Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ 2016

Passing Grade Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 2016

PMB UNJ 2016 atau Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ 2016, SNMPTN UNJ 2016, SBMPTN UNJ 2016, UNJ 2016, Jalur Mandiri UNJ 2016, mungkin itulah keyword yang akan kamu cari ketika mau mendaftar menjadi mahasiswa baru UNJ. 
logo UNJ (source: unj.ac.id)
PMB UNJ Jakarta 2016Jika kamu berminat masuk ke perguruan tinggi yang berfokus kepada dunia pendidikan, maka universitas ini layak untuk kamu pertimbangkan. Universitas tersebut adalah Universitas Negeri Jakarta. Namanya udah ga asing di denger kan? Tapi, udah tahu belum jalur masuk  apa saja yang bisa kamu tempuh untuk masuk kesana? Yuk simak profilnya berikut ini:
Universitas Negeri Jakarta atau disingkat menjadi UNJ terletak di Jl.Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur. UNJ merupakan salah satu universitas pendidikan yang ada di Indonesia. Sejarah dibentuknya UNJ dimulai ketika pasca kemerdekaan, pemerintah Indonesia merasa bahawa tenaga kependidikan di semua jenjang dan jenis lembaga pendidikan masih kurang. Pada tanggal 16 Mei 1964 maka dibentuklah UNJ dengan nama IKIP Jakarta. Dulunya, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta ini merupakan salah satu fakultas yang ada di UI. Dengan moto Building Future Leader, UNJ terus menunjukkan perkemangan dengan ditambahkannya program non pendidikan. Kampus UNJ juga mendapat julukan sebagai kampus pergerakan.
Kamu tertarik untuk masuk ke UNJ? Ayo coba beberapa jalur masuk yang bisa kamu tempuh untuk menjadi keluarga besar UNJ berikut ini:
#Jalur Masuk SNMPTN UNJ 2016
SNMPTN merupakan seleksi berskala nasional yang dilakukan tanpa tes tertulis  dan tanpa pungutan biaya. Pemerintah menanggung semua biaya pendaftaran dan calon mahasiswa hanya tinggal mengkikuti prosedur yang ditentukan. Namun, tidak semudah itu untuk lolos seleksi SNMPTN. Meskipun tanpa tes, sistem ini memakai sistem kuota. Hanya siswa berprestasi dan pandai mencari peluang jurusan yang dapat lolos. SNMPTN ini mirip dengan sistem jalur undangan. Pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan di situs resmi SNMPTN, yaitu www.snmptn.ac.id. 

gedung UNJ (source: unj.ac.id)
#Jalur Masuk SBMPTN UNJ 2016
SBMPTN adalah kebalikan dari SNMPTN. Jika SNMPTN tidak menggunakan tes tertulis, maka SBMPTN menggunakan penilaian dari hasil tes tertulis. SBMPTN diadakan secara serentak di seluruh Indonesia. Tantangan di jalur ini bisa dibilang lebih memacu adrenalin dan kepercayaan dirimu. Alasannya karena jalur ini bukan hanya menuntut jawaban yang tepat tetapi juga ketelitian menjawab soal. Jika salah, maka sistem minus akan berlaku. Baya pendaftaran yang harus dibayar ditanggung oleh peserta, kecuali jika terdaftar sebagai pelamar bidik misi. Proses pendaftarn SBMPTN dapat dicek di www.sbmptn.or.id 
#Jalur Seleksi Mandiri UNJ 2016
Berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang memiliki cakupan tes secara nasional, jalur Seleksi Mandiri (SM) ini hanya meliputi satu universitas saja. Soal dan sistem penilaian menjadi kewenangan UNJ sepenuhnya. Tujuan diadakannya tes ini adalah  untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNJ, namun masih gagal menembus SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi diadakan langsung di kampus UNJ. Para peserta dapat melihat rangkaian proses dan persyaratan seleksi di http://www.unj.ac.id 
#Jalur Masuk Bidik Misi UNJ 2016
Jalur ini merupakan jalur masuk untuk para mahasiswa yang menerima beasiswa bidik misi. Melalui bidik misi ini, UNJ menerima mahasiswa kurang mampu namun memiliki prestasi yang luar biasa. Para peserta pelamar beasiswa bidikmisi harus melewati seleksi SNMPTN atau SBMPTN, sebelum akhirnya diseleksi layak atau tidaknya menerima beasiswa bidik misi. Informasi mengenai bidik misi dapat dilihat secara lebih lengakap di bidikmisi.dikti.go.id.
Demikianlah profil dan jalur masuk UNJ yang bisa kamu tempuh. Jika ingin mengenal universitas ini lebih mendalam, kunjungi laman resminya di http://www.unj.ac.id

Back To Top