5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Tentang OSPEK

Hal Penting tentang OSPEK- Masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau biasa dikenal dengan nama (Ospek) di Perguruan Tinggi sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus diikuti mahasiswa baru ketika akan masuk kuliah. Banyak kabar yang menyebutkan, bahwa Ospek itu penuh dengan aksi plonco yang dilakukan senior terhadap juniornya.
Foto Ospek (source: news.okezone.com)
Sampai saat ini terdapat korban jiwa dari kalangan mahasiswa baru. Upaya untuk menekan kekerasan saat Ospek belum mampu diatasi oleh pemerintah maupun pihak kampus itu sendiri. Namun tahukan kita apa makna Ospek bagi mahasiswa. Berikut beberapa hal yang dirangkum tentang pentingnya Ospek bagi mahasiswa bari.
1. Ospek merupakan faktor penting untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
2. Ospek menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal dan optimal.
3. Ospek bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di dalam kampus. Khususnya yang berkaitan dengan kode etik dan tata tertib mahasiswa.
4. Ospek adalah sebuah objek untuk mengenalkan dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
5. Ospek menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib dan dinamis.
Dari lima hal penting tersebut, tentu mahasiswa baru harus memahami apa pentingnya mengikuti serangkaian acara Ospek. Sebaliknya, senior yang melaksanakan Ospek di kampus harus bisa mendidik mahasiswa baru dengan cara-cara yang elegan dan edukatif, serta merujuk pada norma-norma kemanusian dan memperlakukan mahasiswa baru secara wajar. So, bagi para senior berhentilah untuk memaknai dan melaksanakan ospek sebagai ajang balas dendam kalian terhadap junior.
Source: Okezone.com
Back To Top