serta pengiriman kelengkapan dokumen dimulai dari tanggal 17 Januari 2016 sampai dengan tanggal 1 April 2016;
Pengumuman pendaftaran dilakukan melalui:
a. situs resmi PPI Montpellier dan situs ini
b. poster yang disebarkan melalui universitas negeri di Indonesia;
c. media sosial Facebook Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Montpellier-Perancis. 

2. Seleksi Beasiswa 3B AFIM

Tahap pertama adalah seleksi administrasi.  Pada tahap ini kandidat yang tidak melampirkan persyaratan lengkap secara otomatis dinyatakan gugur.  Pengumuman kandidat yang lolos tahap ini direncanakan pada tanggal 3 April 2016 melalui website PPIM;
Tahap kedua adalah seleksi akademis. Dokumen yang dikirimkan oleh kandidat akan dinilai oleh panitia dari aspek akademis, potensi dan motivasi, kondisi ekonomi keluarga dan prestasi lainnya.  Pengumuman kandidat yang lolos tahap ini direncanakan pada tanggal 1 Mei 2016 melalui website PPIM dan email masing-masing kandidat;
Tahap ketiga adalah seleksi wawancara. Kandidat yang lolos sampai dengan tahap kedua akan diwawancarai oleh perwakilan PPIM di Indonesia yang direncanakan pada bulan Mei 2016.  

Baca Juga: Beasiswa CA-IAI dan ICAEW (Terbuka untuk PTN dan PTS di Seluruh Indonesia)

3. Pengumuman Penerima Beasiswa 3B AFIM

Pengumuman dilakukan per tahap seleksi. Kandidat yang lolos pada tiap tahapannya akan diumumkan melalui situs resmi seperti pada poin I.2.a;
Selain melalui situs resmi, kandidat yang lolos pada tahap kedua dan ketiga akan diinformasikan melalui alamat email masing-masing;
Pengumuman akhir bagi kandidat yang lolos tahapan seleksi wawancara akan dinyatakan sebagai penerima program 3B AFIM dan akan diumumkan pada tanggal 26 Juni 2016 melalui website PPIM dan email masing-masing kandidat.
 

4. Penyaluran Dana Beasiswa 3B AFIM

Penyaluran dana dilakukan melalui rekening kandidat yang telah diverifikasi oleh PPIM.
Penjelasan lebih detil dapat dibaca DISINI atau jika ada pertanyaan lain, silahkan hubungi kami di afim.montpellier@gmail.com.

Sumber: PPI Montpellier

Jika informasi Beasiswa 3B AFIM 2016 ini dirasa bermanfaat, silakan dishare dan jangan upa like fanspage Pendidikan Indonesia untuk mendapatkan informasi beasiswa, lowongan kerja, dan informasi pendidikan dan karir lainnya.
Back To Top